Pengaruh Kecukupan Modal dan Pembiayaan Bermasalah Terhadap Pembiayaan Mudharabah Dengan Profitabilitas Sebagai Variabel Moderating Pada Perbankan Syariah di Indonesia

  • Masnaeni - Masnaeni Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Alauddin Makassar
    (ID)
  • Alim Syariati Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, Indonesia
  • Wahidah Abdullah Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, Indonesia

Abstract

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan mengetahui pengaruh kecukupan modal dan pembiayaan bermasalah terhadap pembiayaan mudhrabah. Selain itu penelitian ini juga bertujuan untuk menguji apakah variabel profitabilitas memoderasi hubungan antara masing-masing variabel kecukupan modal dan pembiayaan bermasalah terhadap pembiayan mudharabah. Metode analisis dan menggunakan regresi berganda dan analisis regresi moderating dengan pendekatan nilai selisih mutlak. Analisis regresi linear berganda dan uji nilai selisih mutlak untuk masing-masing hipotesis capital adequacy ratio, non performing financing terhadap pembiayaan mudharabah yang dimoderasi oleh return on asset. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kecukupan modaldan pembiayaan bermasalah berpengaruh negatif signifikan terhadap pembiayaan mudharabah.Hasil penelitian terkait variabel moderating menunjukkan bahwa profitabilitas tidak memiliki pengaruh sebagai variabel moderating antara kecukupan modal dengan pembiayaan mudharabah sedangkan profitabilitas memiliki pengaruh sebagai variabel moderating antara kecukupan Pembiayaan Bermasalah dengan pembiayaan mudharabah.

Kata Kunci: Kecukupan Modal, Pembiayaan Bermasalah, Pembiayaan Mudharabah, Profitabilitas

Author Biography

Masnaeni - Masnaeni, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Alauddin Makassar
-

References

REFERENSI

Adzimatinur, Fauziyah. 2014. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Besaran Pembiayaan Bank Syariah Di Indonesia. Jurnal Muzaraah.

Agustinar, 2016. Analisis pengaruh DPK, NPF, SWBI, dan Surat Berharga Pasar Uang Syariah Terhadap Penyaluran Pembiayaan Perbankan Syariah di Indonesia Periode 2010-2014. Analytica Islamica. 5(2).

Ali, Herni dan Miftahurrohman. 2016. Determinan Yang Mempengaruhi Pembiayaan Murabahah Pada Perbankan Syariah Di Indonesia. Jurnal Bisnis dan Manajemen 6 (1).

Almunawaroh M dan Rina M. 2018. Pengaruh CAR, NPF, dan FDR Terhadap Profitabilitas Bank Syariah Di Indonesia. Jurnal Ekonomi dan Keuangan Syariah 2, No 1.

Angraini, Dila. 2018. Pengaruh Dana Pihak Ketiga, Non Performing Financing, Tingkat Bagi Hasil dan Modal Sendiri Terhadap Profitabilitas Dengan Pembiayaan Bagi Hasil sebagai Variabel Interverning Pada Perbankan Syariah. Jurnal Akuntansi Berkelanjutan Indonesia 1, No 1.

Annisa, Suci dan Dedi Fernanda. 2017. Pengaruh DPK, NPF, dan ROA terhadap Pembiayaan Mudharabah dan Musyarakah pada Bank Syariah Mandiri Periode 2011-2015. Jurnal Ekonomi & Bisnis Dharma Andalas 19, No 2.

Anwar, Chairul dan Muhammad Miqdad. Pengaruh Dana Pihak Ketiga (DPK), Capital Adequacy Ratio (CAR), Return On Asset (ROA) Terhadap Pembiayaan Mudharabah Pada Bank Umum Syariah Tahun 2002-2013. Riset dan Jurnal akuntansi 1, No 1.

Asri, Aida Sania. 2016. Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pembiayaan Berbasis Bagi Hasil Pada Perbankan Syariah Di Indonesia Periode 2010-2014. Diponegoro Journal Of Management 5, No 3

Basyir, Hikmat et. al. 2011. Tafsir Al-Muyassar. Solo: An-Naba.

Choirudin, Ahmad dan Sugen Praptoyo. 2017. Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Pembiayaan Bagi Hasil Mudharabah Pada Bank Umum Syariah. Jurnal Ilmu dan Riset Akuntansi 6, No 9.

Destiana, R. 2016. Analisis Faktor-Faktor Internal Yang Mempengaruhi Pembiayaan Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (UMKM) Pada Bank Syariah Di Indonesia. JRKA. 2(1).

Deti, Sri. 2017. Pemberdayaan Ekonomi Umat Melalui Pembiayaan Mikro Syariah. El Jizya (Jurnal ekonomi Islam) 5, No 1.

Dyatama, A.N dan Imamudin Y. 2015. Determinan Jumlah Pembiayaan Bank Syariah di Indonesia. Jurnal Ekonomi dan Statistik Pembangunan.16, No 1.

Fadhila, Novi. 2015. Analisis Pembiayaan Mudharabah dan Murabahah Terhadap Laba Bank Syariah Mandiri. Jurnal Riset Akuntansi dan Bisnis 15, No 1.

Fahmi, Irham. 2014. Pengantar Perbankan Teori dan Aplikasi. Bandung: Alfabeta.

Fajrianti. 2014. Analysis pengaruh Dana Pihak Ketiga, Capital Adequacy Ratio, Non Performing Financing dan Return On Asset Terhadap Pembiayaan Pada Bank Umum Syariah Periode 2009-2013. Universitas Telkom.

Fatimah, Siti. 2014. Pengaruh Rentabilitas, Efisiensi dan Likuiditas Terhadap Kecukupan Modal Bank Umum Syariah. Al-Iqtishad:VI, No. 1

Firdaus, Novelinda Nurul dkk. 2018. Analysis the Effect of Third Party Funds, Non Performing Financing, Capital Adequacy Ratio, and Bank Indonesia Sharia Certificates Towar Financing. In Proceedings of the 2nd International Conference Postgraduate School (ISBN: 978-989-758-348-3).

Firmansyah, Deny. 2017. The Influence Of Mudharabah Financing, Murabahah, Ijarah And Non Performing Financing To Profitability At Islamic Banks In Indonesia The Period 2014-2016. Artikel Ilmiah: STIE Perbanas Surabaya

Giannini, Nur Gilang. 2013. Faktor Yang Mempengaruhi Pembiayaan Mudharabah Pada Bank Umum Syariah Di Indonesia. Jurnal Akuntansi Ekonomi Universitas Negeri Semarang Indonesia. ISSN 2252-6765.

Hasan, Iqbal. 2004. Analisis Data Penelitian dengan Statistik. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Indrianto, Nur. 2014. Metode Penelitian Bisnis untuk Akuntansi & Manajemen (Cet. VI; Yogyakarta: BPFE, 2014).

Ismail. 2014. Perbankan Syariah. Surabaya: Kencana Prenadamedia Group.

Jamilah. 2016. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pembiayaan Mudharabah Pada Bank Umum Syariah Di Indonesia. Accounting Analysis Journal. 2(1).

Kalkarina, Samira dkk. 2016. Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Pembiayaan Bagi Hasil Bank Umum Syariah Di Indonesia (studi Kasus Pada Bank Umum Syariah Yang Terdaftar di BEI). e-Proceding of Management 3, No 3.

Karim, Adimarwam. 2004. Bank Islam Analisis Fiqh dan Keuangan. Jakarta: PT.Raja Grafindo Persada

Kasmir. 2016. Analisis Laporan Keuangan. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada.

Kementerian Agama RI. Al-Kamal Al-Qur’an Tajwid Warna, Transliterasi Perkata, Terjemah Per Kata. Jakarta Pusat: Pustaka Jaya Ilmu.

Kholmi, Masiyah. 2012. Akuntabilitas dan Pembentukan Perilaku Amanah dalam Masyarakat Islam. Jurnal Studi Masyarakat Islam 15. no 1.

Kuncoro, Mudrajad dan Suharjono. 2002. Manajemen Perbankan: Teori dan Aplikasi. Yogyakarta: BPFE.

Latumaerissa, Julius. (2011). Bank dan Lembaga Keuangan Lain. Jakarta: 2011.

Muhamad. 2014. Manajemen Dana Bank Syariah. Jakarta: Rajawali Pers.

Metana, Mariska Putri. 2018. Peran Perbankan Syariah dalam Mendukung Pembangunan Nasional. www.qureta.com.

Permatasari, Devi dan Ahmad Rudi Yulianto. 2018. Analisis Kinerja Keuangan: Kemampuan Bank Syariah Dalam Penyaluran Pembiayaan. Jurnal Akuntansi, 7 No.1.

Praditya, Ilyas Istianur. 2013. 3 Dampak Keberadaan Bank Syariah Bagi Makro Ekonomi RI. m.liputan6.com

Purnamasari, Amalia Eka dan Musdholifah. 2016. Analisis Faktor Eksternal Dan Internal Bank Terhadap Risiko Pembiayaan Bank Umum Syariah Di Indonesia Periode 2012-2015. Jurnal Bisnis dan Manajemen 9, No.1

Rachman, Yoga.T dan Ahmad Apandi. 2015. Pengaruh Financing Ratio (FDR), Non Performing Financing (NPF), Return On Assets (ROA), dan Capital Adequacy Ratio (CAR), terhadap Pembiayaan Mudharabah. Proceedings ICIEF’15. Mataram.

Rifnanda, Musyarsyah dan Irfan. 2019. The Influence of financing to deposit ratio, Non Performing Financing, Return On Assets and Capital Adequacy Ratio to Mudharabah Financing (Case study in sharia commercial banks in Indonesia). The 1st Multi-Discipinary International conference University Of Asahan2019 Thema: The Role of Science in Development in the Era of Industrial Revolusion 4.0 based on Local Wisdom.” in Sabty Garden Hotel-Kisaran North Sumatra.

Riyadi, Slamet dan Yulianto. 2014. Pengaruh Pembiayaan Bagi Hasil, Pembiayaan Jual Beli, Financing to Deposit Ratio (FDR) dan Non Performing Financing (NPF) terhadap Profitabilitas Bank Umum Syariah di Indonesia. Accounting Analysis Journal 3.

Salman. 2011. Akuntansi Perbankan Syariah Berbasis PSAK Syariah. Indeks. Padang.

Setiawan, Aziz Budi. 2006. Perbankan Syariah: Challenges dan Oppurtunity untuk Pengembangan di Indonesia. Jurnal Kordinat, Edisi: Vol VIII No.1.

Shihab, Muhammad Quraish. Tafsir Al-Misbah.

Sudarsono, Heri. 2017. Modelling Respon Rasio Keuangan Terhadap Pembiayaan Pada Bank Syariah. Jurnal Ekonomi Syariah Indonesia VII No.1

Sujarweni, V. Wiratna. 2015. Metodologi Penelitian Bisnis & Ekonomi. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.

Suseno dan Piter Abdullah. 2003. Sistem Kebijakan Perbankan Di Indonesia. Jakarta: Pusat Pendidikan dan Studi Kebanksentralan dan BI.

Suwardjono. 2013. Teori Akuntansi: Perekayasaan Pelaporan Keuangan Ed 3. BPFE, Yogyakarta.

Umam, Khotibul. 2016. Perbankan Syariah: Dasar-dasar dan Dinamika Perkembangannya di Indonesia. Jakarta: Rajawali Pers.

Usanti, Trisadini P. dan Abd. Shomad. 2013. Transaksi Bank Syariah, Jakarta: Bumi Aksara

Utami, M. S. M., & Muslikhati, M. 2019. Pengaruh Dana Pihak Ketiga (DPK), Capital Adequacy Ratio (CAR), Non Performing Financing (NPF) terhadap Likuiditas Bank Umum Syariah (BUS) Periode 2015-2017. Falah: Jurnal Ekonomi Syariah, 4(1)

Wardiantika, L. dan R. K. 2014. Pengaruh DPK, CAR, NPF, Dan SWBI Terhadap Pembiayaan Murabahah Pada Bank Umum Syariah Tahun 2008-2012. Jurnal Ilmu Manajemen |, 2.

Zuwardi dkk. 2019. Analisis Pengaruh Dana Pihak Ketiga (DPK), Capital Adequacy Ratio (CAR), Dan Non Perfoming Financing (NPF) Terhadap Pembiayaan Studi Pada BUS Dan UUS Di Indonesia Periode 2014-2018. Jurnal Imara 3 No 2.

Published
2021-04-02
How to Cite
Masnaeni, M.-, Syariati, A., & Abdullah, W. (2021). Pengaruh Kecukupan Modal dan Pembiayaan Bermasalah Terhadap Pembiayaan Mudharabah Dengan Profitabilitas Sebagai Variabel Moderating Pada Perbankan Syariah di Indonesia. Study of Scientific and Behavioral Management (SSBM), 2(1). Retrieved from https://journal3.uin-alauddin.ac.id/index.php/ssbm/article/view/20244
Section
Artikel
Abstract viewed = 350 times