Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Pengambilan Kredit di Masa Pandemi Covid-19

  • Dwi Rahmadhani S Univeritas Islam Negeri Alauddin Makassar Indonesia
    (ID)
  • Eka Indriyani MS Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Alauddin Makassar
    (ID)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan pengambilan kredit pada Bank Sulselbar Cabang Palu di masa pandemi Covid-19. Variabel dalam penelitian ini meliputi variabel tingkat suku bunga (X1), pendapatan (X2), kualitas pelayanan (X3) dan keputusan pengambilan kredit (Y). Pengambilan sampel dilakukan dengan metode accidental sampling dengan jumlah sampel adalah 80 nasabah yang mengambil kredit dari bulan Mei tahun 2020 s/d bulan April tahun 2021 pada Bank Sulselbar Cabang Palu . Berdasarkan hasil penelitian tingkat suku bunga, pendapatan dan kualitas pelayanan secara bersama-sama (simultan) berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pengambilan kredit pada Bank Sulselbar Cabang Palu.

Secara parsial ketiga variabel yaitu tingkat suku bunga, pendapatan dan kualitas pelayanan juga berpengaruh positif terhadap keputusan nasabah untuk mengambil kredit pada Bank Sulselbar Cabang Palu. Hal ini mengindikasikan di masa pandemi ini, semakin besar keinginan nasabah untuk mengambil kredit pada Bank Sulselbar Cabang Palu disebabkan karena rendahnya tingkat suku bunga yang diberlakukan pemerintah terutama bagi nasabah yang terdampak Covid-19, dan fasilitas kemudahan lain diantaranya pemberian restrukturisasi kredit, pelayanan yang cepat dan sederhana serta tingginya pendapatan konsumen yang porsi pendapatannya lebih diprioritaskan untuk kebutuhan pinjaman dibandingkan dengan konsumsi harian.

Kata kunci : tingkat suku bunga, pendapatan, kualitas pelayanan dan keputusan pengambilan kredit.

Author Biography

Eka Indriyani MS, Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Alauddin Makassar

Pangkat : Penata Muda Tingkat I / IIIb

NIP : 199005172019032012

NIDN : 0917059001

Homebase: Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam

 

Published
2022-02-25
How to Cite
Dwi Rahmadhani S, & MS, E. I. (2022). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Pengambilan Kredit di Masa Pandemi Covid-19. Study of Scientific and Behavioral Management (SSBM), 3(1), 46-55. Retrieved from https://journal3.uin-alauddin.ac.id/index.php/ssbm/article/view/27350
Abstract viewed = 516 times