Pengaruh Financial Literacy dan Self Efficacy terhadap Minat Kredit Pada Civitas Akademika Universitas Islam Negeri Alauddin di Koperasi Al-Muawwanah

  • Rusdi Raprayogha Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, Indonesia
    (ID)
  • Ilsa Agustina Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, Indonesia
    (ID)

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini untuk menguji secara empiris pengaruh Financial Literacy dan, self efficacy terhadap minat  kredit pada civitas akademika universitas islam negeri alauddin di koperasi al-muawwanah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan proportional random sampling, sehingga diperoleh sampel sebanyak 120 responden. Kemudian data dianalisis menggunakan metode kuantitatif yang menggunakan uji validitas dan realibilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi berganda, koefisien determinasi, uji F dan uji t. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Financial Literacy berpengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku kredit pada, dan self efficacy  berpengaruh positif  terhadap perilaku kredit pada,dan secara simultan Financial Literacy, dan self efficacy berpengaruh  positif dan signifikan terhadap perilaku kredit pada pada Civitas Akademika UIN Alauddin Makassar.

 

Kata Kunci: Financial, Literacy , Self Efficacy dan Kredit

 

ABSTRACT

The purpose of this study is to empirically test the effect of Financial Literacy and self-efficacy on credit interest in the academic community of the State Islamic University of Al-Muawwanah at the Al-Muawwanah Cooperative. This study used a quantitative approach, the sampling technique in this study used proportional random sampling, so that a sample of 120 respondents was obtained. Then the data were analyzed using quantitative methods using validity and reliability tests, classical assumption test, multiple regression analysis, coefficient of determination, F test and t test. The results of this study indicate that Financial Literacy has a positive and significant effect on credit behavior, and self-efficacy has a positive effect on credit behavior, and simultaneously Financial Literacy and self-efficacy have a positive and significant effect on credit behavior in the UIN Alauddin Makassar Academic Community

 

Keywords: Financial, Literacy, Self Efficacy and Credit

Author Biographies

Rusdi Raprayogha, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, Indonesia
Dosen UIN Alauddin makassar
Ilsa Agustina, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, Indonesia
Manajemen FAkultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Alauddin Makassar

References

Al-Qur’an Al-Karim

A Tsalitsa, Y Rachmansyah (2016) “Analisis Pengaruh Literasi Keuangan dan Faktor Demografi terhadap Pengambilan Kredit pada PT. Columbia Cabang Kudus” dari jurnal.untagsmg.ac.id

Aminatuzzahra’ 2014 “Persepsi Pengaruh Financial Literacy, Sikap Keuangan, Sosial Demografi Terhadap Perilaku Keuangan Dalam Pengambilan Keputusan Investasi Individu,” Diakses 13 November 2019 dari Jurnal Bisnis Strategi, Vol. 23 No. 2

Andrew, V dan Nanik L 2014, “Hubungan Faktor Demografi dan Financial Literacy dengan Perilaku Keuangan Karyawan di Surabaya”, Diakses 10 November 2019, dari http//portalgaruda.org

Andriani, Tan Yesika, dan Cholid, Idham “Pengaruh Literasi Keuangan dan Faktor Demografi Terhadap Keputusan Pengambilan Kredit (Studi Kasus Nasabah Bess Finance Palembang).” Diakses 10 November 2019

Awaluddin, M. (2014) “Kajian Faktor Penentu Kinerja Usaha Kecil Di Kota Makassar”. Jurnal Minds: Manajemen Ide dan Inspirasi, 2(2), 120-136

Awaluddin, M. (2016) “Pengaruh Budaya Organisasi, Kepuasan dan Lingkungan Kerja terhadap Kinerja Dosen UIN-Alauddin Makassar”. Assets: Jurnal Ekonomi, Manajemen dan Akuntansi, 6(1), 116-125.

Awaluddin, M. (2018) “Penguatan Peran Lingkungan Kerja dan Budaya Organisasi dalam Mengoptimalkan Kinerja Dosen Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar melalui Kepuasan Kerja”. Jurnal Minds: Manajemen Ide dan Inspirasi, 5(1), 53-67.

Awaluddin, M., & Sri Prilmayanti Awaluddin, S. (2020). “Business Performance Fluctuation Of Small Business As The Impact Of Leadership Style, Financial Inclusion, and Financial Management In Makassar City”. Palarch’s Journal Of Archaeology of Egypt / Egyptology, 17(7), 10950-10960

Ballesteros, Rocio Fernandez, Zamarron, Maria Dolores and Ruiz, Miguel Angel (2001) “The Contribution of Socio-Demographic and Psychosocial Factors to Life Satisfaction” Diakses 14 November 2019 dari Ageing and Society 21, 25 – 43

Barus, Andreani Carolie dan Lu Marya (2013) “Pengaruh Spread Tingkat Suku Bunga dan Rasio Keuangan Terhadap Penyaluran Kredit UMKM pada Bank Umum di Indonesia” Diakses 10 November 2019 dari Jurnal Wira Ekonomi Mikroskil, Vol. 3

Crisp, Roger 2006 “Hedonism Reconsidered” Diakses 13 November 2019 dari Journal Philosophy and Phenomenological research, Vol. LXXIII, No. 3

Depertemen Agama RI. “Al- Qur’an dan Terjemahnya”, Surabaya: Surya Cipta Aksara

Dhurup, Manilall (Prof) 2014 “Impulsive Fashion Apparel Consumtion: The Role of Hedonism, Fashion Involvement and Emotional Gratification in Fashion Apparel Impulsive Buying Behaviour in a Developing Country” Diakses 08 November 2019 dari Mediterranean Journal of Social Sciences Vol. 5 No. 8

DR Prihastuty, S Rahayuningsih (2018) “ Pengaruh Financial Literacy, Financial Behavior, Financial Attitude dan Faktor Demografi terhadap Perilaku Pada (Studi Pada Mahasiswa Strata I Fakultas Ekonomi)” dari jurnal.untag-sby.ac.id

Evanschitzky Heiner, Emrich Oliver, Sangtani Vinita, 2014 “Hedonic Shopping Motivations In Collectivistic And Individualistic Consumer Cultures” Diakses 12 November 2019 dari International Journal of Research in Marketing

Heathwood Chris (2006) “Desire Satisfactionism and Hedonism” Diakses 13 November 2019 dari Journal Philosophical Studies 128:539-536

Huston j. Sandra (2010) “Measuring Financial Literacy” Diakses 10 November 2019 dari The Journal of Consumer Affairs, Vol. 44 No. 2

I Kusumaningtyas (2017) “ Pengaruh Literasi Keuangan, Gaya Hidup terhadap Perilaku Pada siswa kelas XI IPS di SMA negeri 1 Taman Sidoarjo”dari jurnalmahasiswaa.unesa.ac.id

Indriani, Lia. “Pengaruh Pendapatan, Gaya Hidup dan Jenis Kelamin terhadap Tingkat Konsumsi Mahasiswa”. Yogyakarta: Universitas Negeri, 2015 Diakses 17 Januari 2020

Laszlo Sonia dan Sator Eric (2009) “Migration, Social Networks, and Credit: Empirical Evidence From Peru” Diakses 12 November 2019 dari The Developing Ekonomies 47, No. 4

Missmer A. Stacey, Hankinson E. Susan, Spiegelman Donna, Barbieri L. Robert, Marshall M. Lynn dan Hunter J. David (2004) “Incidence of Laparascopically Confirmed Endometriosis by Demographic, Anthropometric and Lifestyle Factors” Diakses 01 November 2019 dari American Journal of Epidemiology

Muhammad Shohib. 2015. “Sikap Terhadap Uang dan Perilaku Berhutang” Jurnal Ilmiah Psikologi Terapan, Vol. 03 No. 01. Pp. 133-140

Muhammad. Dr “Manajemen Bank Syari’ah” Cetakan kedua, Maret 2011 Jl. Palagan Tentara Pelajar Km 7, Yogyakarta

NS Herawati (2015) “ Pengaruh Literasi Keuangan dan Faktor Demografi Terhadap Perilaku Pada Mahasiswa Bisnis di Surabaya” dari eprints.perbanas.ac.id

Patricia, Lydia Nesa, Handayani Sri “Pengaruh Gaya Hidup Hedonis Terhadap Perilaku Pada Pada Pramugari Maskapai Penerbangan X” Diakses 10 November 2019 dari Jurnal Psikologi Esa Unggul

Poutziouris Panikkos “Financial Management of Trade Credits in Small-Medium Sized Enterprises” Diakses 15 November 2019 dari Journal International Institude of Management

Rachmansyah, Yanuar 2016, “ Analisis Pengaruh Literasi Keuangan dan Faktor Demografi Terhadap Pengambilan Kredit Pada PT. Columbia Cabang Kudus,” Diakses 07 Noveember 2019 dari Media Ekonomi dan Manajemen.

Rahman, M., & Awaluddin, M. (2020). " Dasar-dasar Manajemen (Buku Bahan Ujian Komprehensif). Pusaka Almaida Gowa -Sulawesi Selatan-Indonesia

Salami, O Samuel (2008) “Demographic and Psychological Factor Predicting Organizational Commitment among Industrial Wokers” Diakses 11 November 2019 dari Anthropologist, 10 (1) : 31-38

Sugiono. 2008. Metode Penelitian Bisnis, Pendekatan Kuantitatifm Kualitatif dan R&D. Cetakan Keduabelas. Bandung: CV Alfabeta

Sylvana, A. Awaluddin, M., & Mutahajid, A. (2020). “Marketing Strategy Model Based On The Benefit Of Sharia Property Developers In Indonesia”. Palarch’s Journal Of Archaeology of Egypt / Egyptology, 17(7), 8123-8135.

Undang-Undang Nomor 10 Tahun 1998 Tentang Perubahan Atas Undang-Undang No.7 Tahun 1992

Veenhoven Ruut (2003) “Hedonism and Happiness” Diakses 05 November 2019 dari journal of Happiness Studies, Vol. 4 pp. 437-457

Walstad B. William and Macdonald A. Richard (2010) “The Effects of Financial Education on the Financial Knowladge of High School Students” Diakses 11 November 2019 dari The Journal of Consumer Affairs, Vol. 44, No. 2

Zimmerman, Barry J 2000 “Self-Efficacy: An Essential Motive To Learn” Diakses 05 November 2019 dari Contempor ary Educational Psychologi 25, 82-91.

Published
2021-10-03
How to Cite
Raprayogha, R., & Agustina, I. (2021). Pengaruh Financial Literacy dan Self Efficacy terhadap Minat Kredit Pada Civitas Akademika Universitas Islam Negeri Alauddin di Koperasi Al-Muawwanah. Study of Scientific and Behavioral Management (SSBM), 2(3). Retrieved from https://journal3.uin-alauddin.ac.id/index.php/ssbm/article/view/23800
Section
Artikel
Abstract viewed = 119 times