Kepraktisan e-Modul Fisika Berbasis Discovery Learning Berbantuan Aplikasi 3D Pageflip Professional pada Materi Gelombang Berjalan dan Gelombang Stasioner

  • Reno Ali Afan Universitas PGRI Silampari
    (ID)
  • Ovilia Putri Utami Gumay Universitas PGRI Silampari
    (ID)
  • Endang Lovisia Universitas PGRI Silampari
    (ID)
Kata Kunci: E-Modul Fisika, Penelitian Pengembangan, Discovery Learning, 3D PageFlip Professional

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan E-Modul fisika berbasis Discovery Learning berbantuan aplikasi 3D PageFlip Professional pada materi gelombang berjalan dan gelombang stasioner yang praktis. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan R&D (Research and Development) dengan menggunakan model pengembangan 4D yang terdiri dari Define, Design, Development, dan Disseminate. Pada tahap pengembangan (Development) terdapat uji kepraktisan dan subjek penelitian adalah guru fisika dan siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan angket yang disebarkan pada saat uji kepraktisan. Hasil uji  kepraktisan yang diperoleh yaitu sebesar 92% untuk uji coba kepraktisan guru fisika dengan kriteria sangat praktis, diperoleh skor kepraktisan sebesar 87% untuk uji coba kepraktisan kelompok terbatas dengan kriteria sangat praktis, dan diperoleh skor kepraktisan sebesar 83% untuk uji coba kelompok besar dengan kriteria sangat praktis. Sehingga dapat disimpulkan bahwa E-Modul fisika berbasis Discovery Learning berbantuan aplikasi 3D PageFlip Professional pada materi gelombang berjalan dan gelombang stasioner melalui uji kepraktisan menggunakan instrumen angket penilaian uji kepraktisan yang sudah dilakukan, telah memenuhi kriteria sangat praktis sehingga layak digunakan kepada siswa didalam kegiatan pembelajaran. 

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

Referensi

O. P. U. Gumay, E. Kodarsih, and B. Mulyanto, “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (Stad) Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas X SMA Negeri 2 Muara Beliti Tahun Pelajaran 2015/2016,” Semin. Nas. Fis., vol. V, pp. 39–44, 2016.

E. Viola, S. Sulandjari, and D. K. Suwardiah, “Pengembangan media pembelajaran E-modul berbasis GlideApp pada kompetensi dasar metode dasar pengelolaan makanan kelas X Tataboga 2 SMKN 3 Kediri,” J. Tata Boga, vol. 10, no. 3, pp. 474–482, 2021.

R. N. P. Harahap, “Pengembangan E – Modul Sebagai Bahan Ajar Alternatif Siswa Pada Materi Himpunan di SMP Muhammadiyah 8 Medan,” EduMatika J. MIPA, vol. 1, no. 1, pp. 17–21, 2021.

Apriyani, Nadia, T. Ariani, and W. Arini, “Pengembangan Modul Fisika Berbasis Discovery Learning pada Materi Fluida Statis Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Lubuklinggau Tahun Pelajaran 2019/2020,” Silampari J. Pendidik. Ilmu Fis., vol. 2, no. 1, pp. 41–54, 2020.

M. Aprila, G. Reza Tri, and W. R. Nisa’ul, “Pengembangan Media Pembelajaran E-Modul Fisika Dengan Menggunakan 3D Pageflip Pro Untuk Pokok Bahasan Termodinamika,” Al asma J. Islam. Educ., vol. 3, no. 1, pp. 18–25, 2022.

S. A. Ningsih and M. Pritandhari, “Pengembangan Media Pembelajaran Ludo Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas Xi Sma Purnama Trimurjo,” PROMOSI J. Progr. Stud. Pendidik. Ekon., vol. 7, no. 1, pp. 50–59, 2019.

Iskariyana and P. R. Ningsih, “Pengembangan E-Modul Dengan Pendekatan STEAM Berbasis Sigil Software Mata Pelajaran Administrasi Sistem Jaringan Kelas XI TKJ,” J. Ilm. Edutic Pendidik. dan Inform., vol. 8, no. 1, pp. 39–50, 2021.

E. Lovisia, “Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing terhadap Hasil Belajar,” Sci. Phys. Educ. J., vol. 2, no. 1, pp. 1–10, 2018, doi: 10.31539/spej.v2i1.333.

N. N. NURHADI, “Pengembangan E-Modul Berbasis Discovery Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Peserta Didik Mata Pelajaran Ips Kelas Vi Di Madrasah Ibtidaiyah Kota Pekanbaru,” el-IbtidaiyJournal Prim. Educ., vol. 5, no. 1, pp. 43–55, 2022, doi: 10.24014/ejpe.v5i1.15256.

D. Wahyudi, “Pengembangan e-modul dalam pembelajaran matematika SMA berbasis android (development of e-modules in learning math high school android based),” Gauss J. Pendidik. Matemaika, vol. 02, no. 02, pp. 1–10, 2019.

Diterbitkan
2023-08-13
Bagian
Articles
Abstrak viewed = 953 times