MODEL PELATIHAN DALAM PERBAIKAN KINERJA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA SEKOLAH MENENGAH ATAS DI KOTA JAYAPURA

  • Marwan Sileuw
  • Syahruddin Usman
  • Siti Mania
  • Muhammad Khalifah Mustamin

Abstract

Penelitian ini mengelaborasi tentang model pelatihan dalam perbaikan kinerja guru Pendidikan Agama Islam pada Sekolah Menengah Atas (SMA) di Kota Jayapura dengan variabel perencanaan pelatihan, Jenis Kegiatan Pelaksanaan pelatihan, Metode pelatihan, materi pelatihan, penentuan instruktur, Jadwal pelatihan, Sarana Pelatihan, Peserta Pelatihan dan Evaluasi pelatihan. Jenis penelitian ini tergolong penelitian kualitatif. Pendekatannya adalah fenomenologis. Sumber data dalam penelitian ini adalah Kepala Balai Diklat, Widyaiswara BDK, Staf BDK, Ketua MGMP, Sekertaris MGMP, Guru PAI, Kepala Sekolah. Metode Pengumpulan data digunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik pengolahan dan analisis datanya menggunakan yang disarankan oleh Miles dan Humberman yakni reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model Pelatihan yang di lakukan dalam perbaikan kinerja guru Pendidikan Agama Islam (PAI) Sekolah Menengah Atas (SMA) di Kota Jayapura yang oleh Balai Pendidikan dan Pelatihan Keagamaan (BDK) Propinsi Papua,  Kementerian Agama Propinsi Papua adalah mengarah kepada model klasik, yakni model yang dilakukan dengan memenuhi aspek perencanaan, teknik pelaksanaan, metode, pelatihan, materi pelatihan, Instruktur pelatihan, Penjadwalan, peserta pelatihan, dan evaluasi pelatihan.

References

Apollo Lestari, Undang-Undang Dasar Republik Indonesia (UUD’45) yang diamandemenkan dengan penjelasannya beserta susunan Kabinet Indonesia Bersatu II 45 Butir-butir Pancasila Surabaya: Apollo Lestari, 2009.

Badan Litbang Agama dan Diklat Keagamaan dan pengembangan Metodologi Diklat Tenaga Teknis Keagamaan Jakarta: Pusdiklat tenaga Teknis Keagamaan, 2003.

Darmadi, Hamid, Kemampuan Dasar Mengajar: Landasan Konsep dan Implementasi, Bandung: Alfabeta, 2010.

Departemen Agama RI, Undang-Undang dan Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Tantang Pendidikan, Direktora Jenderal Pendidikan Islam Departemen Agama Republik Indonesia, 2006.

Fathurrohman, Pupuh dan M. Sobry Sutikno, Strategi Belajar Mengajar Melalui Penanaman Konsep Umum dan Konsep Islami, Bandung: Refika, 2010.

Hamdayaningrat, Soewarno, Pengantar Studi Ilmu Administrasi dan Management.

Herminto, Agustinus, Asesmen Kebutuhan Organisasi Persekolahan: Tinjauan Perilaku Organisasi Menuju Comprehensive Multilevel Planning Jakarta: Gramedia, 2013.

https: Parkinerja.com, diakses, Makasar, 27 September 2019.

Kisdarto, Menuju SDM Berdaya, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2002.

Mangkunegara, A.A. Anwar Prabu, Perancanaan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Jakarta: Refika Aditama, 2011

Musfah, Jejen, Peningkatan Kompetensi Guru Melalui Pelatihan dan Sumber Belajar: Teori dan Praktik, Jakarta: Prenadamedia Group, 2015

Mustami, Muhammad Khalifah, Jurnal Internasional Lentera Pendidikan, Vol. 12 No 2, Desember 2009.

Mustofa Kamil, Kamilunkamil blogspot.com, diakses Sabtu, 1 Desember 2018

Salam, Burhanuddin, Pengantar Pedagogik: Dasar-dasar Ilmu Mendidik, Jakarta: Rineka Cipta, 1997.

Saondi, Ondi dan Aris Hermawan, Etika Profesi Keguruan, Bandung: Refika Aditama, 2010.

Sarbini, Neneng Lina, Perencanaan Pendidikan, Bandung: Pustaka Setia, 2011.

Terry, George R., Prinsip-Prinsip Manajemen, Jakarta. Bumi Aksara.2012.

Zainal, Vietzhal Rivai, Manajemen Sumber Daya Manusia Untuk Perusahaan, Jakarta: Rajawali Press, 2015.

Published
2020-03-02
How to Cite
Sileuw, M., Usman, S., Mania, S., & Mustamin, M. K. (2020). MODEL PELATIHAN DALAM PERBAIKAN KINERJA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA SEKOLAH MENENGAH ATAS DI KOTA JAYAPURA. Jurnal Diskursus Islam, 7(3), 480-501. https://doi.org/10.24252/jdi.v7i3.12530
Section
Artikel
Abstract viewed = 305 times