EFEKTIVITAS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT FASILITATOR AND EXPLAINING MENGGUNAKAN MEDIA CONCEPT MAP TERHADAP PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP
Abstract
Penelitian ini bertujuan (1) Untuk mengetahui gambaran peningkatan pemahaman konsep siswa kelasX SMA Negeri 1 Walenrang yang diajar menggunakan model pembelajaran Student Fasilitator and
Explaining (2) Untuk mengetahui gambaran peningkatan pemahaman konsep siswa kelas X SMA
Negeri 1 Walenrang yang diajar tanpa menggunakan model student fasilitator and explaining (3)
Untuk mengetahui model pembelajaran Student Fasilitator and Explaining efektif untuk
meningkatkan pemahaman konsep fisika siswa dari pada siswa yang tidak diajar dengan model
pembelajaran Student Fasilitator and Explaining kelas X SMA Negeri 1 Walenrang. Penelitian ini
merupakan jenis penelitian Quasi Experimental Design dengan menggunakan desain penelitian pretestposttest
control group design. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan
analisis statistik inferensial. Berdasarkan hasil analisis statistik inferensial diperoleh Dhitung = 0,56 , dapat disimpulkan bahwa
penerapan Model pembelajaran Student Fasilitator and Explaining dengan Menggunakan Media
Concept Map efektif untuk meningkatkan pemahaman konsep fisika siswa daripada siswa yang tidak
diajar dengan model pembelajaran Student Fasilitator and Explaining dengan Menggunakan Media
Concept Siswa Kelas X SMAN 1 Walenrang
Downloads
Download data is not yet available.
References
Arikunto, Suharsimi.2013 Dasar-Dasar
Evaluasi Pendidikan. Cet; III: Jakarta:
Bumi Aksara.
Arsyad, Azhar. 2014. Media Pembelajaran.
Jakarta: Rajawali Pers.
Arif Tiro. 2008. Dasar-Dasar
Statistik.Makassar. Andira Publisher
Bloom, B. S. 1956. Taxonomy of Educational
Objectives: The Classification of
Educational Goals. New York: McKay.
Published
2016-09-01
How to Cite
Ririn, R., Mania, S., & Jafar, A. F. (2016). EFEKTIVITAS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT FASILITATOR AND EXPLAINING MENGGUNAKAN MEDIA CONCEPT MAP TERHADAP PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP. JPF (Jurnal Pendidikan Fisika) Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, 4(2), 71-74. https://doi.org/10.24252/jpf.v4i2.3707
Section
Volume 4 Nomor 2, 2016
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.