STUDI META-ANALISIS PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN FISIKA PADA MATERI GERAK PARABOLA
Abstract
Studi ini bertujuan untuk melihat tingkat validitas dan kepraktisan dari pengembangan media pembelajaran fisika pada materi gerak parabola. Penelitian dilakukan menggunakan metode meta-analisis. Pengumpulan data teknik yang dilakukan dengan mencari artikel ilmiah pada jurnal nasional yang berkaitan dengan pengembangan media pembelajaran fisika pada materi gerak parabola mealui google scholar. Sampel yang digunakan adalah 10 artikel di jurnal yang terkait dengan pengembangan media pembelajaran fisika pada materi gerak parabola. Hasil studi meta-analisis ini menemukan bahwa tingkat validitas untuk pengembangan media pembelajaran fisika pada materi gerak parabola dalam keempat aspek validitas berlaku dengan rata-rata memvalidasi pada aspek materi adalah 88,48 dengan kategori yang valid, dan pada aspek media adalah 88,01 dengan kategori valid. Tingkat kepraktisan pendidik dalam pengembangan media pembelajaran fisika pada materi gerak parabola diperoleh rata-rata 93,97 dalam kategori tinggi, sedangkan kepraktisan peserta didik pada hasil rata-rata adalah 86,33 dengan kategori tinggi. Pengembangan media pembelajaran fisika pada materi gerak parabola dapat dikategorikan sebagai valid dan praktis, sehingga, untuk pengembanganmedia pembelajaran fisika pada materi gerak parabola dalam pembelajaran fisika dapat dilanjutkan ke tahap berikutnya, yaitu tes efektivitas.
Downloads
References
Zulherman, Z., Pasaribu, A., Wiyono, K., Saparini, S., & Oktori, W. (2019, May). Pengembangan Video Pembelajaran Berbasis Permainan Tradisional pada Materi Gerak Melingkar. In PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN FISIKA" MOTOGPE".
Wiyono, K., Laili, R. N., & Syuhendri, S. (2017, October). Pengembangan Multimedia Interaktif pada Materi Gerak Parabola Berbasis Permainan Tradisional untuk Mata Pelajaran Fisika di Sekolah Menengah Atas. In Seminar Nasional Pendidikan IPA (Vol. 1, No. 1, pp. 125-138).
Amalia, S. (2019). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF (MPI) BERBASIS FLASH PADA MATERI GERAK PARABOLA. Menara Ilmu, 13(7).
Khairunnisa, H., & Kamus, Z. (2018). Analisis Efektivitas Pengembangan Bahan Ajar Fisika dengan Konten Kecerdasan Sosial pada Materi Gerak Parabola, Gerak Melingkar dan Hukum Newton untuk Kelas X SMA. Pillar of Physics Education, 11(2), 121-128.
La Aca, A., & Sulisworo, D. (2020). Development of Lightboard-Based Flipped Classroom Learning Videos on Parabolic Motion Materials. Jurnal Pendidikan Fisika, 8(2), 111-120.
Syafi’i, M., & Nasir, M. (2016). PERANCANGAN DAN PEMBANGUNAN MULTIMEDIA INTERAKTIF PEMBELAJARAN FISIKAVISUALISASI GERAK MELINGKAR BERATURAN DI SEKOLAH MENENGAH ATAS (SMA). Jurnal Pendidikan, 7(2), 86-96.
Marhadini, S. A. K., Akhlis, I., & Sumpono, I. (2017). Pengembangan media pembelajaran berbasis android pada materi gerak parabola untuk siswa sma. UPEJ Unnes Physics Education Journal, 6(3), 38-43.
Luki, N., & Kustijono, R. (2017). Pengembangan laboratorium virtual berbasis algodoo untuk melatihkan keterampilan proses sains siswa pada pokok bahasan gerak parabola. Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika (JIPF), 6(03), 27-35.
Astono, J., Suyoso, S., & Wiyatmo, Y. (2018). Pengembangan perangkat pembelajaran gerak parabola dan fluida berbasis mobile learning untuk pelaksanaan PPL di SMA. Jurnal Materi dan Pembelajaran Fisika, 8(2), 23-26.
Wicaksana, A. (2017). Pengembangan Alat Peraga Pada Materi Gerak Parabola Untuk Melatih Keterampilan Proses Sains Siswa (Bachelor's thesis).
Afiat, A. H. (2017). Pengembangan Media Mobile Learning untuk Memudahkan Siswa Mempelajari Materi Gerak Parabola. SKRIPSI Jurusan Fisika-Fakultas MIPA UM.
Santoso, D. M. D., & Winarti, W. PENGEMBANGAN MODUL FISIKA MATERI GERAK PARABOLA BERBASIS GENERATIVE LEARNING. In Prosiding SNFA (Seminar Nasional Fisika dan Aplikasinya) (Vol. 4, pp. 186-194).
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.