PERBANDINGAN KEMAMPUAN MENYELESAIKAN SOAL ANTARA SOAL BERGAMBAR DAN SOAL CERITA
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbandingan kemampuan menyelesaikan soal antara soal bergambar dan soal cerita peserta didik kelas IX SMP Negeri 2 Maniangpajo , sekaligus untuk mengetahui terdapatnya perbandingan kemampuan mnyelesaikan soal antara soal bergambar dan soal cerita peserta didik kelas IX SMP Negeri 2 Maniangpajo. Penentuan sampel melalui teknik purposiv sampling. Instrumen pengumpulan data pada penelitian ini berupa instrumen tes tertulis. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan inferensial yaitu uji homogenitas dan uji t dua sampel. Berdasarkan hasil analisis data dengan menggunakan statistik deskriptif diperoleh rata-rata kemampuan menyelesaikan soal bergambar peserta didik kelas IX SMP Negeri 2 Maniangpajo berada pada kategori cukup dan kemampuan menyelesaikan soal cerita peserta didik kelas IX SMP Negeri 2 Maniangpajo berada pada kategori baik. Sedangkan hasil uji hipotesis yaitu thitung˃ ttabel sehingga terdapat perbedaan antara kemampuan menyelesaikan soal bergambar dan soal cerita peserta didik kelas IX SMP Negeri 2 ManiangpajoDownloads
References
Abidi Abidin, Zainal 1989, Studi Prestasi Siswa Kelas VI SDNegeri di Kodya Banda Aceh dalam Menyelesaikan Soal Hitungan dan Soal Cerita. PPS, IKIP Bandung.
Haji,Saleh, 1994. Diagnosa Kesulitan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita di Kelas, Surabaya: Pps IKIP Malang.
Mark, John L, el, Al.1 2006. Metode Pengajaran Matematika untuk Sekolah Dasar, (Terjemahan Bambang Sumantri), Surabaya: Erlangga.
Polya, George. 2007. On Solving Mathemathic Problem in Hight School, dalam Krulik, Stephen dan Reys, Robert. NCTM, Reston Virginia.
Sudjana, 1992. Metode Statistika, Bandung: Tarsito
Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.