Hubungan Antara Kecemasan dan Kesulitan Belajar Fisika Dengan Hasil Belajar Fisika Siswa SMA Negeri 1 Duapitue Kabupaten Sidrap
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan dan menginterpretasikan hubungan kecemasan dan kesulitan belajar fisika dengan hasil belajar fisika siswa SMA Negeri 1 Duapitue Kabupaten Sidrap. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apakah terdapat hubungan yang signifikan antara Kecemasan dan Kesulitan Belajar fisika dengan Hasil Belajar fisika siswa SMA Negeri 1 Duapitue Kabupaten Sidrap. Adapun sampel menggunakan teknik Proportional Stratified Random Sampling dengan wawancara, angket, dan dokumentasi sebagai instrumen penelitian. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis deskriptif diperoleh skor rata-rata kecemasan siswa dan kesulitan belajar fisika siswa adalah masing-masing berada pada kategori sedang. Serta skor rata-rata hasil belajar fisika siswa berada pada kategori kurang. Adapun hasil analisis inferensial menunjukkan nilai Fhitung lebih besar dari Ftabel maka Ha diterima. Manfaat dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui hubungan antara kecemasan dan kesulitan belajar fisika dengan hasil belajar fisika
Downloads
References
Abdurrahman, Mulyono. 2003. Pendidikan bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Ahmadi, Abu & Widodo Supriyono. 1991. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Arikunto, Suharsimi. 2009. Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
Departemen Agama RI. 2010. Al-Quran dan Terjemahnya. Jakarta: Darusunnah.
Djamarah, Syaiful Bahri. 2011. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Djiwandono, Sri Esti Wuryani. 2006. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Gramedia Widiasarana Indonesia.
Feist, Jeass. 2010. Teori Kepribadian Edisi 7. Jakarta: Salemba Humanika.
Freud, Sigmund. 2002. Psikoanalisis. Yogyakarta: Ikon Teralitera.
Nasution, S. M.A. 2006. Metode Research. Jakarta: Bumi Aksara.
Nurjan, Syarifan. 2009. Psikologi Belajar Edisi pertama. Surabaya: Amanah Pustaka.
Semiun, Yustinus, OFM. 2006. Teori kepribadian & Teori Psikoanalitik.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.