AKTIVITAS MATEMATIKA BERBASIS BUDAYA PADA MASYARAKAT PESISIR DI PASAR IKAN GEBANG KABUPATEN CIREBON
Abstract
Abstrak :
Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan aktivitas etnomatematika pada budaya lokal masyarakat pesisir di pasar ikan Gebang kabupaten Cirebon. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik sampel dengan pertimbangan tertentu (purposive sampling), adapun sampelnya yaitu 2 tokoh adat, 3 pegawai pasar, 3 tokoh masyarakat, 3 nelayan, dan 2 pedagang ikan. Peneliti menggunakan tiga teknik pengumpulan data yaitu dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi dengan menggunakan analisis domain. Adapun untuk memeriksa keabsahan data digunakan triangulasi sumber data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat aktivitas matematika berbasis budaya di pasar ikan Gebang Cirebon. Hal ini dapat dilihat dari aktivitas menghitung, membilang, mengukur dan membuat rancang bangun.
Abstract:
The purpose of this study was to describe the ethnomatematic activities in the local culture of coastal communities in pasar ikan Gebang Cirebon. This research used qualitative approach. The samples were 2 traditional leaders, 3 market employees, 3 community leaders, 3 fishermen, and 2 fish traders who were choosed by using purposive sampling. The researcher used three data collection techniques, namely observation, interview, and documentation then data were analyzed using domain analysis. Triangulation of data sources was used to check the validity of the data. The results indicated that there were cultural-based mathematical activities in pasar ikan Gebang Cirebon which was showed by the activity of counting, measuring and making design.
Downloads
References
Abi, A. (2016). Integrasi etnomatematika dalam kurikulum matematika sekolah. Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia, 1(1), 1–6. Retrieved from https://www.researchgate.net/publication/320277156_Integrasi_Etnomatematika_Dalam_Kurikulum_Matematika_Sekolah
Alfonsa, A. A. (2016). Integrasi etnomatematika dalam kurikulum matematika sekolah. Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia, 1(1), 1–6. Retrieved from http://journal.stkipsingkawang.ac.id/index.php/JPMI/article/view/75
Arindiono, R. Y., & Ramaadhani, N. (2013). Perancangan media pembelajaran interaktif matematika untuk siswa kelas 5 SD Rudi. Jurnal Sains Dan Seni Pomits, 2(1), 28–32.
Gazali, R. (2016). Pembelajaran yang bermakna. Jurnal Nasional Pendidikan Matematika Math Didactic, 2(3), 181–190. Retrieved from https://media.neliti.com/media/publications/176892-ID-pembelajaran-matematika-yang-bermakna.pdf
Khairadiningsih, R. (2015). Eksplorasi Etnomatematika masyarakat suku Madura di Situbondo. Tesis Pendidikan Matematika Universitas Jember, 2(1). Retrieved from http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/66826
Maryati & Prahmana, R. C. I. (2018). Ethnomathematics: Exploring the activities of designing kebaya kartini. MaPan : Jurnal Matematika dan Pembelajaran, 6(1), 11-19.
Muhtadi, D. (2017). Sundanese ethnomathematics: Mathematical activities in estimating, measuring, and making patterns. Journal on Mathematics Education, 8(2), 185–198. Retrieved from https://ejournal.unsri.ac.id/index.php/jme/article/view/4055
Risdiyanti, I. (2017). Ethnomatematics: Exploration in Javanese Culture. Journal of Physics, 37(1), 943–958. Retrieved from https://iopscience.iop.org/article/10.1088/1742-6596/943/1/012032
Supriadi, Srisetyawan, A., & Tiurlina. (2016). Mengintegrasikan pembelajaran matematika berbasis budaya banten pada pendirian sd laboratorium UPI kampus Serang. Mimbar Sekolah Dasar, 3(1), 1–18. https://doi.org/10.17509/mimbar-sd.v3i1.2510
Wahyuni, A. (2013). Peran etnomatematika dalam membangun karakter bangsa. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika FIMPA UNY, 9(4), 113–118. Retrieved from http://eprints.uny.ac.id/10738/1/P - 15.pdf
Copyright (c) 2019 Herri Sulaiman
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.