EFEKTIVITAS PENERAPAN APLIKASI PEMBELAJARAN MATEMATIKA INTERAKTIF TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 2 SINJAI TIMUR KABUPATEN SINJAI

  • Muh. Aminuddin Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • M. Yusuf T. Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • Sri Sulateri Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui hasil belajar matematika siswa yang diajar tanpa menerapkan aplikasi pembelajaran matematika interaktif, (2) mengetahui hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan menerapkan aplikasi pembelajaran matematika interaktif, (3) mengetahui efektifitas aplikasi pembelajaran matematika interaktif terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII SMP Negeri 2 Sinjai Timur Kabupaten Sinjai. Jenis penelitian ini adalah experimen semu (quasi experimental design) dengan desain penelitian non equivalent control group design. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial dengan uji-t. Berdasarkan hasil analisis deskriptif diperoleh, pada siswa yang tidak menerapkan aplikasi pembelajaran matematika intraktif memiliki nilai  rata-rata pretest sebesar 45,50  dan posttest 62,33 dengan peningkatan sebesar 16,83. Pada siswa yang menerapkan aplikasi pembelajaran matematika interaktif rata-rata pretest diperoleh 51,8 dan rata-rata posttest sebesar 82,84 dengan peningkatan sebesar 31,04. Hasil analisis inferensial diperoleh nilai thitung = 8,03 yang lebih besar dari pada angka signifikan sebesar 0,05 (sign α). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa H0ditolak, sedang uji efisiensi relatif diperoleh nilai R>1 (0,33<1). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan aplikasi pembelajaran matematika interaktif efektif meningkatkan hasil belajar matematika siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Sinjai Timur Kabupaten Sinjai.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amiruddin. (2011). Efektivitas teknik neuro linguistic programming (NLP) dalam meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Sinjai Barat. Skripsi. Makassar: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar.

Cahyono, A. (2012). Pengembangan sofware pembelajaran lingkaran melalui aplikasi visual basic 6.0 pada materi pokok persamaan lingkaran. Skripsi . STAIN Tulungagung.

Djamarah, S. B. (2011). Psikologi belajar. Jakarta : Rineka Cipta.

Emzir. (2013). Metodologi penelitian pendididikan kuantitatif & kualitatif edisi revisi. Cet. VII. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2013.

Kulik, C. L. C., James, A. K. (1991). Effectiveness of computer-based instruction: an updated analysis (computers in human behavior, Vol. 7, 1991).

Mardiyono, S. (2005). Inovasi pembelajaran matematika dan sistem evaluasinya berdasarkan kurikulum berbasis kompetensi. Makalah disampaikan dalam seminar nasional matematika dan pendidikan matematika. Departemen Pendidikan Nasional: Universitas Negeri Yogyakarta.

Mayer, R. E. (2003). The promise of multimedia learning: using the same instructional design methods across different media (learning and instruction 13. (2003).

Purwanto. (2009). Evaluasi hasil belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Subandi, I. (2007). Makalah pembelajaran interaktif berbasis multimedia. SD Negeri Kedungasem IV: Dinas Pendidikan Kota Probolinggo.

Sugiyono. (2010). Metode penelitian pendidikan : pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R & D. Cet IX ; Bandung: Alfabeta.

Widoyoko, E. P. (2013). Evaluasi program pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Published
2016-06-29
Section
Articles
Abstract viewed = 1138 times