STRATEGI PEMBELAJARAN BERBASIS KECERDASAN JAMAK PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI DI SMP NEGERI 3 SENGKANG KABUPATEN WAJO

  • Multasam Gamal UIN Alauddin Makassar
    (ID)

Abstract

Multiple intelligence based learning strategies, namely preparation of learning by compiling lesson plans. The implementation of learning consists of preliminary activities (apperception and motivation) consisting of activities of the alpha zone, warmer, pre-teach and scene settings. The core activity is the activities of students facilitated to learn through nine types of intelligence namely linguistic / language intelligence, mathematical-logical, visual-spatial, kinesthetic, musical, interpersonal, intrapersonal, naturalistic, and existential / spiritual. Learning assessment is done authentically using 3 domains, namely cognitive, affective, and psychomotor. Application Results Multiple-based learning strategies can shape the creativity of students who are developed through personal aspects, namely appreciation to students in the form of reinforcement. The driver is inviting students to respect the results of opinions. The process is to invite students to think and conclude again the results of problem solving using their imagination and the product is the work in the form of wall displays.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arifin, Zaenal. Evaluasi pembelajaran. Cet, I; Bandung: Rosda karya, 2009.

Agung, Iskandar. Meningkatkan Kreativitas Pembelajaran Bagi Guru. Jakarta: Bestari Buana Murni, 2010.

Arikunto, Suharsimi. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Cet. XVI; Jakarta: Rineka Cipta, 2010.

Ansharullah. Pendidikan Islam Berbasis Kecerdasan Jamak: Multiple Intellingences. Cet. II; Jakarta: Systemic Technique of English Program, 2013.

Amstrong, Thomas. Multiple Intellingences in The Classroom, terj. Dyah Widya Prabaningrum, Kecerdasan Multiple di dalam Kelas. Cet.I ; Jakarta Barat: Indeks, 2013.

Bahri Djamarah, Syaful. dan Anwar Zain, Strategi Belajar Mengajar. Cet.II; Jakarta: Rineka Cipta, 2002.

Buzan, Toni. Sepuluh Cara Jadi Orang Yang Jenius Kreatif. Jakarta, PT.Gramedia Pustaka Utama, 2003.

Chatib, Munif dan Alamsyah. Gurunya Manusia: Menjadikan Semua Anak Istimewa dan Semua Anak Juara. Cet I; Bandung: Kaifa, 2011.

-------. Sekolah Para Juara. Bandung: Kaifa, 2002.

Dimyati dan Mudjiono, Belajar dan Pembelajaran. Cet.III; Jakarta: PT Rineka Cipta 2006.

Faisal, Sanafiah. Metodologi Penelitian Sosial. Cet.I; Jakarta: Erlangga, 2001.

Faturrahman, Pupuh. dan Sobry Sutikno, Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Refika Aditama, 2007.

Gardner, Howard. Multiple Intelligences: Kecerdasan Majemuk Teori dan Praktek. penerjemah Alexander Sindoru. Batam: Interaksara, 2003.

G. Eberle, Scoot, Playing with the Multiple Intelligences How Play Helps Them Grow, American Journal of Play, Summer, 2011.

Guntur, Talajan. Menumbuhkan Kreativitas & Prestasi Guru. Yogyakarta: LaksBang PRESSindo, 2012.

Irwantoro, Nur dan Yusuf Suryana. Kompetensi Pedagogik. Cet.I; Surabaya: Genta Group Production, 2016.

Jasmine, Julia. Metode Mengajar Multiple Intellingences. Bandung: Nuasa Cendekia, 2012.

-------. Profesional’s Guide: Teaching with Multiple Intelligence, terj. Purwanto, Mengajar dengan Metode Kecerdasan Majemuk: Implementasi Kecerdasan Majemuk. Cet. I; Bandung: Nuansa, 2007.

J. Denig, Stephen. Multiple Intellingences an Learning Styles: Two Complementary Dimensions, Journal Teachers Collge Record, Vol. 106, Numb. 1, Columbia University, January, 2004.

Kementrian Agama RI, Al-Qur’an dan Terjemahnya (Edisi Disempurnakan) Jilid I. Jakarta: Departemen Agama RI, 2010.

Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan RI. Himpunan Peraturan Perundangan di Bidang Pendidikan Nasional. Jakarta: CV. Eko Jaya, 2013.

Majid, Abdul. Strategi Pembelajaran (Bandung: Rosdakarya Offset, 2013.

Miles, Matthew B. dan A. Michael Huberman, Analisis Data Kualitatif. Jakarta: UI Press. 1992.

Misbahhuddin dan Iqbal Hasan. Analisis Data Penelitian dengan Statistik Edisi Ke-2. Cet. Ke-2; Jakarta: Bumi Aksara, 2014.

Mudlofir, Ali. dan Evi Fatimatur Rusydiyah. Desain Pembelajaran Inovatif: Dari Teori ke Praktik. Cet.1, Jakarta: Rajawali Pres, 2016.

Mulyasa, E. Manajemen Berbasis Sekolah, Konsep, Strategi, dan Implementasi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2012.

-------, Menjadi Guru Profesional. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya, 2005.

Munandar, Utami. Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 2003.

Nashori, Fuad dan Rahmi Diana Muharram. Mengembangkan Kreatifitas dalam Perpektif Psikologi Islam. Yogyakarta : Menara Kudus, 2002.

Nawawi, Hadari dan Martini Hadari. Instrumen Penelitian Bidang Sosial. Pontianak: Gajah Mada University Press, 2006.

Ngalimun, dkk. Perkembangan dan Pengembangan Kreativitas. Yogyakarta: Aswaja, 2013.

Pemerintah RI, Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional. Cet. Terbaru; Jakarta: Permata Press, 2013.

Poerwodarminto, W.J.S. Kamus Besar Bahasa Indonesia, Cet IV; Jakarta: Balai Pustaka, 2007.

Purwanto, Ngalim. Psikologi Pendidikan. (Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2003.

Ramadhy, Sufyan. Bagaimana Mengembangkan Kecerdasan? (Metode Baru untuk Mengoptimalkan Fungsi Otak Manusia). Bandung: PT Sarana Panca Karya Nusa, 2016.

R. Noor Fajriah, Ati Sukmawati, Tisna Megawati, Meningkatkan Kreativitas siswa kelas VII C SMP Negeri 24 Banjarmasin melalui Model Problem Based Instruction dengan Pendekatan Open-Ended, Jurnal (Edumatica ISSN: 2088-2157 Volume 02 Nomor 02, Oktober 2012).

Said, Alamsyah dan Andi Budimanjaya. 95 Strategi Mengajar Multiple Intellingences. Cet.III ; Jakarta: Kencana, 2016.

Samsinar, “Korelasi Strategi multiple intelligence dengan Kualitas Pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada SMPN di Watampone ”, Lentera Pendidikan Jurnal Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, vol. 17 no.2 Desember: 2014.

Sanjaya, Wina. Strategi Pembelajaran Berorentasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana, 2010.

Shihab, M.Quraish. Tafsir Al Misbah: pesan, kesan dan keserasian Al-Qur’an Vol.1. Jakarta: Lentera Hati, 2000.

-------. Tafsir Al Misbah: pesan, kesan dan keserasian Al-Qur’an Vol.15. Jakarta: Lentera Hati, 2002.

Slameto. Belajar dan Faktor-faktor yang mempengaruhinya. Cet. IV; Jakarta: Rineka Cipta, 2003.

Sugiyono. Metode Penelitian Guruan; Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Cet. XXV; Bandung: Alfabeta, 2017.

Suparman S., Gaya Mengajar yang Menyenangkan Siswa. Cet.I; Yogyakarta: Pinus Book Publisher, 2010.

Suparno, Paul. Teori Intelligensi Ganda dan Aplikasinya di Sekolah. Yogyakarta: Kanisiu,. 2004.

Suprihatiningrum, Jamil. Strategi Pembelajaran Teori & Aplikasi. Yogyakarta: Ar – Ruzz Media, 2014.

Syah, Muhibbin. Psikologi Belajar. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2004.

Tasmara, Toto. Kecerdasan Rohaniah. Jakarta: Gema Insani, 2001.

Talajan, Guntur. Menumbuhkan Kreativitas & Prestasi Guru. Yogyakarta: LaksBang PRESSindo, 2012.

Uno, Hamzah B. dan Masri Kudrat Umar. Mengelolah Kecerdasan dalam Pembelajaran: Sebuah Konsep Pembelajaran berbasis Kecerdasan. Cet. I; Jakarta: Bumi aksara, 2009.

Wena, Made. Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer: Suatu Tinjauan Konseptual Operasional. Jakarta: Bumi Aksara, 2011.

Wijaya, Cece dan Tabrani Rusyan. Kemampuan Dasar Guru dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung, PT. Remaja Rosda Karya, 1999.

-------, Pendidikan Remedial (Sarana Pengembangan Mutu Sumber Daya Manusia). Cet V; Bandung; PT. Remaja Rosda Karya Offset, 2010.

Yaumi, Muhammad dan Nurdin Ibrahim. Pembelajaran Berbasis Kecerdasan Jamak (Multiple Intelligences) Mengidentifikasi dan Mengembangkan Multitalenta Anak. Cet. II; Jakarta: Kencana, 2013.

-------, Prinsip-prinsip Desain Pembelajaran. Cet.II; Jakarta: Kencana, 2013.

Published
2018-12-01
How to Cite
Gamal, M. (2018) “STRATEGI PEMBELAJARAN BERBASIS KECERDASAN JAMAK PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI DI SMP NEGERI 3 SENGKANG KABUPATEN WAJO”, Inspiratif Pendidikan, 7(2), pp. 349-369. doi: 10.24252/ip.v7i2.7917.
Abstract viewed = 849 times