THE EFFECT OF EMOTIONAL INTELLIGENCE ON MATHEMATICAL CONCEPTS UNDERSTANDING OF JUNIOR HIGH SCHOOL STUDENTS

  • Anisyak Islami Institut Agama Islam Negeri Kerinci
    (ID)
  • Aan Putra Institut Agama Islam Negeri Kerinci
    (ID) http://orcid.org/0000-0002-5556-284X
  • Ria Deswita Institut Agama Islam Negeri Kerinci
    (ID)
  • Nur Rusliah Institut Agama Islam Negeri Kerinci
    (ID)

Abstract

Abstract:

This study aims to determine the effect of emotional intelligence on the understanding of the mathematical concepts of Junior High School students. This study is a correlational study conducted at SMPN 18 Kerinci with a population of eight grade students SMPN 18 Kerinci. The sample in this study was 59 students selected using a total sampling technique. Data collection instruments used were questionnaires on emotional intelligence and mathematical concepts test. Hypothesis testing used t-test. The findings showed that emotional intelligence influenced the understanding of the mathematical concepts with a determination coefficient of 27.30%.

Abstrak:

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kecerdasan emosional terhadap pemahaman konsep matematis siswa Sekolah Menengah Pertama. Penelitian ini merupakan penelitian korelasional dengan analisis regresi yang dilakukan di SMPN 18 Kerinci dengan populasi siswa kelas VIII SMPN 18 Kerinci. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 59 siswa yang dipilih menggunakan teknik total sampling. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah angket kecerdasan emosional dan tes pemahaman konsep matematis. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh kecerdasan emosinal terhadap pemahaman konsep matematis dengan koefisien determinasi 27,30%.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Allen, V., MacCann, C., Matthews, G., & Roberts, R. D. (2014). Emotional intelligence in education: From pop to emerging science. In R. Pekrun & L. Linnenbrink-Garcia (Eds.). Educational psychology handbook series. International handbook of emotions in education. International Handbook of Emotions in Education, 162–182. Retrieved from https:// psycnet.apa.org/record/2014-09239-009.

Annurrahman. (2009). Belajar dan pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Ariyanto, L., Aditya, D., & Dwijayanti, I. (2019). Pengembangan android apps berbasis discovery learning untuk meningkatkan pemahaman konsep matematis siswa kelas VII. Edumatika: Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 2(1), 40–51. https://doi.org/10.32939/ejrpm.v2i1.355.

Betyka, F., Putra, A., & Erita, S. (2019). Pengembangan lembar aktivitas siswa berbasis penemuan terbimbing pada materi segitiga. JURING (Journal for Research in Mathematics Learning), 2(2), 179–189. https://doi.org/10.24014 /juring.v2i2.7684.

Efendi, A. (2005). Revolusi kecerdasan abad 21. Bandung: Alfabeta.

Effendi, K. N. S. (2017). Pemahaman konsep siswa kelas viii pada materi kubus dan balok. Symmetry: Pasundan Journal of Research in Mathematics Learning and Education, 2(2), 10–17. https://doi.org/10.23969/symmetry. v2i2.552.

Elita, G. S., Habibi, M., Putra, A., & Ulandari, N. (2019). Pengaruh pembelajaran problem based learning dengan pendekatan metakognisi terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(3), 447-458. https://doi.org/10.31980/mosharafa. v8i3.517.

Erasmus, P. (2013). Relationship between emotional intelligence, study orientation in maths and maths achievement of middle adolescent boys and girls. Proceedings of the Global Summit on Education (GSE2013). Retrieved from https://oheg.org/698.pdf.

Eva, L. M., & Kusrini, M. (2016). Hubungan kecerdasan emosional dan berpikir kreatif terhadap prestasi belajar matematika. Jurnal Formatif, 5(3), 245–256. https://doi.org/10.30998/formatif.v5i3.650.

Fatqurhohman, F. (2016). Pemahaman konsep matematika siswa dalam menyelesaikan masalah bangun datar. JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 4(2), 127–133. https://doi.org/10.25273/jipm.v4i2.847.

Gusniwati, M. (2015). Pengaruh kecerdasan emosional dan minat belajar terhadap penguasaan konsep matematika siswa SMAN di Kecamatan Kebon Jeruk. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 5(1), 26–41. https:// doi.org/10.30998/formatif.v5i1.165.

Hidayat, A., & Banjarnahor, H. (2017). Perbedaan kemampuan pemahaman konsep matematika siswa dengan model pembelajaran kontekstual dan model pembelajaran investigasi kelompok kelas VIII SMP Negeri 1 Pancur Batu. INSPIRATIF: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(3), 62–71. https:// doi.org/10.24114/jpmi.v3i3.8977.

Jannah, M., Susanti, A., & Benni, B. (2016). Hubungan kecerdasan emosional terhadap prestasi belajar matematika siswa SMA. MENDIDIK: Jurnal Kajian Pendidikan dan Pengajaran, 2(1), 29–35. https://doi.org/10.30653/ 003.201621.29.

Khodijah, N. (2014). Psikologi pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Marhaeni, N. (2016). Hubungan kecerdasan emosi dengan prestasi belajar matematika siswa kelas V Sekolah Dasar Segugus I Kecamatan Wates Kabupaten Kulon Progo tahun ajaran 2015/2016. Basic Education, 5(4), 334–343. Retrieved from http://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/ pgsd/article/view/955.

Martin, T. R. (2011). The relationship between emotional intelligence and academic success of 6th grade students. Wilmington University (Delaware).

Oktari, G., Putra, A., Putri, R., & Ningsih, F. (2018). Penggunaan strategi mind web untuk meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa. Jurnal Edukasi Matematika dan Sains, 6(2), 70-76. http://doi.org/10.25273/jems.v6i2. 5364.

Purwasih, R. (2015). Peningkatan kemampuan pemahaman matematis dan self confidence siswa MTS di Kota Cimahi melalui model pembelajaran inkuiri terbimbing. Didaktik, 9(1), 16–25. Retrieved from http://e-journal.stkipsiliwangi.ac.id/index.php/didaktik/article/view/113.

Putra, A., Syarifuddin, H., & Zulfah, Z. (2018). Validitas lembar kerja peserta didik berbasis penemuan terbimbing dalam upaya meningkatkan pemahaman konsep dan kemampuan penalaran matematis. Edumatika: Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 1(2), 56–62. https://doi.org/10.32939/ ejrpm.v1i2.302.

Putra, A., Ulandari, N., & Sepnila, D. (2020). Penerapan model pembelajaran quick on the draw dengan masalah open-ended terhadap pemahaman konsep matematis siswa. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 5(1), 1-16. https://doi.org/10.33449/jpmr.v5i1.10632.

Putri, P. M. (2012). Pemahaman konsep matematika pada materi turunan melalui pembelajaran teknik probing. Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1).

Respati, W. S., & Ernawati, W. P. A. (2007). Gambaran kecerdasan emosional siswa berbakat di kelas akselerasi SMA di Jakarta. Jurnal Psikologi, 5(1), 30–61. Retrieved from https://www.esaunggul.ac.id/wp-content/uploads/ 2019/01/UEU-Journal-4981-IBUWIN.pdf.

Rosida, V. (2016). Pengaruh kecerdasan emosional terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII2 SMP Negeri 1 Makassar. Sainsmat: Jurnal Ilmiah Ilmu Pengetahuan Alam, 4(2), 87–101. Retrieved from https:// ojs.unm.ac.id/sainsmat/article/view/1836

Sari, M., Habibi, M., & Putri, R. (2018). Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe think-pairs-share dalam pembelajaran matematika terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis dan pengembangan karakter siswa SMA Kota Sungai Penuh. Edumatika: Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 1(1), 7–21. https://doi.org/10.32939/ ejrpm.v1i1.221.

Sari, R. (2018). Pengaruh penerapan model pembelajaran quantum teaching terhadap pemahaman konsep matematis berdasarkan minat belajar matematika siswa Sekolah Menengah Pertama Kampar. (Doctoral Disser-tation, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau).

Sirate, F. S. (2012). Implementasi etnomatematika dalam pembelajaran matematika pada jenjang pendidikan sekolah dasar. Lentera Pendidikan: Jurnal Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, 15(1), 41–54. https://doi.org/doi.org/ 10.24252/lp.2012v15n1a4.

Sulistianingsih, P. (2017). Pengaruh kecerdasan emosional dan motivasi belajar terhadap kemampuan berpikir kritis matematika. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 2(1), 129–139. https://doi.org/10.30998/jkpm. v2i1.1899.

Ulandari, N., Putri, R., Ningsih, F., & Putra, A. (2019). Efektivitas model pembelajaran inquiry terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa pada materi teorema pythagoras. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 227–237. https://doi.org/10.31004/cendekia.v3i2.99.

Wulansari, T., Putra, A., Rusliah, N., & Habibi, M. (2019). Pengaruh model pembelajaran berbasis masalah pada materi statistika terhadap kemampuan penalaran statistik siswa. AKSIOMA: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 10(1), 35–47. https://doi.org/10.26877/aks. v10i1.3647.

Yanti, R., Laswadi, L., Ningsih, F., Putra, A., & Ulandari, N. (2019). Penerapan pendekatan saintifik berbantuan geogebra dalam upaya meningkatkan pemahaman konsep matematis siswa. AKSIOMA: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 10(2), 180-194. https://doi.org/10.26877/aks. v10i2.4399.

Published
2020-06-29
Section
Vol. 8 No. 1
Abstract viewed = 581 times