PERBANDINGAN PERILAKU SOSIAL MELALUI MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION DAN THINK PAIR SHARE SISWA MATA PELAJARAN FISIKA KELAS X SMA NEGERI 1 SOROMANDI KAB. BIMA

  • Rika Rahim

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran perilaku sosial dengan menggunakan model pembelajaran group investigation dan model pembelajaran think pair share pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Soromandi Kab. Bima, sekaligus untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan perilkaku sosial dengan menggunakan model pembelajaran group investigation dan think pair share siswa kelas X SMA Negeri 1 Soromandi Kab. Bima. Penentuan sampel purposive sampling. Instrumen penelitian yang digunakan adalah angket berupa skala likert dan lembar observasi sebagai pendukung penelitian. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan inferensial yaitu uji t. Hasil penelitian analisis deskriptif diperoleh gambaran perilaku sosial siswa dengan menggunakan model pembelajaran group investigation masuk kategori tinggi dengan rata-rata 84,5, dan gambaran perilaku sosial siswa dengan menggunakan model pembelajaran think pair share juga masuk dalam kategori tinggi dengan rata-rata 82,8. Sedangkan hasil inferensial yaitu thitunh ˃ ttabel sehingga Terdapat perbedaan perilaku sosial dengan menggunakan model pembelajaran group investigation dan model pembelajaran think pair and share siswa kelas X SMA Negeri 1 Soromandi

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aunurrahman. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Cet III. Bandung: Alfabeta.

Hasbullah. 1996. Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada

http://jurnalbidandiah.blogspot.com/2012/04/model-pembelajaran-tipe-think-pair dan model-pembelajaran-group-investigation.html

Nurochim, 2013. perencanaan pembelajaran ilmu-ilmu social. Jakarta : PT Raja Grafindo.

Rusman. 2013. Model-model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta. Grafindo Persada

Trianto, 2009. Mendesain model pembelajaran inovatif-progresif. Jakarta : Kencana

Yaumi Muhammad, 2013. Prinsip-prinsip desain pembelajaran. Jakarta : kencana

Undang-undang Sisdiknas. 2011. Sistem pendidikan nasional; Jakatra: Sinar Grafik

Published
2015-09-01
How to Cite
Rahim, R. (2015). PERBANDINGAN PERILAKU SOSIAL MELALUI MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION DAN THINK PAIR SHARE SISWA MATA PELAJARAN FISIKA KELAS X SMA NEGERI 1 SOROMANDI KAB. BIMA. JPF (Jurnal Pendidikan Fisika) Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, 3(2), 162-167. https://doi.org/10.24252/jpf.v3i2.3738
Section
Volume 3 Nomor 2, 2015
Abstract viewed = 186 times