APLIKASI LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS MASALAH UNTUK MINAT BELAJAR DAN PENGUASAAN KONSEP FISIKA PADA MATERI BUNYI PESERTA DIDIK KELAS VIII MTs MADANI ALAUDDIN PAOPAO
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui minat belajar dan penguasaan konsep fisika antara peserta didik yang diajar dengan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis masalah dan peserta didik yang diajar dengan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) yang tidak berbasis masalah pada kelas VIII MTs Madani Alauddin Paopao pada materi bunyi. Jenis penelitian yang digunakan yaitu Quasi Eksperimen dan menggunakan desain Non Equivalent Control Group Desain.Instrumen pengumpulan data pada penelitian ini berupa angket dan instrumen tes.Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan inferensial yaitu uji “t” Independent. Hasil penelitian untuk minat belajar pada kelas VIIIA yang diberikan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis masalah berada pada kategori sangat baik dan kelas VIIIB yang diberikan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) yang tidak Berbasis masalah berada pada kategori baik. Dengan demikian terdapat perbedaan minat belajar peserta didik yang signifikan antara peserta didik yang diajar dengan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis masalah dan peserta didik yang diajar Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) yang tidak Berbasis masalah pada kelas VIII MTs Madani Alauddin Paopao. Sedangkan untuk penguasaan konsep pada kelas VIIIA yang diberikan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis masalah memiliki kategori sangat baik dan kelas VIIIB diajar Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) yang tidak Berbasis masalah memiliki kategori baik. Terdapat perbedaan penguasaan konsep peserta didik yang signifikan antara peserta didik yang diajar dengan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis masalah dan peserta didik yang diajar secara konvesional pada kelas VIII MTs Madani Alauddin Paopao.Downloads
References
Ahmadi Abu. Psikologi sosial.Jakarta : PT Rineka Cipta.1999
Amir M. Taufiq. Inovasi Pendidikan Melalui Problem Based Learning. Jakarta : Kencana Perdana Media Group.2009
Arikunto, Suharsimin. Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta : Rineka Cipta, 2006.
Fraenkel, Jack. How to Design and Evaluate Research in Education. New York.2009
Hasbullah.Dasar-dasar Ilmu Pendidikan.Jakarta : PT Raja Grafindo Persada.1999
Purwanto.Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta : Celeban timur UH.2013
Pratiwi rinie, dkk.Ilmu Pengetahuan Alam SMP dan MTs kelas VIII.Jakarta : Pusat Perbukuan Depertemen Pendidikan Nasional.2008
Rafi Muh. Pengantar Strategi Pembelajaran ( Pendekatan Standar Proses).Makassar : Alauddin University Press.2012
Sahabuddin.Mengajar dan Belajar.Makassar : Badan Penerbit Universitas Negeri Makassar.20007
Sardiman.Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar.Jakarta : Rajawali.1990
Slameto.Belajar dan Faktor-Faktor yang memepengaruhinya.Cet 5. Jakarta : Rineka Cipta.2010
Sobur Alex. Psikologi Umum. Cet II. Bandung : Pustaka Setia.2003
Sommeng Sudirman. Psikologi Umum Dan Perkembangan. Makassar : Alauddin University Press.2012
Sudijono, Anas. Statistik Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2012
Sugiyono.Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : Alfabeta.2008
Sugiyono.Statistik untuk Penelitian.Bandung : Alfabeta.2014
Trianto.Model Pembelajaran Terpadu. Cet 4. Jakarta : PT Bumi Aksara.2013
Wijaya cece ,dkk.Upaya Pembaharuan Dalam Pendidikan Dan Pengajaran. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.1992
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.