ANALISIS KESULITAN BELAJAR FISIKA PADA PESERTA DIDIK DALAM MEMAHAMI KONSEP TEKANAN ZAT

Bahasa Indonesia

  • Askaria Tanjungpura University
    (ID)
  • Stepanus Sahala Sitompul Universitas Tanjungpura
    (ID)
  • Firdaus Firdaus Universitas Tanjungpura
    (ID)
Kata Kunci: kesulitan belajar, pemahaman konsep, four tier diagnostic test, tekanan zat cair

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesulitan belajar fisika peserta didik dalam memahami konsep tekanan zat di SMP Negeri 4 Sungai Raya. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif berbentuk penelitian survei dengan metode deskriptif sederhana dengan jumlah sampel sebanyak 31 peserta didik. Instrumen yang digunakan berupa four tier diagnostic test berjumlah 6 soal. Data hasil tes kemudian dianalisis untuk menghitung persentase kesulitan belajar fisika yang dialami peserta didik dalam memahami konsep tekanan zat cair, menghitung persentase masing-masing kategori pemahaman konsep, dan mengetahui apa saja kesulitan belajar pada setiap soal. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan persentase peserta didik yang paham konsep lebih rendah 9,14% dibandingkan dengan peserta didik yang miskonsepsi 54,94% dan tidak paham konsep 36,02%. Berdasarkan data analisis disimpulkan bahwa masih tingginya persentase kesulitan belajar yang dialami peserta didik. Apa saja kesulitan belajar peserta didik dapat diketahui dari masing-masing indikator pemahaman konsep. Penelitian ini diharapkan dapat digunakan sebagai bahan pertimbangan untuk penelitian selanjutnya.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

Referensi

Adi, A. S., & Rusilowati, A. (2018). Unnes Physics Education Journal. 7(1), 1–6.
Alawiyah, H., Muldayanti, N. D., & Setiadi, A. E. (2016). Analisis Kesulitan Belajar Siswa dalam Memahami Materi Invertebrata di Kelas X MAN 2 Pontianak. Jurnal Prodi Biologi, 3(2), 9–20.
Amaliyah, A., & Rahmat, A. (2021). Pengembangan Potensi Diri Peserta Didik melalui Proses Pendidikan. Journal of Elementary Education, 5(1), 28–45.
Andriani, D. W., Munawaroh, F., Qomaria, N., & Ahied, M. (2021). Profil Miskonsepsi Peserta Didik Berbasis Taksonomi Bloom Revisi pada Materi IPA Konsep Tekanan Zat. Jurnal Natural Science Educational Research, 4(1), 19–27.
Azhar. (2008). Pendidikan Fisika dan Keterkaitannya dengan Laboratorium. Jurnal Geliga Sains, 2(1), 7–12.
Fariyani, Q. (2015). Pengembangan Four Tier Diagnostic Test untuk Mengungkap Miskonsepsi Fisika Siswa SMA Kelas X. Journal of Innovative Science Education, 4(2), 41–49.
Halliday, D., Resnick, R., & Walker, J. (2010). Fisika Dasar Jilid 1 (7th ed.). Erlangga.
Haqiqi, A. K. (2018). ANALISIS FAKTOR PENYEBAB KESULITAN BELAJAR IPA SISWA SMP KOTA SEMARANG. EduSains: Jurnal Pendidikan Sains & Matematika, 6(1), 37–43.
Ismail. (2016). Diagnosis Kesulitan Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Aktif di Sekolah. Jurnal Edukasi, 2, 30–43.
Jamaris, M. (2014). Kesulitan Belajar. Ghalia Indonesia.
Maesaroh, U. (2021). Pengaruh Penggunaan Media Komik terhadap Pemahaman Konsep Siswa pada Mata Pelajaran IPA Materi Gaya kelas IV MIS Al-Huda Margalangu. Universitas Islam Negeri Walisongo.
Munson, B. R., Young, D. F., & Okiishi, T. H. (2004). Mekanika Fluida Jilid 1 (4th ed.). Erlangga.
Nisa, M., Munawaroh, F., Yasir, M., & Retno, Y. (2022). ANALISIS MISKONSEPSI SISWA PADA KONSEP TEKANAN ZAT DI KELAS VIII SMP NEGERI 2 BANGKALAN. 4(3), 183–192.
Nuraeni, & Syihabuddin, S. A. (2020). Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa dengan Pendekatan Kognitif. Jurnal BELAINDIKA, 01(01), 19–30.
Nurhikmah, Atmowardoyo, H., Sujarwo, & Akhiruddin. (2019). Belajar dan Pembelajaran (Jalal (ed.); 1st ed.). CV. Cahaya Bintang Cemerlang.
Rizkiyati, A. B. (2018). Identifikasi Pemahaman Konsep Siswa SMKN 5 Jember pada Pokok Bahasan Fluida Statis menggunakan Tes Diagnostik Four Tier Test (FTT). Universitas Jember.
Rosada, U. D. (2016). Diagnosis of Learning Difficulties and Guidance Learning Services to Slow Learner Student. Guidena Journal, 6(1), 61–69.
Safitri, R. N., Basith, A., & Setyowati, R. (2022). Kesulitan Belajar Siswa Pada Pembelajaran Tatap Muka Terbatas. Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 7(2), 65–68.
Serway, R. A., & Jewett, J. W. (2009). Fisika untuk Sains dan Teknik. Penerbit Erlangga.
Suryani, I., & Muliyani, R. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Heuristic Vee Terhadap Peningkatan Pemahaman Konsep Siswa pada Materi Fluida Statis. Journal of Natural Science and Integration, 2(2), 173–180.
Sutrisno, L. (2015). Ilmu Pengetahuan, Penelitian, dan Penelitian Pendidikan MIPA. FKIP Untan.
Thobroni, M. (2015). Belajar dan Pembelajaran: Teori dan Praktik (1st ed.). Ar-Ruzz Media.
Diterbitkan
2022-09-15
Bagian
Articles
Abstrak viewed = 771 times