Pengaruh Withdrawl dan Difensif Terhadap Kesulitan Belajar Fisika Siswa MTs Madani Alauddin Paopao Kabupaten Gowa
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan dan menginterpretasikan pengaruh withdrawl dan difensif terhadap kesulitan belajar fisika siswa MTs Madani Alauddin Paopao Kabupaten Gowa. Penelitian ini menggunakan tiga variabel yaitu withdrawl, difensif, dan kesulitan belajar fisika siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa MTs Madani Alauddin Paopao. Sampelnya 30% dari populasi yakni 50 siswa. Peneliti menggunakan sistem sampel proporsional stratified purposive sampling. Teknik instrumen yang digunakan adalah angket, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu statistik deskriptif dan inferensial. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis deskriptif diperoleh skor rata-rata withdrawl siswa adalah 42,9, difensif adalah 68,84 serta kesulitan belajar fisika adalah 71,94. Adapun hasil analisis inferensial menunjukkan nilai Fhitung adalah 1263,449 sedangkan Ftabel pada taraf signifikansi 5% adalah 3,20. Dengan demikian, nilai Fhitung > nilai Ftabel dan hipotesis nihil ditolak, artinya terdapat pengaruh signifikan antara pengaruh withdrawl dan difensif terhadap kesulitan belajar fisika siswa MTs Madani Alauddin Paopao Kabupaten Gowa.
Downloads
References
Ahmadi, abu, dkk. 1991. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Abdurrahman, Mulyono. 2003. Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Davison, Gerald C, dkk. 2006. Psikologi Abnormal. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Departemen Agama RI. 2010. Al- Qur’an dan Terjemahnya. Jakarta: Darus Sunnah.
Djamarah, Syaiful Bahri. 2011. Psikologi. Jakarta: Rineka Cipta.
Fahmy, Musthafa. 1982. Penyesuaian Diri. Jakarta: Bulan Bintang.
Feist, Jess, dkk. 2010. Teori Kepribadian. Jakarta : Salemba Humanika.
Hamalik, Oemar. 2009. Proses Belajar Mengajar. Bandung: bumi aksara.
Hasbullah. 2009. Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Hidayat, Muhammad Yusuf. 2011. Pendekatan Konseling Psikomotoris dan Rasional. Makassar: Alauddin University Perss.
Hikmawati, Fenti. 2010. Bimbingan Konseling. Jakarta: Rajawali Pers.
Ihsan, Fuad. 2008. Dasar-Dasar Kependidikan komponen MKDK. Jakarta: Rineka Cipta.
Kartono, Kartini. 2002. Patologi Sosial 3. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Margono, S. 1997. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Mustamin, Muh. Khalifah. 2009. Metodologi Penelitian Pendidikan. Makassar: Alauddin Press.
Nurjan, Syarifan, dkk. 2009. Psikologi Belajar. Surabaya: Amanah Pustaka.
Riduwan. 2008. Belajar Mudah Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Sevilla, Consuelo G, dkk. 1993. Pengantar Metodologi Penelitian. Jakarta: UI-Press
Sobur, Alex. 1986. Anak Masa Depan. Bandung: Angkasa.
Sudjana, Nana dan Ibrahim. 2009. Penelitian dan Penilaian Pendidikan. Bandung: Sinar Baru Algesindo.
Sugiyono. 2009. Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R& D.Bandung: Alfabeta.
. 2010. Statistik Untuk Penelitian. Bandung: alfabeta.
. 2012. Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R& D. Bandung: Alfabeta.
Sunaryo. 2004. Psikologi untuk Keperawatan. Jakarta: EGC.
Suryabrata, Sumardi. 2008. Psikologi Kepribadian. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Syah, Muhibbin. 2003. Psikologi belajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
. 2004. Psikologi belajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Undang-Undang Sisdiknas. Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Sinar Grafika.
Yudhawati, Ratna, dkk. 2011. Teori-Teori Dasar Psikologi Pendidikan. Jakarta: Prestasi Pustakaraya.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.