PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN APTITUDE TREATMENT INTERACTION (ATI) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA DITINJAU DARI UKURAN KELAS IX SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP) NEGERI DI KEC. PATTALLASSANG KAB. GOWA

  • Ardiansyah Abu Bakar Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • Nursalam Nursalam Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • Mardhiah Mardhiah Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan menggunakan Model Pembelajaran Aptitude Treatment Interaction (ATI) pada kelas besar, (2) mengetahui hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan menggunakan Model Pembelajaran Aptitude Treatment Interaction (ATI) pada kelas kecil, 3)mengetahui perbandingan hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan  Model Pembelajaran Aptitude Treatment Interaction (ATI) ditinjau dari ukuran kelas. Jenis dan desain pada penelitian ini adalah Experimental Design dimana terdapat dua kelas eksperimen. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial dengan uji-t. Berdasarkan hasil analisis deskriptif diperoleh rata-rata dari kedua kelompok yang menggunakan model pembelajaran Aptitude Treatment Interaction (ATI), yaitu kelas eksperimen I memiliki nilai  rata-rat pretest sebesar 44,62 dan posttest 78,59 dengan peningkatan sebesar 33,97. Pada kelas eksperimen II memiliki rata-rata pretest diperoleh 39,47 dan rata-rata posttest sebesar 81,32 dengan peningkatan sebesar 41,85. Sedangkan berdasarkan hasil analisis inferensial diperoleh sign > α (0,184 > 0,05) maka H0 ditolak. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar matematika setelah penerapan model pembelajaran Aptitude Treatment Interaction (ATI) dimana lebih berpengaruh pada kelas kecil dibandingkan pada kelas besar dalam hal ini siswa kelas IX Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri di Kec. Pattalassang Kab. Gowa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Caspin, O. (2004). “One size does not fil all: aptitudesx treatment intraction (ATI) as a conceptual framework for complementary and alternative medicine outcome research”, The journal of alternative and complementary medicine 10, No. 3 (2004).

Departemen Agama R.I. (2008). Al-Qur’an dan terjemahannya. Bandung: CV Penerbit Diponegoro.

Depdikbud. (2015). Pedoman umum sistem pengujian hasil kegiatan belajar. http://masbied.files.wordpress.com/2011/05/download–skripsi-matematika-maple-bab-iii-metode-penelitian.pdf(diakses 23 September 2015).

Hasbullah. (1999). Dasar-dasar ilmu pendidikan. Cet I ; Jakarta : Rajawali Pers PT Raja Grafindo Persada.

Nurdin, S. (2002). Model pembelajaran yang memperhatikan keragaman individu siswa dalam kurikulum berbasis kompetensi. Ciputat: Quantum Teaching.

Purwanto. (2011). Evaluasi hasil belajar. Cet. III. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Rahayu, D. E., dkk.(2012). “Penguasaan definisi dan rumus dikaitkan dengan penggunaannya pada mata pelajaran matematika kelas VII semester genap SMP Negeri 1 Mirit Tahun Pelajaran 2011/2012”, Jurnal Pendidikan Matematika 1, No. 1 (2012).

Sechrest, L. (1991). “Treatment of aptitude x treatment interactions”, journal of consulting and clinical psychology 59, No. 2 (1991).

Sugiyono. (2010). Metode penelitian pendidikan : Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Cet.IX. Bandung: Alfabeta.

Yannidah, N. (2013). “Pengembangan perangkat pembelajaran matematika dengan menggunakan model pembelajaran aptitude treatment interacton (ATI) pada efektivitas pembelajaran matematika”, jurnal pendidikan matematika 1, no.1 (2013).

Published
2016-06-27
Section
Articles
Abstract viewed = 1144 times