KOMPETENSI GURU PENDIDIKAN ISLAM DALAM PENGELOLAAN PEMBELAJARAN DI MADRASAH ALIYAH AS’ADIYAH PUTERI SENGKANG KABUPATEN WAJO

  • Falihal Hairi UIN Alauddin Makassar
    (ID)

Abstrak

Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Kompetensi pedagogik guru pendidikan Islam di Madrasah Aliyah As‟adiyah Puteri Sengkang Kabupaten Wajo belum maksimal, yang berkaitan dengan tugas fungsinya sebagai guru, guru hendaknya menguasai teori belajar dan prinsip kegiatan pembelajaran, dan mampu menerapkan berbagai pendekatan, strategi, metode, dan teknik pembelajaran yang mendidik secara kreatif dalam mata pelajaran yang diampuh. 2) Guru pendidikan Islam dalam pengelolaan pembelajaran di Madrasah Aliyah As‟adiyah Puteri Sengkang Kabupaten Wajo, masih diperlukan efektivitas yang lebih optimal agar keberhasilan pembelajaran dapat tercapai dengan baik dan operasional guru mata pelajaran pendidikan Islam, terlihat dari upaya guru untuk melaksanakan perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi terutama yang berkenaan dengan perangkat pembelajaran, diperlukan model pembelajaran sesuai dengan tuntutan isi dan hasil yang diharapkan. 3) Faktor pendukung guru pendidikan Islam dalam pengelolaan pembelajaran di Madrasah Aliyah As‟adiyah Puteri Sengkang yaitu ketersediaan perangkat pembelajaran, prasarana Madrasah, dan fungsi yang mendukung kegiatan pembelajaran. Faktor penghambat guru pendidikan Islam dalam pengelolaan pembelajaran di Madrasah Aliyah As‟adiyah Puteri Sengkang yaitu keterbatasan jam pelajaran, kedisiplinan guru dan sarana belajar Madrasah.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

Referensi

al-Nahd}awi Abdurrahman, Pendidikan Islam di Rumah, Sekolah dan Masyarakat. Cet. IV; Jakarta: Gema Insani, 2004.

al-Ghazali, Ringkasan Ihya’ Ulumuddin, Jakarta: Pustaka Amani, 1995.

As’ad Muhammad, “Pondok Pesantren As’adiyah” dalam Al Qalam, Balai Penelitian dan Pengembangan Agama Makassar, Volume 15, 2000.

Asep Djihaddan Suyanto, Bagaimana Menjadi Calon Guru dan Guru Profesional. Cet. II; Yogyakarta: Multi Pressindo, 2013.

Asradan Sumiati, Metode Pembelajaran. Cet. II; Bandung: CV. Wacana Prima, 2008.

Bungin Burhan, Analisis Data Kualitatif. Cet. III; Jakarta: Rajawali Press, 2009.

Damopolii Muljono, Pesantren Moderen IMMIM Pencetak Muslim Modern. Cet. I; Jakarta: Rajagrafindo Persada, 2011.

Danim Sudarwan, Profesionalisasi dan Etika Profesi Guru. Cet. III; Bandung: Alfabeta, 2013.

Darajat Z|akiyah, Metodik Khusus Pengajaran Agama Islam. Cet. II; Jakarta: PT. BumiAksara, 1995

Diterbitkan
2019-06-30
Abstrak viewed = 324 times