Pengaruh Capital Adequacy Ratio (CAR) Biaya Operasional pada Pendapatan Operasional (BOPO) dan Non Performing Loan (NPL) Terhadap Return On Equity (ROE) PT. Bank BNI Syariah (Tbk)

  • Rusnawati Rusnawati Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, Indonesia
    (ID)
  • Idris Idris

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk menguji apakah Capytal adequacy ratio (CAR), Biaya operasional pada pendapatan Operasional (BOPO) dan Non performing Loan (NPL) berpengaruh terhadap return on equity (ROE). Adapun perusahaan yang diteliti adalah PT. Bank BNI Syariah selama enam tahun dengan menggunakan data triwulan selama periode tahun 2011-2016.Jenis penelitian ini merupakan penelitian eksplanatori. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah PT. Bank BNI Syariah Tbk yang mempublikasikan laporan keuangannya pada periode tahun 2011-2016. Teknik pengambilan data yaitu teknik kepustakaan (library research) dan field research. Penelitian ini menggunakan analisis deskriftif, uji asumsi klasik dan  regresi linear berganda untuk analisis data dengan bantuan program SPSS Ver. 21Hasi penelitian ini memperoleh hasil bahwa adanya pengaruh negatif signifikan antara variabel CAR terhadap return on equity (ROE) PT. BNI Syariah, dan biaya operasional pada pendapatan operasional (BOPO) memiliki pengaruh negatif signifikan terhadap return on equity (ROE), sedangkan non performing Loan (NPL) berpengaruh negatif terhadap return on equity (ROE).

Author Biography

Rusnawati Rusnawati, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, Indonesia
Asisten Ahli

References

Hermina, Rida & Edy Suprianto. ”Analisis pengaruh CAR, NPL, IDR, dan BOPO terhadap Profitabilitas (ROE) pada bank umum syariah”(Studi Kasus Pada Bank Umum Syariah di BEI 2008 – 2012) jurnal akuntansi indonesi,vol.3 no.2 juli 2014, hal. 129-142.

http://www.bi.go.id/id/peraturan/perbankan/Pages/pbi_101508.aspx

Kasmir. SE, MM, “ manajemen perbankan” Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2000.

Veithzal Rivai dan Arvian arifin,”Islamic Banking” Jakarta: PT. Bumu Aksara, 2010.

Aulia Farrashita. 2015. Pengaruh CAR, FDR, NPF, dan BOPO terhadap Profitabilitas (Return On Equity) (Studi Empiris pada Bank Umum Syariah di Indonesia Periode Tahun 2009-2013).

Agustania Rahmawati,”analisis pengaruh CAR, NPL, LDR, NIM dan BOPO terhadap ROA dengan GCG sebagai variabel kontrol (studi pada bank umum go public di indonesia priode 2009-2013)” 2015.

Spece, M. “Job Marketing Signaling”. The quarterly journal of economics, Vol. 87 (No.3): 355-374. 2009

Nazir Muhammad, “Metode Penelitian”, Jakarta : Galia Indonesia. 1998.

Algifari. “Analisis Regresi, Teori, Kasus dan Solusi”. Yogyakarta, BPFE, 1997.

Dendawijaya, Lukman. Manajemen Perbankan. Jakarta: Ghalia Indonesia Edisi 3, jurnal Badan Penerbit Universitas Diponegoro, Semarang, 2009.

Ghozali, Imam. “Aplikasi Analisis Multivariat dengan Program SPSS” Semarang, Universitas Diponegoro, 2006.

“Aplikasi Analisis Multivariant dengan Program SPSS”. Samarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro, 2005.

Published
2020-06-30
How to Cite
Rusnawati, R., & Idris, I. (2020). Pengaruh Capital Adequacy Ratio (CAR) Biaya Operasional pada Pendapatan Operasional (BOPO) dan Non Performing Loan (NPL) Terhadap Return On Equity (ROE) PT. Bank BNI Syariah (Tbk). Study of Scientific and Behavioral Management (SSBM), 1(1). Retrieved from https://journal3.uin-alauddin.ac.id/index.php/ssbm/article/view/14379
Section
Artikel
Abstract viewed = 367 times