Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Software Macromedia Flash 8 dan Power Point Pada Materi Pokok Asam Basa

  • Sakinah Zubair

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan media pembelajaran yang dilakukan di Pesantren/Madrasah Aliyah Madani Pao-Pao Gowa. Penelitian ini bertujuan untuk: (i) mengetahui proses pengembangan media pembelajaran; (ii) mengetahui kualitas media pembelajaran yang meliputi kevalidan, keefektifan, dan kepraktisan. Langkah-langkah yang dilakukan yaitu; (i) Menuliskan tujuan pembelajaran umum berupa SK/KD; (ii) Melakukan analisis instruksional; (iii) Mengidentifikasi tingkah laku awal/karakteristik siswa kelas XI IPA; (iv) Merumuskan tujuan instruksional khusus; (v) Menyusun tes acuan patokan; (vi) Menyusun strategi pembelajaran; (vii) Mengembangkan media pembelajaran dengan menggunakan aplikasi macromedia flash dan power point; (viii) Merancang dan melaksanakan evaluasi formatif berupa validasi media; (ix) Melakukan revisi; (x) Melakukan ujicoba. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (i) Proses pengembangan media pembelajaran meliputi beberapa tahap, yaitu: tahap identifikasi, tahap pengembangan media, dan tahap uji coba dan evaluasi; (ii) Kriteria perangkat pembelajaran yang dicapai yaitu: (1) valid berdasarkan penilaian validator, (2) praktis berdasarkan kemampuan guru mengelola pembelajaran berada dalam kategori tinggi dan respon siswa, dan (3) efektif berdasarkan ketuntasan klasikal telah tercapai dimana sebesar 85% siswa mengalami ketuntasan dan aktivitas siswa dan guru sudah terlaksana.  

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ishak. 2009. Desain Pengembangan Pembelajaran Berbasis TIK pada Mata Kuliah Aplikasi Komputer. Tesis. PPs UNM.

Yamasari, Y. 2010. “Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis ICT yang Berkualitas.”Disajikan pada Seminar Nasional Pascasarjana X-ITS. Surabaya 4 Agustus 2010. Online. ISBN No. 979-545-0270-1. (http://www.snps.its.ac.id/.../Pengembangan%20Media%20Pembelajaran%20Matematika20%Berbasis20%ICT20%yang20%Berkualitas. pdf). Diakses 26 Oktober 2010.

Published
2015-09-01
How to Cite
Zubair, S. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Software Macromedia Flash 8 dan Power Point Pada Materi Pokok Asam Basa. JPF (Jurnal Pendidikan Fisika) Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, 3(2), 130-136. https://doi.org/10.24252/jpf.v3i2.3733
Section
Volume 3 Nomor 2, 2015
Abstract viewed = 790 times