PENGUATAN PEMAHAMAN KEAGAMAAN PADA PESERTA DIDIK DAN TENAGA PENDIDIK DALAM PENINGKATAN MOTIVASI ENTERPRENEUR SYARIAH (PADA PESANTREN DARUL I’TISHAM JENEPONTO)
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi enterpreneur syariah pada peserta didik dan tenega pendidik di Pesantren Darul I’Tisham Jeneponto, upaya peningkatan yang dilakukan adalah dengan memberikan penguatan pemahaman keagamaan melalui sosialisasi dan Focus Group Discussion (FGD). Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dan kauntitatif (mix-methods), Penelitian ini merupakan bentuk penelitian yang grounded research dengan teknik Participation Action Research (PAR). Sedangkan metode kuantitatif yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dan pengolahan data menggunakan uji paired sample t test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peranan dari diadakannya sosialisasi dan FGD diantaranya adalah penguatan pemahaman mengenai kewirausahaan dalam Islam, pentingnya berwirausaha, pengenalan mengenai enterpreneur syariah, serta terdapat perbandingan pengaruh sebelum dan setelah diadakannya kegiatan sosialisasi dan FGD terhadap motivasi enterpreneur syariah pada peserta didik dan tenaga pendidik Pesantren Darul I’Tisham.
##plugins.generic.usageStats.downloads##
Referensi
Fathoni, M. A., & Rohim, A. N. (2019). Peran Pesantren dalam Pemberdayaan Ekonomi Umat di Indonesia. Conference on Islamic Management, Accounting and Economics (CIMAE), 2(1), 133–140.
Firmansyah, K., Fadhli, K., & Rosyidah, A. (2020). Membangun Jiwa Entrepreneur Pada Santri Melalui Kelas Kewirausahaan. Jurnal Pengabdian Masyarakat Bidang Ekonomi, 1(1), 28–35. http://ejournal.unwaha.ac.id/index.php/abdimas_ekon/article/view/1034
Hamdan, M., & Kurnia, T. (2023). Model Pembentukan Karakter Tahfidz Entrepreneur Syariah. Jurnal Syarikah, 9(1), 85–95.
Kamal, A. H., & Thoyyibah, N. (2020). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Berwirausaha Santri Pondok Pesantren. At-Taqaddum, 12(1), 75–90. https://doi.org/10.21580/at.v12i1.5330
Karim, A. A. (2016). Bank Islam : Analisis Fiqih dan Keuangan (ke-5). CV Pustaka Setia.
Kasmir. (2018). Kewiraushaan. Rajawali Pers.
Kemenag. (2019). Qur’an Kementrian Agama.
Polindo, M. (2017). Implikasi Karakter Entrepreneur dan Lingkungan Pendidikan terhadap Minat Berwirausaha Santri Pondok Pesantren Al-Ittifaq Ciwidey Bandung. UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
Sihotang, M. K., Hasanah, U., & Nasution, R. (2021). Penguatan Pemahaman Keuangan Syariah Bagi Guru dan Siswa Madrasah Aliyah. MONSU’ANI TANO Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 160–173. https://doi.org/10.32529/tano.v4i2.1070
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Syafe’i, I. (2017). Pondok Pesantren: Lembaga Pendidikan Pembentukan Karakter. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 8(1), 61–82. https://doi.org/10.24042/atjpi.v8i1.2097
Tazkiyah, N. S., & Yanto, T. (2020). Motivasi Santri Pondok dalam Berwirausaha di Pondok Pesantren Hidayatur Rahman, Gebang Bonang, Demak. Journal of Economic Education and Enterpreneurship, 1(1), 29–33.
Trisna, T., Zakaria, M., & Saptari, M. A. (2022). Meningkatkan Motivasi dan Kemampuan Santri Dayah dalam Berwirausaha Melalui Pelatihan Kewirausahaan. Jurnal Abdimas PHB, 5(4), 740–747.
Trisnawati, N. (2014). Pengaruh Pengetahuan Kewirausahaan dan Dukungan Sosial Keluarga pada Minat Berwirausaha Siswa SMK Negeri 1 Pamekasan. Jurnal Ekonomi Pendidikan Dan Kewirausahaan, 2(1), 57–71. https://doi.org/10.26740/jepk.v2n1.p57-71
Wahyuari. (2021). Analisis Dampak Pendidikan Kewirausahaan terhadap Perubahan Minat Berwirausaha pada Mahasiswa STMA Trisakti. Premium Insurance Business Journal, 8(2), 25–30. http://ejournal.stma-trisakti.ac.id/index.php/premium/article/view/19
Widjajani. (2009). Penggunaan soft sysfem methodology dan grounded theory dalam membangun teori pada penelitian proses strategi (Strategy process Research). Institut Teknologi Bandung.
Zuhrinal, & Siagian, M. (2023). Pentingnya Kewirausahaan bagi Perekonomian Bangsa. Optimal: Jurnal Ekonomi Dan Manajemen, 3(1), 184–190.