PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN BRAIN BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI SISWA MTs
Abstract
Abstrak:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa setelah diberikan pembelajaran Brain Based Learning pada siswa MTs, serta mengetahui perbedaan kemampuan komunikasi matematis setelah diberikan pembelajaran Brain Based Learning dan pembelajaran konvensional pada siswa MTs. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian quasi eksperimen dengan desain control group pretest-posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTsN 2 Banda Aceh. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan simple random sampling, yang terdiri dari dua kelas yaitu kelas VIII4 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII2 sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data digunakan dengan menggunakan lembar tes kemampuan komunikasi matematis. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji N-Gain, uji-t independen. Dari hasil penelitian diperoleh peningkatan kemampuan komunikasi yang diberikan pembelajaran Brain Based Learning dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa serta kemampuan komunikasi matematis yang diberikan pembelajaran Brain Based Learning lebih baik daripada kemampuan komunikasi matematis siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional.
Abstract:
This study aimed at determining the improvement of students' mathematical communication skills after the Brain Based Learning model applied in MTs students, and the differences of the mathematical communication skills applied by the Brain Based Learning model and those applied in conventional learning of MTs students. The research method was quasi-experimental research with a pretest-posttest design group control design. The population in this study were all VIII students of MTsN 2 Banda Aceh. Sampling was done by using simple random sampling, which consisted of two classes namely class VIII4 as the experimental class and class VIII2 as the control class. The data collected used a mathematical communication ability test sheet. The data analysis techniques used in this research were N-Gain test, independent t-test. From the research results obtained (1) N-Gain Test with an average value obtained 0.54 with the category "Medium”. So it can be concluded that by applying the Brain Based Learning model can improve students' mathematical communication skills. (2) Based on independent t-test, obtained tcount = 4.32 and ttable = 1.67, then tcount > ttable, this means reject H0 accept H1, it can be concluded that students' mathematical communication skills applied to the Brain Based Learning learning model are more better than students' mathematical communication skills applied to conventional learning.
Downloads
References
Arikunto, S. (2010). Prosedur penelitian: Suatu pendekatan praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Fahradina, N., Ansari, B. I., & Saiman. (2014). peningkatan kemampuan komunikasi matematis dan kemandirian belajar siswa SMP dengan menggunakan model investasi kelompok. Jurnal Didaktik Matematika, 1(1), 54–64. Retrieved from http://www.jurnal.unsyiah.ac.id/ DM/article /view/2077
Faidi, A. (2013). Tutorial mengajar untuk melejitkan otak kanan & kiri anak. Jakarta: Diva Press.
Hermawan, Y. I. (2016). Penerapan model brain based learning untuk meningkatkan kemampuan komunikasi pada siswa Sekolah Menengah Pertama kelas VIII. Universitas Pasundan. Retrieved from http://repository.unpas.ac.id/13385/
Jensen, E. (2008). Brain based learning pembelajaran berbasis kemampuan otak cara baru dalam pengajaran dan pelatihan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Jensen, E. (2011). Pemelajaran berbasis-otak pengajaran baru. Jakarta: PT Indeks.
Kemendikbud. (2016a). Peringkat dan capaian pisa indonesia mengalami peningkatan. Retrieved from https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2016/12/peringkat-dan-capaian-pisa-indonesia-mengalami-peningkatan
Kemendikbud. (2016b). Permendikbud nomor 22 tahun 2016 standar proses pendidikan dasar dan menengah. Jakarta: Kemendikbud.
kusnadi, t. (2017). pengaruh model brain based learning terhadap kemampuan komunikasi matematis dan self-efficacy siswa SMA. Universitas Pasundan. Retrieved from http://repository.unpas.ac.id/30945/
NCTM. (2000). Principles and standarts for school mathematics. Reston, VA: NCTM.
Nizam. (2016). Ringkasan hasil-hasil asesmen belajar dari hasil UN, PISA, TIMSS, dan INAP. Retrieved from https://puspendik.kemdikbud.go.id/seminar/upload/Hasil Seminar Puspendik 2016/Nizam-Hasil Penilaian_seminar puspendik 2016.pdf
Rezeki, I. P. (2018). Pengembangan perangkat pembelajaran berbasis model brain based learning untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa SMP/MTs. UIN Ar-Raniry Banda Aceh. Retrieved from https://repository.ar-raniry.ac.id/6010/
Satriawati, G. (2016). Pembelajaran dengan pendekatan open-ended untuk meningkatkan pemahaman dan kemampuan komunikasi matematik siswa. Algoritma, Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 1.
Sudjana. (2005). Metoda statistika. Bandung: Tarsito.
Copyright (c) 2019 Nilawati -
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.