AKTIVITAS MATEMATIKA BERBASIS BUDAYA PADA MASYARAKAT PESISIR DI PASAR IKAN GEBANG KABUPATEN CIREBON

  • Herri Sulaiman Universitas Swadaya Gunung Jati
    (ID)

Abstract

Abstrak :

Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan aktivitas etnomatematika pada budaya lokal masyarakat pesisir di pasar ikan Gebang kabupaten Cirebon. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik sampel dengan pertimbangan tertentu (purposive sampling), adapun sampelnya yaitu 2 tokoh adat, 3 pegawai pasar, 3 tokoh masyarakat, 3 nelayan, dan 2 pedagang ikan. Peneliti menggunakan tiga teknik pengumpulan data yaitu dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi dengan menggunakan analisis domain. Adapun untuk memeriksa keabsahan data digunakan triangulasi sumber data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat aktivitas matematika berbasis budaya di pasar ikan Gebang Cirebon. Hal ini dapat dilihat dari aktivitas menghitung, membilang, mengukur dan membuat rancang bangun.

Abstract:

The purpose of this study was to describe the ethnomatematic activities in the local culture of coastal communities in pasar ikan Gebang Cirebon. This research used qualitative approach. The samples were 2 traditional leaders, 3 market employees, 3 community leaders, 3 fishermen, and 2 fish traders who were choosed by using purposive sampling. The researcher used three data collection techniques, namely observation, interview, and documentation then data were analyzed using domain analysis. Triangulation of data sources was used to check the validity of the data. The results indicated that there were cultural-based mathematical activities in pasar ikan Gebang Cirebon which was showed by the activity of counting, measuring and making design.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Herri Sulaiman, Universitas Swadaya Gunung Jati
Prodi Pendidikan Matematika Universitas Swadaya Gunung Jati (UGJ) Cirebon

References

Abi, A. (2016). Integrasi etnomatematika dalam kurikulum matematika sekolah. Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia, 1(1), 1–6. Retrieved from https://www.researchgate.net/publication/320277156_Integrasi_Etnomatematika_Dalam_Kurikulum_Matematika_Sekolah

Alfonsa, A. A. (2016). Integrasi etnomatematika dalam kurikulum matematika sekolah. Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia, 1(1), 1–6. Retrieved from http://journal.stkipsingkawang.ac.id/index.php/JPMI/article/view/75

Arindiono, R. Y., & Ramaadhani, N. (2013). Perancangan media pembelajaran interaktif matematika untuk siswa kelas 5 SD Rudi. Jurnal Sains Dan Seni Pomits, 2(1), 28–32.

Gazali, R. (2016). Pembelajaran yang bermakna. Jurnal Nasional Pendidikan Matematika Math Didactic, 2(3), 181–190. Retrieved from https://media.neliti.com/media/publications/176892-ID-pembelajaran-matematika-yang-bermakna.pdf

Khairadiningsih, R. (2015). Eksplorasi Etnomatematika masyarakat suku Madura di Situbondo. Tesis Pendidikan Matematika Universitas Jember, 2(1). Retrieved from http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/66826

Maryati & Prahmana, R. C. I. (2018). Ethnomathematics: Exploring the activities of designing kebaya kartini. MaPan : Jurnal Matematika dan Pembelajaran, 6(1), 11-19.

Muhtadi, D. (2017). Sundanese ethnomathematics: Mathematical activities in estimating, measuring, and making patterns. Journal on Mathematics Education, 8(2), 185–198. Retrieved from https://ejournal.unsri.ac.id/index.php/jme/article/view/4055

Risdiyanti, I. (2017). Ethnomatematics: Exploration in Javanese Culture. Journal of Physics, 37(1), 943–958. Retrieved from https://iopscience.iop.org/article/10.1088/1742-6596/943/1/012032

Supriadi, Srisetyawan, A., & Tiurlina. (2016). Mengintegrasikan pembelajaran matematika berbasis budaya banten pada pendirian sd laboratorium UPI kampus Serang. Mimbar Sekolah Dasar, 3(1), 1–18. https://doi.org/10.17509/mimbar-sd.v3i1.2510

Wahyuni, A. (2013). Peran etnomatematika dalam membangun karakter bangsa. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika FIMPA UNY, 9(4), 113–118. Retrieved from http://eprints.uny.ac.id/10738/1/P - 15.pdf

Published
2019-06-27
Section
Vol. 7 No. 1
Abstract viewed = 1196 times