PENINGKATAN KETERAMPILAN PROSES SAINS PESERTA DIDIK KELAS VIII MELALUI PELATIHAN PEMBUATAN AEROGENERATOR SEDERHANA DI MADRASAH TSANAWIYAH MADANI ALAUDDIN PAOPAO
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran keterampilan proses sains peserta didik kelas VIII MTs Madani Alauddin sebelum dan setelah diberikan pelatihan pembuatan aerogenerator sederhana, sekaligus untuk mengetahui ada atau tidaknya peningkatan keterampilan proses sains peserta didik kelas VIII MTs Madani Alauddin Paopao setelah diberikan pelatihan pembuatan aerogenerator sederhana. Penentuan sampel melalui teknik random kelas. Instrumen pengumpulan data pada penelitian ini berupa lembar observasi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan inferensial yaitu uji t. Berdasarkan hasil analisis data dengan menggunakan statistik deskriptif diperoleh rata-rata keterampilan proses sains sebelum dan setelah diberikan pelatihan pembuatan aerogenerator sederhana dan keduanya berada pada kategori rendah dan sangat baik. Sedangkan hasil inferensial yaitu Thitung ˃ Ttabel sehingga terdapat peningkatan keterampilan proses sains peserta didik kelas VIII mTs Madani Alauddin Paopao setelah mendapatkan pelatihan pembuatan aerogenerator sederhanaDownloads
References
Ango L, Mary. 2002. Mastery Of Science Precess Skills and Their Effecrive Use in the Teaching of Science: An Educology of Science Education in Nigerian Context. International Journal of Educology, Volume 16, No. 1.
De Vries, Pieter dkk. 2013. Guidebook Renewable energy, (diterjemahkan oleh: Andrew Budianto). Jakarta: LAPAN.
Dimyati dan Mujiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Harlen, Wayne. 1992. The Teaching of Science: Studies in Primary Education. London: David Fulthon Publishing Company.
Hasbullah. 2006. Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada
Kurnia, E. 2010. Analisis Keterampilan Proses Sains Siswa SMA Pada Pembelajaran Sistem Koloid Menggunakan Metode Praktikum Berbasis Masalah. (Skripsi). Jurusan Pendidikan Kimia, Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung.
Mei Yew Teo, Grace. 2007. Promoting Science Procces Skills and The Relevance of Science Through Science Alive Programme, Proceedings of the Redesigning Pedagogy: Culture, Knowledge and UnderstandingConference. Singapore.
Rustaman Y, Nuryani dkk. 2005. Strategi Belajar Mengajar Biologi. Cetakan ., Malang: Universitas Negeri Malang.
Semiawan, Conny dkk. 1992. Pendekatan Keterampilan Proses, Bagaimana Mengaktifkan Siswa dalam Belajar. Jakarta: Giramedia.
Setiadi, H. 2006. Penilaian Kinerja: Performance Assessment. Jakarta: Pusat Penilaian Pendidikan Balitbang Depdiknas.
Sriyono. 1992. Teknik Belajar Mengajar Dalam CBSA. Jakarta: Rineka Cipta
Sutanto, Hidayat. Fisika Energi, diakses dari http://yatsuta-thelucky.blogspot.com/2013/03/ebook-fisika-energi.html. (10 Desember 2014).
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.