Perancangan Hotel Resort dengan Pendekatan Arsitektur Perilaku di Kabupaten Bulukumba

  • Rahmat Hidayat Arsitektur UIN Alauddin Makassar
    (ID)
  • Ratriana Said Bunawardi Teknik Arsitektur, Universitas Islam Negeri Alauddin, Makassar
    (ID)
  • Muhammad Attar Teknik Arsitektur, Universitas Islam Negeri Alauddin, Makassar
    (ID)

Abstract

Abstrak_ Kabupaten Bulukumba merupan sebuah Kabupaten yang kaya akan potensi wisata di Sulawesi Selatan. Terletak + 153 km dari kota Makassar. Dengan wilayah geografis yang eksostis antara pengunungan dan pantai, menjadikan Bulukumba menjadi tujuan wisata alam/bahari bagi wisatawan yang berkunjung ke Sulawesi Selatan.

Selain Pantai Tanjung Bira destinasi wisata bahari yang terkenal adalah Tebing Apparalang yang terletak di Desa Ara, Kecamatan Bontobahari. Tebing Apparalang memiliki panorama alam yang indah dengan tebing curam dan batuan karang, udara yang sejuk serta suasana yang tenang dengan suara deburan ombak menjadi daya Tarik tersendiri dari tebing ini. Berdasarkan informasi dari pengelola wisata Tebing Apparalang, Tempat wisata ini di kunjungi sekitar 2.000-2200 orang wisatawan setiap minggunya. diantara wisatawan yang berkunjung banyak dari wisatawan yang membutuhkan tempat untuk menginap. di lain hal. di Tebing Apparalang sendiri belum tersedia fasilitas penginapan. Oleh karena itu penting untuk menyediakan fasilitas baru berupa fasilitas hunian berupa resort untuk menunjang kegiatan berwisata dan menginap yang nyaman dan aman bagi wisatawan dalam berwisata di Tebing Apparalang. Dalam perancangan hunian resort di Tebing Appalarang sebagai wadah yang akan memfasilitasi wisatawan untuk menginap di Kawasan Tebing Appalarang, untuk itu perlu diterapkan pendekatan arsitektur yang sesuai dan mampu memberikan pengaruh positif terhadap wisatawan nantinya, dalam hal ini Arsitektur Perilaku merupakan jenis pendekatan arsitektur yang diharapkan dapat memberikan pendekatan konsep yang dapat menganalisis dengan tepat dalam merancang hunian resort beserta fasilitasnya yang sesuai dengan psikologi dan perilaku wisatawan yang berkunjung di Tebing Apparalang.

Kata kunci: Kabupaten Bulukumba; Resort; Arsitektur Perilaku.

 

Abstract_ Bulukumba Regency is a regency that is rich in tourism potential in South Sulawesi. Located + 153 km from the city of Makassar. With an exotic geographical area between mountains and beaches, Bulukumba is a natural / marine tourism destination for tourists visiting South Sulawesi. Apart from Tanjung Bira Beach, a famous marine tourism destination is Apparalang Cliff which is located in Ara Village, Bontobahari District. Apparalang Cliff has a beautiful natural panorama with steep cliffs and rocks, cool air and a calm atmosphere with the sound of the waves being the main attraction of this cliff. Based on information from the Apparalang Cliff tourism manager, around 2000-2200 tourists visit this tourist spot every week. Among the tourists who visit, there are many tourists who need a place to stay. in another case. There are no lodging facilities available on the Apparalang Cliffs. Therefore it is important to provide new facilities in the form of residential facilities in the form of resorts to support comfortable and safe traveling and staying activities for tourists while traveling on Apparalang Cliffs. In designing residential resorts on the Appalarang Cliffs as a forum that will facilitate tourists to stay in the Appalarang Cliff Area, it is necessary to apply an appropriate architectural approach and be able to have a positive influence on tourists later, in this case Behavioral Architecture is a type of architectural approach that is expected to provide a conceptual approach that can analyze precisely in designing resort housing and its facilities in accordance with the psychology and behavior of tourists visiting Apparalang Cliffs.

Keywords:  Bulukumba Regency; Resort; Behavioral Architectur.

References

Shammy. (2017). Hotel Resort Dengan Pendekatan Arsitektur Tropis Modern di Kawasan Wisata Malino Kabupaten Gowa, Skripsi, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar.

Saputro, Wahyu. (2018). Penerapan Desain Arsitektut Perilaku pada Perancangan Redesain Pasar Panggungrejo Surakarta, Skripsi, Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Ahmad, Nurhidayah. (2018). Pusat Pemberdayaan Lansia Dengan Pendekatan Arsitektur Perilaku, Skripsi, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar.

Haryadi dan B.Setiawan. (1995), Arsitektur Lingkungan Dan Perilaku, Gadjah mada university press, Yogyakarta.

Nuqul, Fathul Lubabin. (2012). Pengaruh Lingkungan Terhadap Perilaku Manusia: Studi Tentang Perilaku Penonton Bioskop, Tesis.

Anggraeni, Ariani. (2017). Resort Di Kawasan Agropolitan Ulu Ere Bantaeng Sulawesi Selatan, Skripsi, Universitas Hasanuddin.

Mustarim, Wahdaniar. (2018). Panti Sosial Tresna Wreda dengan Pendekatan Arsitektur Perilaku, Skripsi, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar.

Badan Pusat Statistik Kabupaten Bulukumba. 2017. Kabupaten Bulukumba Angka 2017. Bulukumba: Badan Pusat Statistik Kabupaten Bulukumba

Tandal dan Egam. (2011), Arsitektur Berwawasan Perilaku, Media Matrasain.

Keputusan Dirjen Pariwisata SK: Kep-22/U/VI/78. Jakarta: Dirjen Pariwisata.

Published
2021-07-09
How to Cite
Hidayat, R., Bunawardi, R. S., & Attar, M. (2021). Perancangan Hotel Resort dengan Pendekatan Arsitektur Perilaku di Kabupaten Bulukumba. TIMPALAJA : Architecture Student Journals, 3(1), 75-83. https://doi.org/10.24252/timpalaja.v3i1a9
Section
ARTICLE VOL 3 NO 1, JUNE 2021
Abstract viewed = 588 times