Efektivitas Metode Gasing Terhadap Pemahaman Konsep Materi Energi dan Perubahannyapeserta Didik SMP Negeri 4 Satap Batumenteng
Abstract
Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk memperoleh informasi efektifitas menggunakan penerapan metode Gasing (gampang, asyik, dan menyenangkan)dalam proses pembelajaran Fisika khususnya pada materi energi dan perubahannyadilihat dari aktivitas peserta didik kelas VIII di SMP Negeri 4 SATAP Batumenteng dan untuk memperoleh informasi pemahaman konsep Fisika pada materi energi dan perubahannya dengan menggunakan penerapan metode Gasing (Gampang, Asyik, dan menyenangkan) berdasarkan ketuntasan pemahaman konsep peserta didik kelas VIIIdi SMP Negeri 4 SATAP Batumenteng.Penelitian ini termasuk penelitian pre-eksperimental designs yaitu One-Shot Case Study, dimana perlakuan diberikan pada satu kelompok eksperimen tanpa kelompok kontrol. Dimana dalam desain penelitian ini terdapat suatu kelompok diberi treatment (perlakuan) dan selanjutnya diobservasi hasilnya. Tahap pengolahan data yang dilakukan adalah melakukan pengolahan data terhadap data yang diperoleh dari hasil penelitian dengan menggunakan perhitungan statistik deskripsi melalui penggunaan tes hasil belajar serta lembar aktivitas peserta didik. Dari hasil penelitian disimpulkan bahwa metode Gasing dapat diimplementasikan sebagai metode pembelajaran bagi peserta didik kelas VIIIdi SMP Negeri 4 SATAP Batumenteng pada mata pelajaran IPA fisika lebih kecil dari KKM.
Downloads
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.