STUDI KORELASI RELIGIUSITAS TERHADAP ADAB SISWA DI MAN 1 KABUPATEN BOGOR

  • Winda_ Misniaty Universitas Ibn Khaldun Bogor
    (ID)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui religiusitas, adab siswa, dan seberapa besar religiusitas berkorelasi dengan adab siswa. Penelitian ini dilaksanakan di MAN 1 Kabupaten Bogor. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode korelasi. Data penelitian diambil menggunakan angket religiusitas dan adab siswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik random sampling. Alat pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket dengan menggunakan skala likert. Analisis data menggunakan teknik korelasi product moment. Setelah peneliti menguji hipotesis penelitian, peneliti mendapatkan hasil penelitian sebagai beriku: 1) Religiusitas siswa di MAN 1 Kabupaten Bogor memiliki nilai yang baik dalam hal akidah, praktik ibadah, akhlak, pengetahuan agama, dan penghayatan dengan nilai rata-rata 85,25%. 2) Siswa di MAN 1 Kabupaten Bogor memiliki adab yang baik terhadap Allah SWT, orang tua, guru, diri sendiri dan temannya dengan skala nilai rata-rata 82,4%. 3) Religiusitas berpengaruh terhadap adab siswa di MAN 1 Kabupaten Bogor, dengan data pengaruhnya sebessar 36% dan 64% dipengaruhi oleh faktor lain.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Bafadhol , I. (2017 ). Pendidikan Akhlak dalam Perspektif Islam. Edukasi Islami Jurnal Pendidikan Islam , Vol. 06 No.12.

Bahasa, T. P. (2003). KBBI. Jakarta: Balai Pustaka.

Ghufron, R. (2010). Teori-Teori Psikologgi. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Halim, D. (2016). STUDI ISLAM IV Fakultas Kesehatan: Islamisasi Ilmu Kesehatan . Bogor: UIKA Press.

Hamdi, A. S. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif Aplikasi Dalam Pendidikan. Yogyakarta: Deepublish.

Husaini, A. (2013). Filsafat Ilmu (perspektif Barat dan Islam). Depok: Gema Insani.

Rahman, I. K. (2018). Bimbingan & Konseling Gestalt Profentik (Konsep, Praktik Bimbingan dan Konseling. Bogor: UIKA PRESS.

Rahmawati, H. K. (2016). Kegiatan Religiusitas Masyarakat Marginal di Argopuro. Community Development, Vol. 1, No.2.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Sukmadinata, N. S. (2010). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Unadjaran, D. D. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif. Jakarta: Penerbit Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya.

Published
2020-12-31
How to Cite
Misniaty, W. (2020) “STUDI KORELASI RELIGIUSITAS TERHADAP ADAB SISWA DI MAN 1 KABUPATEN BOGOR”, Inspiratif Pendidikan, 9(2), pp. 306-316. doi: 10.24252/ip.v9i2.15994.
Abstract viewed = 445 times