IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK TERHADAP SIKAP ILMIAH PADA MATERI KINEMATIKA GERAK LURUS

  • Ita Handayani Pendidikan Fisika Universitas Muhammadiyah Makassar
    (ID)
  • Dewi Hikmah Marisda Universitas Muhammadiyah Makassar
    (ID) http://orcid.org/0000-0003-1317-706X

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan besarnya sikap ilmiah peserta didik yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran berbasis proyek. Jenis penelitian ini adalah true eksperimen dengan desain posttest-only control design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas X MIPA SMA Negeri 1 Bantaeng sebanyak 165 orang. Sampel penelitian ini adalah kelas X MIPA 1 sebagai kelas control dan X MIPA 5 sebagai kelas eksperimen. Hasil pengujian hipotesis menggunakan uji-t diperoleh nilai thitung = 2,729 dan ttabel = 2,000 dan taraf signifikan = 0,05, dengan dk 64. Nilai thitung > ttabel, maka H1 diterima dan H0 ditolak. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan sikap ilmiah peserta didik yang diajar dengan model pembelajaran berbasis proyek.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Ita Handayani, Pendidikan Fisika Universitas Muhammadiyah Makassar
physics education
Dewi Hikmah Marisda, Universitas Muhammadiyah Makassar

Pendidikan Fisika

Universitas Muhammadiyah Makassar

References

ASTAWA, I., Sadia, M., & Suastra, M. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek Terhadap Sikap Ilmiah Dan Konsep Diri Siswa Smp. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran IPA Indonesia, 5(1).

Gunada, I. W., Sahidu, H., & Sutrio, S. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Fisika Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Sikap Ilmiah Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi, 1(1), 38. https://doi.org/10.29303/jpft.v1i1.233

Ismayanti, Arsyad, M., & Marisda, D. H. (2020). PENERAPAN STRATEGI REFLEKSI PADA AKHIR PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF PESERTA DIDIK PADA MATERI FLUIDA. Karst : Jurnal Pendidikan Fisika Dan Terapannya, 3(1), 117–121. http://ejournals.umma.ac.id/index.php/karts/article/view/573/399

Ma’ruf, M., Handayani, Y., Marisda, D. H., & Riskawati, R. (2020). The needs analysis of basic physics learning devices based on hybrid learning. Journal of Physics: Conference Series, 1422(012029), 1–5. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1422/1/012029

Ma’ruf, M., Marisda, D. H., & Handayani, Y. (2019). The basic physical program based on education model online assisted by alfa media to increase creative thinking skills. Journal of Physics: Conference Series, 1157(032068), 1–5. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1157/3/032068

Marisda, D. H. (2016). Pengembangan Modul Fisika Kesehatan Materi Getaran, Gelombang, dan Bunyi melalui Model Pembelajaran Langsung di SMK Kesehatan Terpadu Mega Rezky Makassar. Jurnal Pendidikan Fisika Universitas Muhammadiyah Makassar, 4(3), 267–275. https://journal.unismuh.ac.id/index.php/jpf/article/view/325

Marisda, D. H. (2018). Peningkatan Aktivitas dan Ketuntasan Belajar Fisika Peserta DidikKelas XI Keperawatan Medis melalui Model Pembelajaran Langsung Berbantukan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Fisika Kesehatan. Jurnal Pendidikan Fisika Universitas Muhammadiyah Makassar, 6(2), 153–165. https://journal.unismuh.ac.id/index.php/jpf/article/view/1294/1155

Marisda, D. H. (2019). The Effect of Task-Based Collaborative Learning on Students’ Mathematical Physics Learning Outcomes at Universitas Muhammadiyah Makassar. Jurnal Pendidikan Fisika, 7(2), 140–150. https://doi.org/10.26618/jpf.v7i2.2038

Marisda, D. H., & Handayani, Y. (2020). Model Pembelajaran Kolaboratif Berbasis Tugas Sebagai Alternatif Pembelajaran Fisika Matematika. 2, 9–12.

Marisda, D. H., Rahmawati, & Andriani, A. A. (2020). Respon Dosen dan Mahasiswa Terhadap Penggunaan Media Pembelajaran Multimedia Interaktif Macromedia Flash. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi (JPFT)2, 6(1), 25–30. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.29303/jpft.v6i1.1463

Marlinda, N. L. P. M. (2012). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN KINERJA ILMIAH SISWA.

Putri, G. A. M., Rati, N. W., & Mahadewi, L. P. P. (2019). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK TERHADAP HASIL BELAJAR IPA. Journal of Education Technology, 3(2).

Riskawati, & Marisda, D. H. (2020). The Effectiveness of Experimental Method in Teaching Motion Topic at Senior High School Level. Jurnal Pendidikan Fisika Universitas Muhammadiyah Makassar, 8(1), 33–42. https://doi.org/10.26618/jpf.v8i1.3004

Saregar, A., Marlina, A., & Kholid, I. (2017). Efektivitas Model Pembelajaran ARIAS ditinjau dari Sikap Ilmiah: Dampak terhadap Pemahaman Konsep Fluida Statis. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 6(2), 255. https://doi.org/10.24042/jipfalbiruni.v6i2.2181

Sastrika, I. A. K., Sadia, I. W., & Muderawan, I. W. (2013). Pengaruh model pembelajaran berbasis proyek terhadap pemahaman konsep kimia dan keterampilan berpikir kritis. E-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha, 3(2), 194–204.

Published
2021-09-17
How to Cite
Handayani, I., & Marisda, D. H. (2021). IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK TERHADAP SIKAP ILMIAH PADA MATERI KINEMATIKA GERAK LURUS. JPF (Jurnal Pendidikan Fisika) Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, 9(2), 111-119. https://doi.org/10.24252/jpf.v9i2.14582
Section
Volume 9 No 2. september 2021
Abstract viewed = 292 times