EFEKTIFITAS PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP DAN KETERAMPILAN PRAKTIKUM FISIKA
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan model pembelajarn Contextual Teaching And Learning (CTL)dalam meningkatkan pemahaman konsep dan keterampilan praktikum fisika pada peserta didik kelas IX SMP Negeri 26 Makassar. Pemilihan sampelmelalui teknik purposive sampling. Instrumen pengumpulan data untukpemahaman konsep fisika pada mata pelajaran fisika melalui tes kognitif dan keterampilan praktikum fisika serta penerapan model pembelajaran melalui observasi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan inferensial yaituuji-t dua pihak. Berdasarkan hasil analisis data dengan menggunakan statistik deskriptif diperoleh rata-ratapemahaman konsep dan keterampilan fisika sebelum penerapan model pembelajaran CTL berada pada kategori rendah, setelah penerapan model pembelajaran CTL berada kategori sangat tinggi, sedangkan hasil inferensial yaitu thitung>ttabel sehingga terdapat perbedaan yang signifikan dalam meningkatkan pemahanan konsep dan keterampilan praktikum fisika peserta didik pada mata pelajaran fisika.Downloads
Download data is not yet available.
References
Nurhadi. 2002. Pendekatan Kontektual ( Contextual Teaching Learning). Malang: Universitas Negeri Malang.
Arikunto, Suharsimi. 2012. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Dimyati. 2002. Belajar Dan Pembelajaran; Jakarta: Rineka Cipta
Mulyatiningsih, Endang. 2013. Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan. Bandung: Alfabeta
Winkel.W,S.2008.Mendesain Pembelajaran Kontekstual Di Kelas;Jakarta: Cerdas Pustaka Publisher.
Published
2017-03-01
How to Cite
Irwan, A. (2017). EFEKTIFITAS PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP DAN KETERAMPILAN PRAKTIKUM FISIKA. JPF (Jurnal Pendidikan Fisika) Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, 3(1), 5-8. https://doi.org/10.24252/jpf.v3i1.4086
Section
Volume 3 Nomor 1, 2015
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.