PROBLEM-BASED LEARNING WITH A SCIENTIFIC APPROACH AS A SOLUTION TO DEVELOP STUDENTS' MATHEMATICS LEARNING OUTCOMES

  • A. Riska Atika Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin Makassar
    (ID)
  • Ridwan Idris Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin Makassar
    (ID)
  • Andi Ika Prasasti Abrar Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin Makassar
    (ID)
  • Ahmad Farham Majid Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin Makassar

Abstract

Abstract:

This study aims to understand the influence of the problem-based learning model with a scientific approach to grade VIII students' mathematics learning  outcomes at SMP Negeri 1 Sungguminasa. This research uses a quasi-experimental method with a non-equivalent control group design. This research collected its research data through the distribution of observation sheets and learning achievement tests. Based on the descriptive statistical analysis results that the average value of student learning outcomes by using the problem-based learning model is 78.7, and the standard deviation is 7.21, while the average value of student learning outcomes without the problem-based learning model treatment is 72.19, and the standard deviation is 7.01. The results of the inferential analysis indicate the significant value (2-tailed) of 0.003 < 0.05, signifying a rejected H0. For that reason, this research concludes that there is a significant difference in grade VIII students' mathematics learning outcomes at SMP Negeri 1 Sungguminasa when the problem-based learning model with a scientific approach is implemented.

Abstrak:

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaraan berbasis masalah dengan pendekatan saintifik terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII  SMP Negeri 1 Sungguminasa. Jenis penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan desain penelitian non equivalent control group design. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi dan tes hasil belajar. Berdasarkan hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa nilai rata-rata hasil belajar siswa menggunakan model problem based learning adalah sebesar 78,7 dan standar deviasinya 7,21, sedangkan rata-rata hasil belajar siswa yang tidak menggunakan model problem based learning adalah 72,19 dan standar deviasinya 7,01.  Hasil analisis inferensial menunjukkan nilai signifikan (2-tailed) sebesar 0,003 < 0,05, yang berarti H0 ditolak. Oleh karena itu, apat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan dalam hasil belajar matematika siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Sungguminasa ketika menerapkan model pembelajaran berbasis masalah dengan pendekatan saintifik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amiluddin, R., & Sugiman, S. (2016). Pengaruh problem posing dan PBL terhadap prestasi belajar dan motivasi belajar mahasiswa pendidikan matematika. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 3(1), 100-108. https:// doi.org/10.21831/jrpm.v3i1.7303.

Ariani, D. N. (2017). Pengaruh model pembelajaran berbasis masalah dengan pendekatan saintifik terhadap kemampuan berfikir kritis matematis mahasiswa/i PGMI, Muallimuna : Jurnal Madrasah Ibtidaiyah, 3(2), 108-115. http://doi.org/10.31602/muallimuna.v3i2.1214.

Arikunto, S. (2010). Dasar-dasar evaluasi pendidikan edisi revisi, Cet. 5. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Emzir. (2015). Metodologi penelitian pendidikan kuantitatif dan kualitatif. Jakarta: Rajawali Pers.

Fadliah, H. (2018). Perbandingan keefektifan penggunaan alat peraga pada model pembelajaraan kooperatif tipe think pair share (TPS) dengan pembelajaran kooperatif tipe jigsaw terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII MTs. Guppi Samata Kabupaten Gowa. Thesis. Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar. Retrieved from http://repositori.uin-alauddin.ac.id/view/ divisions/pm/2018.html.

Farhan, M., & Retnawati, H. (2014). Keefektifan PBL dan IBL ditinjau dari prestasi belajar, kemampuan representasi matematis, dan motivasi belajar. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 1(2), 227-240. https://doi.org/ 10.21831/jrpm.v1i2.2678.

Hardiyanti, P. C., Wardani, S., & Nurhayati, S. (2017). Keefektifan model Problem Based Learning untuk meningkatkan keterampilan proses sains siswa. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 11(1). Retrieved from https:// journal.unnes.ac.id/nju/index.php/JIPK/article/view/9714.

Ibrahim, M. M. (2014). Implementasi kurikulum 2013 (Rekonstruksi kompetsi, revolusi pembelajaran dan reformasi penilaian). Makassar: Alauddin University Press.

Illahi, T. A. R. (2018). Pengembangan multimedia interaktif pada pembelajaran materi jenis-jenis pekerjaan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis. Jurnal Review Pendidikan Dasar: Jurnal Kajian Pendidikan dan Hasil Penelitian, 4(3), 826-835. http://doi.org/10.26740/jrpd.v4n3.p826-835.

Irianto, H. A. (2010). Statistik konsep dasar, aplikasi, dan pengembangannya. Jakarta: Prenada Media.

Kadir, A. (2015). Dasar-dasar pendidikan. Kencana. Jakarta: Prenada Media.

Kaharuddin, A. (2019). Effect of problem based learning model on mathematical learning outcomes of 6th grade students of elementary school accredited b in kendari city. International Journal of Trends in Mathematics Education Research, 1(2). http://doi.org/10.33122/ijtmer. v1i2.14.

Khoiriyah, A. J., & Husamah, H. (2018). Problem-based learning: Creative thinking skills, problem-solving skills, and learning outcome of seventh grade students. JPBI (Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia), 4(2), 151-160. https://doi.org/10.22219/jpbi.v4i2.5804.

Mudlofir, A., & Rusydiyah, E. F. (2016). Desain pembelajaran inovatif dari teori ke praktik. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.

Mulyanto, H., Gunarhadi, G., & Indriayu, M. (2018). The effect of problem based learning model on student mathematics learning outcomes viewed from critical thinking skills. International Journal of Educational Research Review, 3(2), 37-45. http://doi.org/10.24331/ijere.408454.

Mustami, M. K., & Irwansyah, M. (2015). Pengembangan lembar kerja peserta didik (LKPD) berorientasi pendekatan saintifik pada mata pelajaran biologi di SMA. Lentera Pendidikan: Jurnal Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, 18(2), 236-247. https://doi.org/10.24252/lp.2015v18n2a8.

Nuralam, N., & Eliyana, E. (2017). Penerapan pendekatan saintifik terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika di SMAN 1 Darul Imarah Aceh Besar. Jurnal Ilmiah Didaktika: Media Ilmiah Pendidikan dan Pengajaran, 18(1), 64-76. http://doi.org/10.22373/jid.v18i1.3085.

Paloloang, M. F. B. (2014). Penerapan model problem based learning (PBL) untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi panjang garis singgung persekutuan dua lingkaran di kelas VIII SMP Negeri 19 Palu. Jurnal Elektronik Pendidikan Matematika Tadulako, 2(1). Retrieved from http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/JEPMT/article/view /3232.

Rukmana, M., Jalmo, T., & Yolida, B. (2013). Pengaruh model problem based learning (pbl) terhadap aktivitas dan hasil belajar siswa. Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah, 1(4). Retrieved from http://jurnal.fkip.unila. ac.id/index.php/JBT/article/view/1024.

Rusman, R. (2015). Pembelajaran tematik terpadu. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sari, I. N., Wahyudi, W., & Hendrias, H. (2017). Application of problem based learning model to learning outcomes of student in light matter in the class VIII SMP Negeri 1 Ledo kabupaten Bengkayang. Journal of Physics: Theories and Applications, 1(1), 75-82. http://doi.org/10.20961/ jphystheor-appl.v1i1.4720.

Sugiyono, P. (2015). Metode penelitian kombinasi. Bandung: Alfabeta.

Susanto, A. (2013). Teori belajar dan pembelajaran di sekolah dasar. Jakarta: Kencana.

Untayana, J. R., & Harta, I. (2016). Pengembangan perangkat pembelajaran limit berbasis pendekatan saintifik berorientasi prestasi belajar dan kemampuan komunikasi matematika. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 3(1), 45-54. https://doi.org/10.21831/jrpm.v3i1.9683.

Published
2020-06-29
Section
Vol. 8 No. 1
Abstract viewed = 434 times