Konsep Arsitektur Berkelanjutan pada Desain Sekolah Alam di Polewali Mandar
Abstrak
Sekolah alam adalah salah satu model pendidikan alternatif yang berkembang di Indonesia, berbeda dari sistem pendidikan konvensional. Pendekatan ini bertujuan membantu siswa tumbuh menjadi individu yang memiliki moral yang baik. Berbeda dengan sekolah konvensional yang cenderung berfokus pada pembelajaran di dalam kelas, sekolah alam mendorong siswa untuk belajar lebih banyak di alam terbuka dengan memanfaatkan strategi pembelajaran yang menyenangkan dan berorientasi pada aksi. Melalui pendekatan pembelajaran langsung ini, siswa di sekolah alam menjadi lebih antusias dan bersemangat dalam proses belajar, yang membuat mereka tidak mudah merasa bosan.Tujuan dari penulisan ini adalah untuk merancang Sekolah Alam dengan memanfaatkan konsep arsitektur berkelanjutan, dengan fokus pada pencahayaan, sirkulasi udara, dan penggunaan material yang ramah lingkungan dalam perancangan bangunan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif, yang bertujuan untuk mendeskripsikan potensi pengembangan sekolah alam yang berkelanjutan dari segi ramah lingkungan. Proses pembahasan dimulai dengan pengumpulan data, yang kemudian dianalisis dan disintesis untuk membentuk sebuah konsep desain. Pengumpulan data dilakukan melalui metode deskriptif kualitatif. Hasil dari perancangan ini mencakup implementasi konsep arsitektur berkelanjutan dengan fokus pada efisiensi pencahayaan dan penggunaan material yang ramah lingkungan dalam bangunan sekolah tersebut.
Referensi
Ahmad D. Marimba. (1996). Pengantar Filsafat Pendidikan Islam (Cet. 9). Al-Ma’arif.
Ahmad Hamdani. (2015). Sekolah Alam: Alternatif Pendidikan Ramah Anak. Jurnal Pendidikan Alam, 11(1).
Fajri, I. (2017). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Rendahnya Kualitas Pendidikan di Indonesia. Journal of Chemical Information and Modeling, 8(9), 1–58. https://media.neliti.com/media/publications/210331-analisis-permasalahan-guru-terkait-peran.pdf
Steele, J. (1997). Sustainable Architecture: Principles, Paradigms, and Case Studies. McGraw-Hill.
Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, R. dan T. (2021). Data Pokok Pendidikan. https://dapo.kemdikbud.go.id/pd/2/330300
Kompas Cetak. (2014). Pendidikan Nasional Tak Tentu Arah. Kompas. https://nasional.kompas.com/read/2014/02/19/0836032/Pendidikan.Nasional.Tak.Tentu.Arah
Muhibbin Syah. (2013). Psikologi Pendidikan (Edisi Revisi C). Remaja Rosdakarya.
Ningrum, I. K., & Purnama, Y. I. (2019). Buku Sekolah Alam.
Prasetyo, E. (2006). Guru: Mendidik Itu Melawan. Gramedia Pustaka Utama.
Semiawan, C. R. (2006). Belajar dan Pembelajaran Prasekolah dan Sekolah Dasar. Universitas Kristen Satya Wacana.
Tanuwidjaja, G. (2018). Desain Arsitektur Berkelanjutan di Indonesia: MSc. Dosen Jurusan Arsitektur Universitas Kristen Petra. Abstrak. Arsitektur Universitas Kristen Petra.
Yunita. (2015). Penyebab Rendahnya Mutu Pendidikan di Indonesia. Kompasiana. https://www.kompasiana.com/yunitamn/54f99080a3331140548b496d/penyebab-rendahnya-mutu-pendidikan-di-indonesia
##submission.copyrightStatement##
##submission.license.cc.by-sa4.footer##By submitting your manuscript to our journal, you are following Copyright and License