Konsep Inside-Out pada Desain Gedung Pameran Otomotif Makassar

  • Arief Rahman Wahid Patiarase propertindo
    (ID)
  • Marwati Marwati universitas islam negeri alauddin makassar
    (ID)
  • Muhammad Ajwad Muzdar universitas islam negeri alauddin makassar
    (ID)

Abstract

Meningkatnya perkembangan dunia otomotif di kota Makassar dapat dilihat dari makin banyaknya event otomotif yang diselenggarakan berupa pameran motor, mobil, bursa otomotif,  kontes mekanik, kontes modifikasi. Adanya komunitas atau club motor dan mobil yang banyak bermunculan sehingga otomotif juga menjadi ajang kompetisi, baik kejuaraan balap, adventure maupun fashion. Tujuan penelitian ini mendesain Gedung Pameran Otomotif yang berfungsi sebagai salah satu sarana untuk mewujudkan kreativitas dan minat dalam dunia otomotif serta bidang penjualan dengan mengaplikasikan konsep Inside-Out : transparant dan point of interest by coloring  dengan menggunakan metode eksplorasi desain dan kajian literasi. Hasil desain bangunan menerapkan konsep pada hubungan antara ruang yang transparan dan warna cerah sebagai aksen.

References

Dinutanayo, Haidar Majid, Agung Kumoro, dan Rachmadi Nugroho. (2018). Penerapan Teori Arsitektur High Tech dalam Strategi Perancangan Pusat Konvensi dan Eksibisi di Surakarta. Senthong I (1): 27–36.

Dinutanayo, Haidar Majid, Agung Kumoro Wahyuwibowo, dan Rachmadi Nugroho. (2018). Penerapan Teori Arsitektur High Tech Dalam Strategi Perancangan Pusat Konvensi Dan Eksibisi Di Surakarta. Senthong 1 (1).

Diri, Panji Risqi Mawas, dan Dwi Yunanto. (2017). Gedung Pameran Dan Galeri Otomotif Di Kabupaten Sleman Yogyakarta Dengan Pendekatan Arsitektur Modern.

Fifthariski, Khairunnisa, Hari Yuliarso, dan Ana Hardiana. (2019). Penerapan Prinsip High-Tech Architecture pada Pusat Pelatihan dan Penelitian Pertanian Urban Vertikal di Jakarta, 743–54.

Gaikindo. (2019). Gaikindo Autoinsight.

Indonesia Investement. (2017. Industri Manufaktur Otomotif Indonesia. www.Indonesia-investments.com. 2017.

Kawatu, Freike Eugene. (2017). Aplikasi Bangunan High-Tech Dalam Teori Perancangan Richard Rogers, 32–37.

Pamungkas, Agil. (2017). Stadion Internasional di Semarang, 300.

Payuyu, Riska Bahagia. Vicky H. Makarau, dan Claudia S. Punuh. (2017). Pusat Penelitian Rekayasa Jalan Wilayah Xv Sulut-Gorontalo Di Manado. Âarsitektur High Techâ. Daseng: Jurnal Arsitektur 6 (2): 158–66.

Telew, Meynar, dan Steven Lintong. (2011). Arsitektur High Tech. Media Matrasain 8 (2).

Published
2022-07-01
How to Cite
Arief Rahman Wahid, Marwati, M., & Muhammad Ajwad Muzdar. (2022). Konsep Inside-Out pada Desain Gedung Pameran Otomotif Makassar. TIMPALAJA : Architecture Student Journals, 4(1), 36-44. https://doi.org/10.24252/timpalaja.v4i1a5
Section
ARTICLE
Abstract viewed = 229 times

Most read articles by the same author(s)