Pengaruh Kompetensi Kepribadiandan Kompetensi Sosial Guru Fisikaterhadap Perilaku Sosial Siswa SMP Negeri 1 Marioriawa Kabupaten Soppeng

  • Aslamuddin Aslamuddin
    (ID)
  • Muh Yusuf Hidayat
  • Saprin Sagena

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan dan menginterpretasikan pengaruh kompetensi kepribadian dan kompetensi sosial guru fisika terhadap perilaku sosial siswa SMP Negeri 1 Marioriawa Kabupaten Soppeng.. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 378 siswa. Adapun sampelnya adalah 30% dari populasi yakni 75 siswa, di mana untuk kelas VII diambil sampel sebanyak 30 siswa, dan 20 siswa dari kelas VIII serta 25 siswa dari kelas IX karena peneliti menggunakan sistem sampel proporsional stratified random sampling. Untuk memperoleh data mengenai kompetensi kepribadian guru fisika dan kompetensi sosial guru fisika, peneliti menggunakan instrumen angket. Sedangkan untuk perilaku sosial siswa digunakan angket dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan yaitu statistik deskriptif dan statistik inferensial untuk uji hipotesis.Berdasarkan hasil penelitian dan analisis deskriptif diperoleh skor rata-rata kompetensi guru fisika adalah 104,1 dan skor rata-rata kompetensi sosial guru fisika adalah 64,67 serta skor rata-rata perilaku sosial siswa adalah 83,98. Dari hasil analisis deskriptif tersebut bahwa ketiga variabel yang digunakan berada pada kategori cukup. Adapun hasil analisis inferensial menunjukkan nilai Fhitung adalah 2964 sedangkan Ftabel pada taraf signifikansi 5% adalah 3,98. Dengan demikian, nilai Fhitung jauh lebih besar dari pada nilai Ftabel dan Ho ditolak, artinya terdapat pengaruh yang signifikan antara kompetensi kepribadian dan kompetensi sosial guru fisika terhadap perilaku sosial siswa SMP Negeri 1 Marioriawa Kabupaten Soppeng.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anas, Muhammad. 2007. Pengantar Psikologi Sosial. Makassar: Badan Penerbit UNM.

Daradjat, Zakiah. 1982.Kepribadian Guru; Jakarta: Bulan Bintang.

Hartina, Sitti. 2009. Perkembangan Peserta Didik. Tegal: Refika Aditama.

Kunandar. 2011. Guru Profesional. Jakarta: Rajawali Pers.

Mappanganro. 2010.Pemilikan Kompetensi Guru. Makassar: Alauddin Press.

Mulyasa. 2011.Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru; Jakarta: PT Remaja Rosdakarya.

Mulyasa. 2011.Menjadi Guru Profesional. Jakarta: PT Remaja Rosdakarya.

Musfah, Jejen. 2011.Peningkatan Kompetensi Guru. Jakarta: Prenada Media Group.

Nasution. 2010. Sosiologi Penddikan; Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Sujana, Nana. 1999.Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Suryabrata, 2010.Sumadi. Psikologi Kepribadian Edisi I. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Usman, Muhammad Uzer. 1995.Menjadi Guru Profesional. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Yusuf , Syamsu dkk. 2008.Teori Kepribadian. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Zainuddin, Din. 2005.Pendidikan Budi Pekerti dalam Perspektif Islam. Jakarta: Al Mawardi Prima.

http://pbmmatmarsigit.blogspot.com/2008/12/pengembangan-profesionalisme-guru-yang.html

http://file.upi.edu/Direktori/FPOK/JUR._PEND._OLAHRAGA/197409072001121DIDIN_BUDIMAN/psikologi_anak_dlm_penjas/PERILAKU_SOSIAL.pdf

Published
2013-07-29
How to Cite
Aslamuddin, A., Hidayat, M. Y., & Sagena, S. (2013). Pengaruh Kompetensi Kepribadiandan Kompetensi Sosial Guru Fisikaterhadap Perilaku Sosial Siswa SMP Negeri 1 Marioriawa Kabupaten Soppeng. JPF (Jurnal Pendidikan Fisika) Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, 1(1), 77-84. https://doi.org/10.24252/jpf.v1i1.1099
Section
Volume 1 Nomor 1, 2013
Abstract viewed = 761 times