UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR FISIKA MELALUI PENDEKATAN SCIENTIFIC PADA PESERTA DIDIK KELAS VII/F SMP NEGERI 1 SUNGGUMINASA

  • Nasarullah Nasarullah
    (ID)

Abstract

Penelitian ini bertujuan meningkatkan hasil belajar fisika dengan pendekatan scientific pada peserta didik kelas VII/F SMP Negeri 1 Sungguminasa. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Prosedur penelitian meliputi: perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah  peserta didik kelas VII/F SMP Negeri 1 Sungguminasa sebanyak 40 orang. Pengumpulan data hasil belajar terdiri dari  lembar observasi dan tes akhir belajar pada akhir siklus I dan siklus II. Hasil penelitian menunjukkan bahwa jumlah peserta didik yang tuntas belajarnya pada siklus I adalah 9 orang atau 22,50 % dan siklus II adalah 32 orang atau 80,00 %. Sedangkan nilai rerata diperoleh pada siklus I adalah 58,25 (kategori sedang), dan nilai rata-rata pada siklus II adalah 74,87 (kategori tinggi). Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa hasil belajar fisika peserta didik kelas VII/F SMP Negeri 1 Sungguminasa melalui pendekatan scientific mengalami peningkatan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

A.Machin, 2014, Implementasi Pendekatan Saintifik, Penanaman Karakter dan Konservasi pada Pembelajaran Materi Pertumbuhan. (Online), JPPI 3 (1) (2014) 28–35 (http://journal.unnes.ac.id/nju/ index.php/jpii, diakses 29 September 2014).

Arikunto,S., Suhardjono & Supardi, 2014, Penelitian Tindakan Kelas, Jakarta, Bumi Aksara.

Arikunto, S., 2002, Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan, Jakarta, Bumi Aksara.

Fauziah, R., Ade, G.A. & Dadang, L.H., 2013, Pembelajaran Saintifik Elektronika Dasar Berorientasi Pembelajaran Berbasis Masalah, Invotec, (Online), Vol. IX, No. 2, (http://jurnal.Upi.edu/file/, diakses 10 juni 2014).

Khasanah, K., Nur, N., & Eko, S.K. 2014, Pengembangan Laboratory Work dengan Scientific Approach untuk Mengoptimalkan Karakter Siswa Kelas XI Kutowinangun Tahun Pelajaran 2014/2015. (Online), Vol. V, No. 2, (http://ejournal.umpwr.ac.id/index.php/, diakses 29 September 2014).

Kurinasih, I & Berlin, S., 2013, Implementasi Kurikulum 2013 Konsep dan Penerapan. Surabaya, Kata Pena.

Mulyoto, 2013, Strategi Pembelajaran Di Era Kurikulum 2013, Jakarta, Prestasi Pustaka.

Sudjana, 2000, Statistika Untuk Ekonomi dan Niaga, Bandung, Tarsito.

Sujarwanta, A., 2012, Mengkondisikan Pembelajaran IPA dengan Pendekatan Saintifik. (Online), Vol. XVI, No. 1, (http://www.ac.id/file-jurnal/, diakses 29 September 2014).

Suprijono, A., 2013, Cooperatif Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM, Yogyakarta, Pustaka Pelajar.

Tiro, M. A., 2000, Statistik Dasar, Makassar, UNM Makassar.

Trianto, 2008, Mendesain Pembelajaran Kontekstual Di Kelas, Jakarta, Cerdas Pustaka.

Published
2015-03-01
How to Cite
Nasarullah, N. (2015). UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR FISIKA MELALUI PENDEKATAN SCIENTIFIC PADA PESERTA DIDIK KELAS VII/F SMP NEGERI 1 SUNGGUMINASA. JPF (Jurnal Pendidikan Fisika) Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, 3(1), 95-105. https://doi.org/10.24252/jpf.v3i1.4088
Section
Volume 3 Nomor 1, 2015
Abstract viewed = 537 times