PENGEMBANGAN LIFT THE FLAP SEBAGAI LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK MENGGUNAKAN MICROSOFT EXCEL PADA PEMBELAJARAN METODE PERSEDIAAN FIFO, LIFO, AVERAGE KELAS XI AKL SMKL IPIEMS SURABAYA

  • Luluk Eka Novitasari Universitas Negeri Surabaya
    (ID)
  • Agung Listiadi Universitas Negeri Surabaya
    (ID)
Keywords: Lift the Flap, Fifo, Lifo, Average inventory method

Abstract

The role of the Pessrta Didik Worksheet has an important influence to encourage enthusiasm and help students to increase broad material insights. the progress of times that are increasingly advanced by using sophisticated technology, student worksheets have experienced rapid development. The use of conventional Student Worksheets has begun to be shifted by modern Student Worksheets which are more effective, efficient, creative, and innovative.The research that is being developed uses the 4D model from Thiagarajan, namely the R&D research method which includes four stages, namely the definition stage, the planning stage, the development stage, and the dissemination stage. Research that is being developed uses two types of data, namely using verbal or qualitative data and using numerical data or quantitative data using open questionnaires and closed questionnaires, then the data will be interpreted based on the score table by Likert and Guttman scales. Research that is being developed is used to interpret its feasibility, to observe the development carried out by researchers and student assessments of Lift the Flap Student Worksheets using Microsoft Excel in learning the Fifo, Lifo, Average inventory method in class XI Accounting and Finance at Vocational High School Institutions.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ardhana, Wisnu. 2016. Pengembangan Media Grafis Berbentuk Lift The Flap Book Sebagai
Media Pembelajaran Dalam Mata Pelajaran IPS Materi Bentuk Muka Bumi dan Aktivitas Penduduk Indonesia. http://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/s ocial-studies/article/view/4044/3699. Online diakses pada tanggal 3 Januari 2018.
Abidin, Anang, and Khurnia Budi Utami. 2021. “Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (Lkpd) Menggunakan Model Pembelajaran Search,
Solve, Create, and Share (Sscs) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas Xi Iis Sma Ekasakti Padang.” Jurnal Pendidikan Matematika Ekasakti 1(1):9–20
Barroh, Habibatul. 2012. Pengembangan Buku Ajar Berjendela pada Materi Sistem Reproduksi Manusia untuk SMP RSBI. Jurnal Pendidikan. Vol 1 / 2. Hal 1-5
Berns, Robert G, Erickson, Patricia M. Contextual Teaching and Learning: Preparing Students for the New Economy. The Higlight Zone: Research @Work No. 5.
BSNP. 2014. Deskripsi Instrumen Penilaian Buku Teks Pelajaran Ekonomi Pengembangan Lift
The Flap Sebagai Bahan Ajar Pendukung Pada Materi Sistem Penilaian Persediaan di Kelas XI Akuntansi SMKN 10 Surabaya
CHINTHYA PRATIWI SUWITO PUTERI, LANDRHETHA. 2016. “Pengembangan Modul Akuntansi Berbasis Pendekatan Saintifik Sebagai Bahan Ajar Pendukung Implementasi Kurikulum 2013 Pada Materi Pokok Piutang Kelas Xi Di Smk Negeri 1 Ngawi.” Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK) 4(3):1–6.
Daryanto. 2013. Menyusun Modul. Jakarta; Gava Media
Daryanto dan Dwicahyono. 2014. Pengembangan Perangkat Pembelajaran. Jakarta; Gava Media Efendhi, Elvas Sugianto. 2014. Pengembangan Bahan Ajar Buku Berjendela Sebagai Pendukung
Implementasi Pembelajaran Berbasis Scientific Approach Pada Materi Jurnal Khusus. Jurnal Pendidikan Akuntansi: Vol 2, No 2 Pribadi, Benny. 2011. Model Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Dian Rakyat.
Johnson, Elaine B. 2014. Contextual Teaching And Learning: Menjadikan Kegiatan BelajarMengajar Mengasyikkan dan Bermakna. Bandung; Mizan Media Utama
Khodijah. 2017. “Pengembangan Buku Cerita Lift The Flap Dilengkapi Graphic Organizer Pada Pembelajaran Membaca Pemhaman Untuk Siswa SD Kelas III.” UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.
Kusumawati, Elisabet Riris. 2016. “Pengembangan Buku Lift the Flap Ensiklopedia Anak Tentang 18 Pakaian Adat Di Indonesia Bagian Barat.” UNIVERSITAS SANATA DHARMA YOGYAKARTA 1–136.
nurastuti. 2018. “PERBEDAAN KEMAMPUAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL PERSEDIAAN MENGGUNAKAN METODE FIFO, LIFO, DAN AVERAGE DI SMK NEGERI 1 PALEMBANG.” Jurnal Neraca 2(2):49–58.
Nurbaya, Esty. 2018. “Pengembangan Media Lift the Flap Book Berbasis Grafis Pada Materi Metamorfosis Di Kelas Iv Sekolah Dasar.” Program S1 PGSD Universitas Jambi 1–20.
Prasetya, Yayuk Dwi. 2016. Pengembangan Media Pembelajaran Modul Berjendela Sebagai
Pendukung Pembelajaran Kurikulum 2013 Pada Materi Spreadsheet di Kelas X Akuntansi SMK Negeri 1 Ngawi. http://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/j pak/article/view/17064. Online diakses pada tanggal 28 September 2017
Pujianto, Andi. 2013. Penilaian persediaan barang dagang dalam akuntansi. http://www.akuntansipendidik.com/2013/01/penilaian-persediaan-barang-dagang-dalamakuntansi.html. Online.
Diakses pada tanggal 14 Maret 2018.
Riduwan. 2015. Dasar-dasar Statistika. Bandung; Alfabeta
Rahmayanti, Nur Rizkia. 2015. “PENGEMBANGAN LIFT THE FLAP SEBAGAI BAHAN AJAR PENDUKUNG PADA MATERI SISTEM PENILAIAN PERSEDIAAN DI KELAS XI AKUNTANSI SMK NEGERI 10
SURABAYA Nur Rizkia Rahmayanti Program Studi S1 Pendidikan Akuntansi , Jurusan Pendidikan Ekonomi , Fakultas Ekonomi , Univ.” JPAK 350–54.
Sari, Dian Indah. 2018. “Analisis Perhitungan Persediaan Dengan Metode Fifo Dan Average Pada Pt. Harapan.”
Perspektif 16(1):31–38.
Shinskey, Jeanne. 2019. “Lift-the-Flap Features in ‘First Words’ Picture Books Impede Word Learning in 2-Year- Olds Jeanne.” Journal of Chemical Information and Modeling 53(9):1689–99.
Seehorn, Ashley. 2012. Flip Book Teaching Strategy (Online).
https://www.ehow.com/how_12022164_makelayered-flip-book.html. Di aksese pada tanggal 14 Maret 2018.
Syakur, Ahmad Syafi’i. 2009. Intermediate Accounting. Jakarta; Publisher
Trianto. 2013. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-progresif dan Kontekstual Konsep Landasan dan Implementasi 2013. Jakarta; Kencana Prenadamedia Gruup
Published
2022-05-15
How to Cite
Luluk Eka Novitasari and Agung Listiadi (2022) “PENGEMBANGAN LIFT THE FLAP SEBAGAI LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK MENGGUNAKAN MICROSOFT EXCEL PADA PEMBELAJARAN METODE PERSEDIAAN FIFO, LIFO, AVERAGE KELAS XI AKL SMKL IPIEMS SURABAYA”, Inspiratif Pendidikan, 11(1), pp. 9-23. doi: 10.24252/ip.v11i1.28792.
Abstract viewed = 431 times