Analisis Pengaruh Return On Equity dan Price Earning Ratio Terhadap Price to Book Value pada Perusahaan Manufaktur di Bursa Efek Indonesia

  • Rusdi Raprayogha Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, Indonesia
    (ID)

Abstract

Fenomena penelitian ini adalah Bila suatu perusahaan mempunyai PBV di atas 1 (>1), maka harga saham perusahaan tersebut dinilai lebih tinggi dari pada nilai bukunya yang menggambarkan kinerja perusahaan tersebut semakin baik di mata investor. Adanya perubahan PBV disebabkan karena adanya perubahan dari faktor-faktor fundamental yang mempengaruhi PBV. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Return On Equity dan Price Earning Ratio terhadap Price to Book Value. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia dengan 50 sampel yang ditentukan dengan metode purposive sampling. Pengolahan data menggunakan metode analisis regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa. Return On Equity berpengaruh positif terhadap Price to Book Value, sedangkan Price Earning Ratio berpengaruh positif terhadap Price to Book Value.

Author Biography

Rusdi Raprayogha, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, Indonesia
Dosen UIN Alauddin makassar

References

Andini, R., Andansari, N.A., dan Raharjo,K. “Pengaruh Return On Equity, Price Earning Ratio, Total Asset Turn Over dan Price To Book Value Terhadap Return Saham. Journal Of Accounting. Vol. 2(2). ISSN 2502-7697, 2016.

Al-sheikh, Abdullah bin Muhammad bin Abdurrahman bin Ishaq. “Lubaabut Tafsir Min Ibnu Katsir”. Jilid 3, Cet. 2. Terj, M. Abdul Ghoffar E. M.Bogor: Pustaka Imam Asy-syafi’i, 2003.

Anggraini, Ratih. “ Analisis Pengaruh Price Earning Ratio (PER), Debt to Equity Ratio (DER), Return On Asset (ROA), Current Ratio (CR), dan FIRMSIZE Terhadap Nilai Perusahaan (PBV) pada Perusahaan Sektor Property and Real Estate dan Building Construction yang Terdaftar Di BEI Periode 2008-2012”. Jurnal UDN, Semarang 2013.

Apsari, I. A., Dwiatmanto, dan Azizah, D. F. “Pengaruh Return On Equity, Net Profit Margin, Debt to Equity Ratio, dan Longterm Debt to Equity Ratio Terhadap Price to Book Value (Studi pada Perusahaan Sub-sektor Makanan dan Minuman yang Terdaftar di BEI periode 2010-2013)”. Jurnal JAB Vol. 27, No. 2, Oktober 2015.

Aulia, T. Z., dan Riyandi, M. “Pengaruh Return On Asset, Price Earning Ratio, Debt to Equity Ratio, dan FIRMSIZE Terhadap Nilai Perusahaan (PBV) pada Perusahaan Kategori Indeks LQ45 Di Bursa Efek Indonesia”. Jurnal Akutansi. Universitas Muhammadiah, Tangerang 2017.

Brigham, E. F dan Houston, J. F. “Dasar-dasar Manajemen Keuangan”. Edisi 10. Jakarta: Salemba Empat, 2011.

Brigham, E. F dan J. F. Weston. “Dasar-dasar Manajemen Keuangan”. Edisi 9. Erlangga, 1999. Brown, K. C. Dan Reilly, F. “Investment Analiysis and Portofolio Manajemen, 7th edition, Thomas South Western Inc., USA 2003.

Budisantoso, Totok dan Sigit Triandaru. “Bank dan Lembaga Keuangan Lain”. Edisi 2. Salemba Empat : Jakarta, 2006.

Christiawan, Yulius Jogi dan Josua Tarigan. “Kepemilikan Manajerial: Kebijakan Hutang, Kinerja dan Nilai Perusahaan”. Jurnal Akuntansi dan Keuangan, Vol. 9, No. 1, 2007.

Darmadji dan Fakhruddin. “Pasar Modal di Indonesia”. Edisi 3. Jakarta: Salemba Empat, 2011. Devianasari, N. L., dan Suryantini, N. P. S. “Pengaruh Price Earning Ratio, Debt To Equity

Ratio, Dan Dividen Payout Ratio Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia”. Jurnal Manajemen Unud, Vol. 4, No. 11, 2015: 3646-3674.

Elon Davit Riadi. “Pengaruh Faktor Debt To Equity Ratio, Return On Equity Dan Total Assets Terhadap Price Earning Ratio Pada Perusahaan Otomotif Dan Komponen Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia (BEI)”. Jurnal Ekonomi UNP, 2014.

Fandi Tjiptono. “Kualitas Jasa: Pengukuran, Keterbatasan dan Implikasi Manajerial”. Majalah Manajemen Usahawan Indonesia. Jakarta, 2001.

Published
2020-06-29
How to Cite
Raprayogha, R. (2020). Analisis Pengaruh Return On Equity dan Price Earning Ratio Terhadap Price to Book Value pada Perusahaan Manufaktur di Bursa Efek Indonesia. Study of Scientific and Behavioral Management (SSBM), 1(1). Retrieved from https://journal3.uin-alauddin.ac.id/index.php/ssbm/article/view/14375
Section
Artikel
Abstract viewed = 414 times