RAGAM RIWAYAT DAN TAFSIR KISAH SULAIMAN DALAM AL-DAKHIL FI AL-TAFSIR

  • Masilaturrohmah Masilaturrohmah Institut Dirasat Islamiyah Al-Amien (IDIA) prenduan
    (ID)
  • Moh Jufriyadi Sholeh Institut Dirasat Islamiyah Al-Amien (IDIA) prenduan
    (ID)

Abstract

Banyak riwayat Israi’liyat yang masuk dalam dunia tafsir, khususnya dalam ayat-ayat yang menjelaskan tentang kisah-kisah para Nabi. Kisah Nabi Sulaiman As adalah salah satu kisah yang ada dalam al-Qur’an yang dalam penafsirannya dirasuki kisah Isra’iliyat sehingga menodai penafsiran terhadap ayat-ayat kisah tersebut. Dari sanalah peneliti tertarik menelusuri penyimpangan-penyimpangan tersebut untuk memurnikan penafsiran agar menjadi jelas antara al-ashil dan al-dakhil dalam tafsir kisah Nabi Sulaiman As. Dengan mengkaji Q.S an-Naml: 44, Q.S Saba’: 34, dan ayat-ayat yang dijadikan bukti Negeri Saba’ di Indonesia oleh Fahmi Basya, maka artikel ini menghasilkan dua poin kesimpulan. Pertama, kisah yang mengandung riwayat Isra’iliyat terdapat pada kisah Nabi Sulaiman As dan ratu Balqis serta Kisah Nabi Sulaiman As yang diuji dengan kekuasaannya. Kedua, penafsiran Negeri Saba’ bertentangan dengan fakta-fakta ilmiah dari para arkeolog sehingga kisah tersebut menjadi bagian dari al-dakhil dalam tafsir al-Qur’an.  

 

Kata kunci: Riwayat, kisah, Nabi Sulaiman, al-dakhil.

Author Biographies

Masilaturrohmah Masilaturrohmah, Institut Dirasat Islamiyah Al-Amien (IDIA) prenduan

Institut Dirasat Islamiyah Al-Amien (IDIA) prenduan

Moh Jufriyadi Sholeh, Institut Dirasat Islamiyah Al-Amien (IDIA) prenduan
Institut Dirasat Islamiyah Al-Amien (IDIA) prenduan

References

Abdul Mustaqim. Dinamika Sejarah Tafsir Al-Qur’an. Yogyakarta: Adab Press, 2014.

Abu Ja’far Muhammad bin Jarir ath-Thabari. Jami’ Al-Bayan an Ta’wil Ayi Al-Qur’an. terj. Misbah, Abdul Shomad, Abdurrahim Supandi. 1. Jakarta: Pustaka Azam, 2009.

Choiruddin Hadhiri SP. Klasifikasi Kandungan Al-Qur’an. Jakarta: Gema Insani Press, 2005.

Fakhruddin Fajrul Islam,. “Al-Dakhil Fi Tafsir (Studi Kritis Dalam Metodologi Tafsir).” vol.2 No. 2 (Desember 2014).

Ibn Abu Syahbah, Muhammad. Al-Isra’illiyat Wa al-Maudhu’at Fi Kitan at-Tafsir. Ke-3., terj. Mujahidin Muhayan. Depok: Keira Publishing, 2019.

Jansen, J. J. G. The Interpretation of the Koran in Modern Egypt. Brill Archive, 1980.

John M. Echols dan Hasan Syadily. Kamus Inggris-Indonesia. 27th ed. Jakarta: Gramedia, 1997.

KH Fahmi Basya. Borobudur & Peninggalan Nabi Sulaiman. 1st ed. Jakarta Selatan: PT. Ufuk Publishing House, 2014.

Lumngatul Ma’arif dan Eka Prasetiyawati. “Analisis Isra’iliyyat Dalam Tafsir Hasyiah Al-Sawi Karya Ahmad Bin Muhammad Sawi Al-Maliki.” al-Quds Jurnal al-Qur’an dan Hadits, vol.4, No. 1 (2020).

M. Abdul Ghoffar, terj. Lubab Al-Tafsir Min Ibnu Kastir. 8. Bogor: Pustaka Imam Syafi’i, n.d.

M. Quraish Shihab. Tafsir Al-Mishbah : Pesan, Kesan Dan Keserasian Al-Qur’an. Jakarta: Lentera Hati, 2002.

Manna khalil al-Qaththan. Studi Ilmu-Ilmu Qur’an. terj. Mudzakir AS. Bogor: Litera AntarNusa, 2011.

Muhammad Najib. “Kisah Negeri Saba’ Dalam al-Qur’an (Studi Kisah Pemahaman Fahmi Baysa),” n.d.

Muhammad Nashiruddin al-Albani. Silsilatu Al-Hadits Adh-Dhaifah Wa al-Maudhu’ah Wa Atsaruhas Sayyi’ Fiil Ummah. Riyadh: Maktabah al-Ma’arif, n.d.

Muqatil bin Sulaiman. Tafsir Muqatil Bin Sulaiman. Ihya’ al-Turost al-’Arabii, 1423.

Prof. Dr. Hamka. Tafsir Al-Azhar. vol.Juz 19. Jakarta: Gema Insani Press, 2015.

Ulinnuha, Muhammad. Metode Kritik Ad-Dakhil Fit-Tafsir. Jakarta: QAF, 2019.

Yusuf Baihaqi. “Antara Kisah Al-Qur’an Dan Sains (Studi Kritis Terhadap BUku ‘Borobudur & Peninggalan Nabi Sulaiman’ Karya Fahmi Basya).” Al-Dzikra, vol.X (June 2016).

“Arkeolog Menjawab Klaim Brobudur Sebagai Peninggalan Sulaiman.” Buddhazine.Com, 24 November 2017.

Published
2021-03-25
Section
Volume 08 Nomor 02 2020
Abstract viewed = 511 times