STUDENT RESPONSE TO THE EFFECTIVENESS OF SIMPLE PROPS AS A PHYSICS LEARNING MEDIA IN CHARLES LAW MATERIALS AT SMA UNGGULAN BPPT DARUS SHOLAH JEMBER

  • Ayu Sulistiyowati Universitas Jember
    (ID)
  • I Ketut Mahardika Universitas Jember
    (ID)
  • Subiki Subiki Universitas Jember
    (ID)
  • Siti Nur Afitah Universitas Jember
    (ID)
  • Lailiyatul Mukarromah Universitas Jember
    (ID)
  • Tia Dwi Riskiyanti Universitas Jember
    (ID)
Kata Kunci: student response, Charles’ law props, physics learning media

Abstrak

Respon siswa terhadap  efektivitas alat peraga sederhana sebagai media pembelajaran fisika pada materi hukum Charles di SMA Unggulan BPPT Darus Sholah Jember bertujuan untuk mengetahui pendapat siswa terkait alat peraga yang digunakan di kelas. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif statistik. Instrumen penelitian ini menggunakan angket tertutup. Subjek penelitian yakni siswi kelas XI IPA SMA Unggulan BPPT Darus Sholah Jember yang berjumlah 21 siswi. Teknik analisa data dengan uji validitas dan reabilitas. Berdasarkan hasil uji validitas yang telah dilakukan, data sebanyak 10 pertanyaan dinyatakan valid dan uji reabilitas sebesar 0,875 dinyatakan reliabel. Hasil rata-rata persentase efektivitas dari keseluruhan pernyataan berjumlah 89,037 % tergolong sangat efektif. Artinya alat peraga sederhana pada materi hukum charles sangat efektif sebagai media pembelajaran fisika.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

Referensi

Arini, W., & Lovisia, E. (2019). Respon Siswa Terhadap Media Pembelajaran Alat Pirolisis Sampah Plastik Berbasis Lingkungan Di Smp Kabupaten Musi Rawas. Thabiea : Journal of Natural Science Teaching, 2(2), 95–104. https://doi.org/10.21043/thabiea.v2i2.5950
Astuti, I. A. D., Sumarni, R. A., & Saraswati, D. L. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Mobile Learning berbasis Android. Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika, 3(1), 57. https://doi.org/10.21009/1.03108
Atapukang, N. (2016). Kreatif Membelajarkan Pembelajar Dengan Menggunakan Media Pembelajaran yang Tepat Sebagai Solusi Dalam Berkomunikasi. Ejournal Undiksha, 17(2), 45–52.
Ihsan, H. (2016). Validitas Isi Alat Ukur Penelitian Konsep Dan Panduan Penilaiannya. PEDAGOGIA Jurnal Ilmu Pendidikan, 13(2), 266. https://doi.org/10.17509/pedagogia.v13i2.3557
Muldiani, R. F., & Hadiningrum, K. (2019). Optimasi Alat Praktikum Termodinamika Hukum Charles Gay-Lussac Untuk Mahasiswa Rekayasa Politeknik Negeri Bandung. Prosiding SNFA (Seminar Nasional Fisika Dan Aplikasinya), 3, 237. https://doi.org/10.20961/prosidingsnfa.v3i0.28554
Patkur, M., & Wibowo, T. (2013). Pengembangan Modul Pembelajaran Autocad Untuk Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran Siswa Kelas X Tpm Di Smkn 1 Sidoarjo. Jurnal Pendidikan Teknik Mesin, 1(03), 86–96.
Pranata, E. (2016). Implementasi Model Pembelajaran Group Investigation (GI) Berbantuan Alat Peraga Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika. JPMI (Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia), 1(1), 34. https://doi.org/10.26737/jpmi.v1i1.80
Sigarlaki, A. M., Kolibu, H. S., & Suoth, V. A. (2015). Pemodelan Kontrol Suhu, Tekanan, Dan Laju Aliran Uap Pada Kondensor Dengan Menggunakan Kontrol Logika Fuzzy. Jurnal Ilmiah Sains, 15(1), 1. https://doi.org/10.35799/jis.15.1.2015.6765
Suliyati, S., Mujasam, M., Yusuf, I., & Widyaningsih, S. W. (2018). Penerapan Model Pbl Menggunakan Alat Peraga Sederhana Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik. Curricula, 3(1), 11–22. https://doi.org/10.22216/jcc.2018.v3i1.2100
Teni Nurrita. (2018). Kata Kunci :Pengembangan media pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Jurnal Misykat, 03(01), 171.
Diterbitkan
2022-06-14
Bagian
Articles
Abstrak viewed = 357 times