ANALYSIS OF STUDENT RESPONSE TO BALANCE PRACTICE USING PHET SIMULATION APPLICATION
Abstract
Penelitian tentang analisis respon mahasiswa jurusan teknik mesin angkatan 2020 Politeknik Negeri Bandung terhadap penggunaan aplikasi Phet Simulation pada praktikum keseimbangan telah dilakukan. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisa respon penerimaan mahasiswa dan menguji kebermanfaatan aplikasi Phet Simulation pada praktikum keseimbangan mata kuliah fisika terapan. Jenis penelitian yang dilakukan merupakan penelitian pengembangan. Adapun metode yang digunakan diantaranya studi pengembangan modul praktikum momen gaya dan keseimbangan, pembuatan modul disertai video pengantar petunjuk praktikum, pengujian modul oleh mahasiswa, dan survey respon mahasiswa menggunakan kuisioner. Survey yang dilakukan terdiri dari survey pilihan persetujuan dan survey tanggapan verbal tertulis. Berdasarkan hasil survey dapat disimpulkan 82,8% mahasiswa jurusan Teknik Mesin Politeknik Negeri Bandung menerima dan merasakan manfaat penggunaan aplikasi Phet Simulation pada kegiatan perkuliahan praktikum keseimbangan mata kuliah fisika terapan.
Downloads
References
Defianti, A., Hamdani, D., & Syarkowi, A. (2020). Penerapan Metode Praktikum Virtual Berbasis Simulasi Phet Berbantuan Guided-Inquiry Module Untuk Meningkatkan Pengetahuan Konten Fisika. Jurnal Pendidikan Fisika Undiksha, 11(1), 47–55.
Halliday, D., Resnick, R., & Walker, J. (2011). Fundamentals of Physics (9th ed.). John Wiley and Sons, Inc.
Karanggulimu, L., Sudjito, D. N., & Noviandini, D. (2019). Tentang Gerak Parabola Menggunakan Simulasi PhET ” Projectile Motion”. 216–226.
Khofifatul Rasyidah, Supeno, M. (2018). Pengaruh Guided Inquiry Berbantuan PhET Simulations Terhadap Hasil Belajar Siswa SMA Pada Pokok Bahasan Usaha dan Energi. Jurnal Pembelajaran Fisika, 7(2), 129–134.
Mirdayanti, R. (2017). Kajian Penggunaan Laboratorium Virtual Berbasis Simulasi Sebagai Upaya Mengatasi Ketidaksediaan Laboratorium. Jurnal Visipena, 8(2).
Nisbayanti, Novianti, A., & Rahmadani, N. A. (2020). Harmonik Sederhana Pada Siswa Sma the Impact of the Use of Phet Media and Practical Tools To the Understanding of the Concept of Simple. Jurnal Nalar Pendidikan, 8(1), 29–36.
Nurulhidayah, M. R., Lubis, P. H. M., & Ali, M. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Menggunakan Media Simulasi PhET Terhadap Pemahaman Konsep Fisika Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika, 8(1), 95. https://doi.org/10.24127/jpf.v8i1.2461
Rivo Alfarizi, Rifa, M. R., & Fajar, D. M. (2020). Analisis Kemenarikan Media Pembelajaran Phet Berbasis Virtual Lab Pada Materi Listrik Statis Selama Perkuliahan Daring Ditinjau dari Perspektif Mahasiswa. Vektor Jurnal Pendidikan IPA, 1(1), 19–28.
Saregar, A. (2016). Pembelajaran Pengantar Fisika Kuantum dengan Memanfaatkan Media Phet Simulation dan LKM Melalui Pendekatan Saintifik: Dampak pada Minat dan Penguasaan Konsep Mahasiswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 5(1), 53. https://doi.org/10.24042/jpifalbiruni.v5i1.105
Ulfah, R. Y., Yuliani, H., & Nastiti, L. R. (2020). Kendala Mahasiswa Dalam Menggunakan Simulasi Virtual Phet Pada Pembelajaran Praktikum Gelombang Selama Pandemi. Seminar Nasional Pendidikan Fisika VI 2020, 1–8.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.