PENGEMBANGAN INSTRUMEN SOAL HOTS (HIGH ORDER THINKING SKILL) PADA MATA KULIAH FISIKA DASAR 1

  • Tri Isti Hartini Universitas Muhammadiyah PROF. DR. HAMKA
    (ID)
  • Martin Martin Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA
    (ID)

Abstract

Telah dilakukan penelitian mengenai pengembangan instrumen soal HOTS (High Order Thinking Skill) berbasis hipotesis deduktif pada mata kuliah Fisika Dasar 1. Metodologi penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan mengacu pada model ADDIE. Langkah-langkah penelitian ini meliputi: menyusun spesifikasi tes, menulis soal tes, menelaah soal tes, melakukan uji coba tes, menganalisis butir soal, memperbaiki tes, dan merakit tes. Teknik untuk validitas isi yaitu meminta kepada ahli/expert, dalam hal ini sebagai validator, untuk memeriksa ketepatan dan memberikan penilaian antara kesesuaian butir soal dengan indikator-indikatornya dan redaksi penulisan soal. Berdasarkan hasil validasi oleh ahli evaluasi diperoleh rata-rata persentase penilaian keseluruhan aspek adalah 95,83 %, hasil validasi oleh ahli materi diperoleh rata-rata persentase penilaian keseluruhan aspek adalah 85,3% sedangkan hasil validasi oleh dosen pengampu, diperoleh rata-rata persentase penilaian keseluruhan aspek adalah 89,37%. Berdasarkan hasil uji coba lapangan, diperoleh rata-rata persentase penilaian keseluruhan aspek adalah 79,2%. Dari hasil tersebut menunjukkan bahwa soal HOTS yang dikembangkan layak digunakan sebagai alat penilaian pada perkuliahan fisika dasar 1.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Brookhart, S. M. (2010). How to Assess Higher Order Thinking Skills in Your Classroom. Alexandria: ASCD.

FJ King, L. G. (2015). Assessment and Evaluation High Order Thinking Skills. Florida: Center for Advencement Learning and Assessment Florida State University.

Gall, B. a. (1991). Educational Research and Introduction. New York: Longman.

Istiyono, E. (2013). Pengembangan Instrumen untuk Mengukur Kemampuan Berpiki Tingkat Tinggi Dalam Mata Pelajaran Fisika. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Krathwohl, D. R. (2002). A Revision of Bloom's Taxonomy: An Overview. Theory Into Practice, 212-218.

Richey, R. C. (2007). Design and Development Research. London: Lawrence Erlbaum Associates. Inc.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Sujadi. (2003). Metode Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Widana, I. W. (2017). Modul Penyusunan Soal High Order Thinking Skill (HOTS). Jakarta: DIREKTORAT PEMBINAAN SMA KEMENTRIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN.

Published
2020-03-02
How to Cite
Hartini, T. I., & Martin, M. (2020). PENGEMBANGAN INSTRUMEN SOAL HOTS (HIGH ORDER THINKING SKILL) PADA MATA KULIAH FISIKA DASAR 1. JPF (Jurnal Pendidikan Fisika) Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, 8(1), 18-21. https://doi.org/10.24252/jpf.v8i1.11687
Section
Articles
Abstract viewed = 2343 times