DZIKIR TOLAK BALA TAREKAT KHALWATIYAH SAMMAN DI KELURAHAN TALAKA KAMPUNG TANETE, KEC. MA’RANG, KAB. PANGKEP (TINJAUAN AQIDAH ISLAM)
Abstract
Dzikir Tolak Bala merupakan salah satu Tradisi Tarekat Khalwatiyah Samman yang ada di Kampung Tanete Kelurahan Talaka yang dimana hal ini awalnya adalah Tradisi nenek moyang yang masih berpahamkan animisme kemudian Islam datang sekaligus Tarekat yang datang memperbaiki aqidah mereka agar ikut dengan ajaran islam dalam memperbaiki Tradisi mereka tersebut yang sebelumnya meminta pertolongan dan perlindungan kepada yang selain Tuhan (yakni kepada roh-roh Nenek Moyang mereka yang dianggap memiliki kekuatan supranatural yang tinggi untuk melindungi mereka, atau benda materi yang memiliki kemampuan serupa) yang kemudian meyakinkan mereka agar meminta pertolongan dan perlindungan hanya kepada Tuhan yang Maha Esa (Allah swt). Waktu pelaksanaan Tolak Bala ini dilaksanakan berdasarkan hasil musyawarah masyarakat Khususnya yang menganut Tarekat Khalwatiyah Samman terkait dengan penentuan pelaksanaan kegiatan tersebut dan adapun bulan-bulan dalam kalender hijriah yang umumnya kapan ditetapkan waktu pelaksaannya yaitu bulan Muharam, Shafar, Rajab dan Zulhijah, serta pada waktu Maulid Nabi Muhammad saw. Dalam pelaksanaan Tradisi Tolak Bala tersebut terdapat serangkaian kegiatan seperti barazanji, zikir, kemudian meminta Sang Ilahi agar meridai dan memberkati kegiatan mereka serta memohon perlindungan dan pertolongan dengan niat hanya di tujukan kepada-Nya. Kemudian dalam kelengkapan acara tersebut disajikan beberapa bahan seperti kemenyan (sebagai pengharum ruangan), kue Apang, Onde-onde, dan Leppe-leppe’ yang memiliki pemaknaan masing-masing.Adapun pendapat masyarakat terkait dengan Tradisi tersebut ada beberapa yang tidak mempermasalahkan selama tidak membuat kegaduhan dan permohonan do’a yang dipanjatkan penganut tarekat tersebut semata-mata diniatkan hanya kepada Allah swt. dan adapun yang masih ragu dengan keyakinan mereka, dan ada juga yang menganggap Tradisi tersebut sebagai kegiatan bid’ah. Tetapi orang yang mengatakan hal seperti itu ternyata tidak melihat secara keseluruhan prosesinya dan penulis menyimpulkan bahwa sesutu tidak dapat dipatikan jika tidak diselesaikan dan peneliti beranggapan bahwa kegiatan ini tidak bertentangan dengan agama.Downloads
References
Abdullah, Taufik. Ensiklopedi IslamDepartemen Pendidikan dan Kebudayaan. Cet; IV, Jakarta. PT. Ikhtiar Baru Van Hoeve. 1997.
Aisyah,Siti Nur.Persepsi Masyarakat Terhadap Tradisi ritual Tolak Bala Bulan Safar Pada desa Sidomulyo Kec. Tanah Putih, Kab. Rohil Menurut Perspektif Hukum Islam. Riau. UIN SUSKA Riau. 2015.
Al-Atsqalaniy, Ibnu Hajar. Fathul Bari, Syarah Shohih Al-Bukhori. Beirut-Libanon. Darul Fikr. tt.
Al-Munajjid, Muhammad bin Shaleh. Pent. Syafar Abu Difa, Pelajaran di Bulan Shafar. Jurnal:http://IslamHouse.com. diakses 26 Oktober 2018.
Amir, Muh. (46). Wawancara. 27 Februari 2019.
Amiruddin. “Bala dalam perspektif Al-Qur’an”.Tesis. Medan. Pasca Sarjana, 2016.
Ali, Sayuthi. Metodologi Penelitian Agama Pendekatan Teori dan Praktek. Jakarta. PT. Raja Grafindo Persada. 2002.
Arfiandy.Kepatuhan Pengikut ajran Khalwatiyah Samman Terhadap Pimimpinnya pada Pemilu Legeslatif 2014. Penelitian. Makassar. Universitas Hasanuddin Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. 2015.
Asy-Syaqawi, Amin bin Abdullah terjemah. Muzaffar Sahidu. Keutamaan Hari Jum’at dan Sunnah-sunnahnya. Http://IslamHouse.com, diakses pada Tanggal 26 Oktober 2018.
Asri, H. (48). Wawancara. Tanete Kel. Talaka. 21 Oktober 2018.
Azra,Azyumardi. Jaringan Ulama Timur Tengah dan Kepulauan Nusantara Abad XVII dan XVIII, Melacak Akar-akar Pembaharuan dalam Islam di Indonesia. Jakarta.Mizan. 1998.
Basyarahil, Abdul Aziz Salim.Salat Hikmah Falsafah dan Urgensinya
Bungin, Burhan.Penelitian Kualitatif Komunikasi, Ekonomi, Kebijakan Publik, dan Ilmu Sosial Lainnya. Jakarta. Kencana Prenada Media Group. 2007.
Basariyadi, Abdi. Definisi Budaya Atau Kebudayaan Http:// Pendidikan.Com.. Artikel. Di Akses Pada Tanggal 28 Juli 2018.
Dari Data Agregat Kependudukan Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan. 2017.
Dkk,Abdul Basit b. Samat Darawi, Sejarah Serta Sumbangan Amalan Barazanji dan Marhaban Dalam Majelis-majelis Utama Masyarakat. Jurnal Islam dan Masyarakat Kontemporari.HTTP://jurnal.Unisza.edu.my, 2015.
Faisal, Ayyub (48).Wawancara. 27 Februari 2019.
Haqqani,Zawiyah Naqzabandi Keutamaan Bulan Rajab. Http://Zawiyah.files.wordpress.com. di Akses 28 oktober 2018.
Halim, Wahyuddin Sufisme dan Krisis Spritual Manusia Modern (Studi atas Pemikiran Metafisika Sufistik Sayyed Husain Nasr.
Hamim, Nur. Makna al-Bala’ dalam al-Qur’an. Surakarta. IAIN Surakarta. Penelitian. 2017.
Hasna. Wawancara. 03 November 2018
Hartati (48). Wawancara. 27 Februari 2019.
Http://www. Sufiesnews.Com, Di Akses Pada Tanggal 28 Juli 2018.
Ismail, Muhajir. Sejarah Perkembangan Tarekat di Indonesia.Http://wordpress.com. di Akses pada Tanggal 28 juli 2018.
Kartanegara, Mulyadhi.Menyelami Lubuk Tasawuf. Jakarta. Erlangga. 2006.
Koentjaraningrat. Metode-metode Penelitian Masyarakat . Jakarta. PT. Gramedia. 1990.
Kunjaraningrat.Pengantar Ilmu Atropologi. Cet. VII. Jakarta : Aneka Cipta, 1990.
Mahfudz,Ali.Hidayah Al-Musyidin. Mesir. Dar Kutub Al-Arabiyyah. 1952
Mallabbang,Abubakar Daeng.Dikutip dari Tulisan Lontara Bugis. (T.tp).
Mulyati, Sri. Mengenal dan Memahami Tarekat-tarekat Muktabarah di Indonesia.Jakarta. Kencana. 2006.
Mulyana, Dedy. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung. PT. Remaja Rosdakarya. 2004.
Mohd Nasir, Mohd Khairulnazrin bin Dkk. Kepercayaan Animisme Menurut Perspektif Sunnah Nabawi dan Ahli Antropologi Barat Satu Kjian Awal.Jurnal Pengajian Islam , Fakuliti Pengajian Pradaban Islam.HTTP://jurnal.kuis.edu.my.
Nyonri, Syamsu Alam. Pangkep dalam Kearifan Budaya LokalUpacara Ritual Mappalili Appalili. Makassar. Pustaka Refleks. 2002.
Poerwadarmita. Kamus Umum Bahasa Indonesia. Cet; XII, Jakarta Timur. PT. Balai Pustaka Persero. 2014.
Rasjid, Sulaiman.Fiqih Islam. Bandung: Sinar Baru Bandung. 1990
Rauf,Abd. Wawancara. 02 November 2018.
Rais, Lukman.Assongka BalaStudy Kasus Memudarnya Tradisi Tolak Bala di Masyarakat Desa Marannu Kecematan Lau Kabupaten Maros. Penelitian. Makassar. Universitas Hasanuddin Makassar. 2014.
Said, Muh. Wawancara. 01 November 2018.
Shaleh,Abd. Rosyad.Menejemen Dakwah Islam. Jakarta.PT. Bulan Bintang. 1996
Shihab,M. Quraish.Membumikan Al-Qu’an.Jakarta. Lentera Hati. 2002
Sumiati (57). Wawancara. Tanete Kel.Talaka. 20 Oktober 2018
Sugiyono.Metode Penelitian Kualitatif, Kualitatif R&D. Bandung. Alfabeta. 2010.
Sulaiman (40). Wawancara. 27 Februari 2019.
Syukur, Amin.Tasawuf Kontekstual: Solusi Problem Manusia Modern. Yogyakarta. Pustaka Pelajar. 2003.
Sztompka, Piotr. Sosiologi Perubahan Sosial. Jakarta. Prenada Media Grup. 2007.
T,Tamsir.Zikir (Maddate’) dan Implementasinya “Tarekat Khalwatiyah Samman Disusun Cempa Desa Betao Raise Kecematan Pitu Riawa Kabupaten Sidrap”. Penelitian.Makassar. Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar. 2017.
Thalib, Andi (46). Wawancara. 22 Oktober 2018.
Tabrak. Wwancara. 02 November 2018.
Tangngareng, Tasmin. Menyelami ke Semesta Zikir. Makassar.Alauddin University Press. 2013.
Tangngareng,Tasmin.Zikrullah. Makassar. Alauddin University Press. 2014.
Tuo, Ambo (46). Wawancara. 03 november 2018.
Umar, Husein.Metode Penelitian untuk Penelitian dan Tesis Bisnis.Jakarta. PT. Raja Grafindo Persada, Raja wali pers. 2014.
Wahyudin.Sejarah dan Kebudayaan Sulawesi Selatan. Makassar. Alauddin University press, 2014.
Wirawan.Evaluasi teori,Model, Metodologi, Standar, Aplikasi dan Propesi, contoh Aplikasi Evaluasi Program: Pengembangan Sumber Daya Manusia Kurikulum, Perpustakaan, Kuku Teks, Menejemen Berbasis Sekolah, kartu Indonesia Pintar Sejahtera, Kartu Indonesia Sehat, dan Penggunaan Dana Desa.Jakarta. Rajawali Press. 2016.
Wujud, Rosnaeni (30). Wawancara 27 Februari 2019.
Zulaiha, Siti. Pendekatan Metodologis dan Teologis bagi Pengembangan dan Peningkatan Kualitas Guru MI. Bengkulu. STAIN Curup. 2017.