Pengaruh Slow Learner dan Kejenuhan Belajar Terhadap Kesulitan Belajar Fisika Siswa Mts Madani Alauddin Paopao Kabupaten Gowa
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan dan menginterpretasikan pengaruh slow learner dan kejenuhan belajar terhadap kesulitan belajar fisika siswa MTs Madani Alauddin Paopao kabupaten Gowa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa MTs yang terdiri dari 160 siswag. Sampelnya adalah 35% dari populasi yakni 56 siswa dengan menggunakan teknik sampel proporsional stratified purposive sampling. Peneliti mengembangkan instrumen kuesioner, wawancara, serta dokumen hasil belajar siswa. Teknik analisis data yang digunakan yaitu statistik deskriptif dan statistik inferensial. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis deskriptif diperoleh skor rata-rata slow learner siswa adalah 61,03 dan kejenuhan belajar siswa adalah 61,14 serta kesulitan belajar fisika siswa adalah 64,39. Adapun hasil analisis inferensial menunjukkan nilai Fhitung adalah 6162,89 sedangkan Ftabel pada taraf signifikansi 5% adalah 3,18. Dengan demikian, nilai Fhitung > nilai Ftabel dan hipotesis nol ditolak, artinya terdapat pengaruh signifikan antara slow learner dan kejenuhan belajar terhadap kesulitan belajar fisika siswa Mts Madani Alauddin Paopao Kabupaten Gowa.
Downloads
References
Agustin, Mubiar. 2011. Permasalahan Belajar dan Inovasi pembelajaran. Bandung: Refika Aditama.
Ahmadi, abu, dkk. 1991. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Arikunto, Suharsimi. 2002. Proses Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka cipta.
Arikunto, Suharsimi. 2010. Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka cipta.
Aunurrahman. 2011. Belajar Dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
Dalyono. 2009. Psikologi pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Departemen Agama RI, 2009, Al- Qur’an dan Terjemahannya, Bandung: SYGMA.
Hamalik, Oemar. 2003. Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem. Jakarta: Bumi Aksara.
_______, Oemar. 2009. Proses belajar mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
_______, Oemar. 2010. Psikologi Belajar Dan Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.
Haryanto, Dany. 2011. Teori-teori Dasar Psikologi Pendidikan. Jakarta: Prestasi Pustaka.
http://digilib.uinsuka.ac.id/3224/1/BAB%20I,%20IV%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf.
http://lib.uin-malang.ac.id/thesis/fullchapter/06130065-m-wajid-namai.ps.
http://lifeiscoin.blogspot.com/2012/01/bagi-yang-punya- masalah.html#ixzz2HYQArBmz.
http://makalahpendidikan-sudirman.blogspot.com/2013/05/15/kewajiban-orang-tua-terhadap-anak.htm.
http://pkbmdaruttaklim.wordpress.com/2013/05/15/kumpulan-hadits-tentang-pendidikan.
http://rpcellular.blogspot.com/2013/05/17/peranan-keluarga-dalam-pembinaan.html.
http://samsulbae.blogspot.com/2013/05/17/pendidikan-dan-lingkungan-membentuk
http://staff.uny.ac.id/sites/default/files/lain-lain/pujaningsih-spd-mpd).
https://www.acrobat.com/createpdf/en/features.html?trackingid=ICNBP
http://www.ahmad-sanusi-husain.com/2012/02/koleksi-hadis-hadis pendek.html#ixzz2IERlr3pF.
Khalifah, muh.stamin. 2009. Metodologi Penelitian Pendidikan. Makassar: Alauddin Press.
Mulyono. 1995. Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan belajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Nurjan, Syarifan, dkk . 2009. Psikologi Belajar Edisi pertama. Surabaya: Amanah Pustaka.
Sardiman. 2001. Interaksi & Motivasi Balajar mengajar. Jakarta: Rajawali Pers.
Subagyo, P. Joko. 2004. Metodologi Penelitian Dalam Teori dan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.
Sudjana, Nana. 2001. Tuntunan Penyusunan Karya Ilmiah. Bandung: Sinar Baru Algensindo.
________Nana. 2009. Penelitian dan Penilaian Pendidikan. Bandung: Sinar Baru Algesindo.
Sugiyono 2010. Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R& D.: Alfabeta.
________2011. Statistik Untuk penelitian. Bandung: Alfabeta.
________2012. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Supriyono, Widodo. 2008. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Suryosubroto. 1997. Proses Belajar mengajar Di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta.
Syah, Muhibbin. 2004. Psikologi Belajar. Jakarta: Rajawali Pers.
_____2004. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.