EFEKTIVITAS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT FASILITATOR AND EXPLAINING MENGGUNAKAN MEDIA CONCEPT MAP TERHADAP PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP

  • Ririn Ririn
  • Siti Mania
  • A. Ferawati Jafar

Abstract

Penelitian ini bertujuan (1) Untuk mengetahui gambaran peningkatan pemahaman konsep siswa kelas
X SMA Negeri 1 Walenrang yang diajar menggunakan model pembelajaran Student Fasilitator and
Explaining (2) Untuk mengetahui gambaran peningkatan pemahaman konsep siswa kelas X SMA
Negeri 1 Walenrang yang diajar tanpa menggunakan model student fasilitator and explaining (3)
Untuk mengetahui model pembelajaran Student Fasilitator and Explaining efektif untuk
meningkatkan pemahaman konsep fisika siswa dari pada siswa yang tidak diajar dengan model
pembelajaran Student Fasilitator and Explaining kelas X SMA Negeri 1 Walenrang. Penelitian ini
merupakan jenis penelitian Quasi Experimental Design dengan menggunakan desain penelitian pretestposttest
control group design. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan
analisis statistik inferensial. Berdasarkan hasil analisis statistik inferensial diperoleh Dhitung = 0,56 , dapat disimpulkan bahwa
penerapan Model pembelajaran Student Fasilitator and Explaining dengan Menggunakan Media
Concept Map efektif untuk meningkatkan pemahaman konsep fisika siswa daripada siswa yang tidak
diajar dengan model pembelajaran Student Fasilitator and Explaining dengan Menggunakan Media
Concept Siswa Kelas X SMAN 1 Walenrang

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, Suharsimi.2013 Dasar-Dasar

Evaluasi Pendidikan. Cet; III: Jakarta:

Bumi Aksara.

Arsyad, Azhar. 2014. Media Pembelajaran.

Jakarta: Rajawali Pers.

Arif Tiro. 2008. Dasar-Dasar

Statistik.Makassar. Andira Publisher

Bloom, B. S. 1956. Taxonomy of Educational

Objectives: The Classification of

Educational Goals. New York: McKay.

Published
2016-09-01
How to Cite
Ririn, R., Mania, S., & Jafar, A. F. (2016). EFEKTIVITAS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT FASILITATOR AND EXPLAINING MENGGUNAKAN MEDIA CONCEPT MAP TERHADAP PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP. JPF (Jurnal Pendidikan Fisika) Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, 4(2), 71-74. https://doi.org/10.24252/jpf.v4i2.3707
Section
Volume 4 Nomor 2, 2016
Abstract viewed = 168 times

Most read articles by the same author(s)