Pengaruh Ingatan dan Kemampuan Berpikir Kritis Terhadap Hasil Belajar Siswa Dalam Mata Pelajaran Fisika di Ma Madani Alauddin PaoPao Kabupaten Gowa

  • Syarifah Aini
    (ID)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan dan menginterpretasikan pengaruh ingatan dan kemampuan berpikir kritis terhadap hasil belajar siswa di MA Madani. Penelitian ini menggunakan tiga variabel yaitu ingatan, kemampuan berpikir kritis, dan hasil belajar. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa MA. Sampelnya menggunakan teknik Sampling Jenuh dengan jumlah 89 siswa. Peneliti menggunakan instrumen angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu statistik deskriptif dan inferensial untuk uji hipotesis yaitu uji f. Berdasarkan hasil penelitian analisis deskriptif diperoleh skor rata-rata ingatan 52,6 dengan kategori cukup, kemampuan berpikir kritis 53,42 juga kategori cukup dan hasil belajar siswa 75,38 dengan kategori tinggi. Hasil analisis inferensial menunjukkan nilai Fhitung2336.55 sedangkan Ftabel pada taraf signifikansi 5% adalah 3,11. Dengan demikian, Fhitung> dari Ftabel maka Ha diterima, artinya terdapat pengaruh yang signifikan antara ingatan dan kemampuan berpikir kritis terhadap hasil belajar siswa dalam mata pelajaran fisika di MA Madani Alauddin Paopao Kabupaten Gowa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdurrahman, M. 2003.Pendidikan bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Ahmadi, A.1992.Psikologi Umum Cet I. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Aini. A.A. &Suprapto, N.Pengaruh Latihan Inferensi Logika Siswa Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Pada Topik Getaran Dan Gelombangdi Smp Negeri 1 Bojonegoro Jurusan Fisika, Universitas NegeriSurabayadalamsitus(http://ejournal.unesa.ac.id/article/610/32/article.pdf.)

Aunurrahman, 2009.Belajar Dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Arikunto, S. 2007.Menejemen Penelitian; Jakarta: Rineka Cipta.

2010.Menejemen Penelitian; Jakarta: Rineka Cipta.

. , 2008.Penelitian Tindakan Kelas; Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Departemen agama RI.. 2005.Al-Qur’an dan Terjemahannya.

Dimyati, M. .2002.Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Djamarah, S. B. 2011.Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Fisher, A. 2008.Critical Thinking: An Introduction. Jakarta: Erlangga.

Madhi, J. 2009.Kreatif Berpikir. Surakarta: Al-Jadid.

Margono, S. 1997.Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Mustamin, M. K. 2009.Metodologi Penelitian Pendidikan. Makassar: Alauddin Press.

Mustaqim.Psikologi Pendidikan.Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Nasution. 1989.Kurikulum danPengajaran. Bandung: Bumi Aksara.

Oka, A.A. 2013.Pengaruh Penerapan Belajar Mandiri Pada Materi Ekosistem Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Dan Kemampuan Memecahkan Masalah Siswa Sma Di Kota Metro Pendidikan Biologi UniversitasMuhammadiyahMetro.dalamsitus(http://www.ummetro.ac.id/file_jurnal/5.%20Anak%20Agung%20Oka%20UM%20Metro.pdf)

Purwanto. 2009.Evaluasi Hasil Belajar Cet III. Yogyakart: Pustaka Pelajar.

Rahmawati, T. D. 2013.Kompetensi Berpikir Kritis Dan Kreatif Dalam Pemecahan Masalah Matematika Di Smp Negeri 2 Malang. Dalamsitushttp://ejournal.umm.ac.id/index.php/penmath/article/viewFile/612/634_umm_scientific_journal.pdf.)

Riduwan. 2009.Metode & Teknik Menyusun Proposal Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Sarwono, S.W. 1982.Pengantar Umum Psikologi Cet II. Jakarta: N.V. Bulan Bintang.

. 2009. Pengantar Psikologi Umum. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Slameto.2003.Belajar dan Factor-Faktor yang Mempengaruhinya Cet IV. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Sudjana, N.&Ibrahim.2009.Penelitian dan Penilaian Pendidikan. Bandung: Sinar Baru Algesindo.

Sugiyono.2009.Metode Penelitian Administrasi. Edisi Revisi. Cetakan XVII; Bandung: Alfabeta.

. 2011. Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

. 2010. Statistik untuk penelitian. Bandung: Alfabeta.

. 2012. Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R& D. Bandung: Alfabeta .

Sudjana, N. 2010. Penelitian dan Penilaian Pendidikan. Bandung: Sinar Baru Algesindo.

Sujanto, A.2001. Psikologi Umum Cet XI. Jakarta: Bumi Aksara.

Suryabrata, S. 1992. Metodologi Penelitian. Edisi I Cet. 7; Jakarta: PT Rajawali.

. 2002. Psikologi Pendidikan Cet XI. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Syah, M. 2004.Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru Cet IX. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Tim Penyusun. Undang-Undang Sisdiknas. 2011. Sistem pendidikan nasional; Jakatra: Sinar Grafika,

Tiro, M. A. 2000.Dasar-Dasar Statistika. Edisi Revisi; Makassar: Universitas Negeri Makassar.

Walgito, B.2004.Pengantar Psikologi Umum Edisi IV. Yogyakarta: ANDI Yogyakarta.

Published
2013-07-29
How to Cite
Aini, S. (2013). Pengaruh Ingatan dan Kemampuan Berpikir Kritis Terhadap Hasil Belajar Siswa Dalam Mata Pelajaran Fisika di Ma Madani Alauddin PaoPao Kabupaten Gowa. JPF (Jurnal Pendidikan Fisika) Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, 1(1), 63-76. https://doi.org/10.24252/jpf.v1i1.1097
Section
Volume 1 Nomor 1, 2013
Abstract viewed = 2935 times

Most read articles by the same author(s)