PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN LEARNING RESOURCES BY DESIGN UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN MATERI PELAJARAN DAN KESADARAN SISWA DALAM BELAJAR FISIKA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahuiseberapabesarpenguasaanmateripelajarandankesadaransiswadalambelajarfisikapokokbahasangetarandangelombangsebelummenggunakan media pembelajaran learning resources by design kelas VIII Madrasah Tsanawiyah (MTs) Negeri Model Makassar, dan untuk mengetahui apakah terdapat peningkatanpenguasaanmateripelajarandalambelajarfisikapokokbahasangetarandangelombangsetelahmenggunakan media pembelajaran learning resources by design kelasVIII (MTs) Negeri Model Makassar.Metode penelitian ini tergolong pre-experimental dengandesainpenelitian one group pre-tes-post-test dengansampelpeneitianiniadalahkelas VIII4 MTs Negeri Model Makassar yang berjumlah 40 orang.Penelitimenggunakaninstrumenpenelitianberupates, angketdanobservasi.Untukmemperoleh data penguasaanmaterisiswamenggunakantesdankesadaransiswadenganmenggunakanangketsertamenggunakanlembarobservasisebagaipendukungdalampenggunaan media pembelajaran yang penelitigunakan.Teknikanalisis data yang digunakanyaitustatistikdeskriptifdanstatistikkinferensialuntukujihipotesis.Berdasarkanhasilpenelitiandananalisis data denganmenggunakanstatistikdeskriptif, padasaat pre-test untukpenguasaanmaterisebelummenggunakan media pembelajaran learning resources by design diperolehskor rata-rata 38 dengankategorikurang. Pada post-test diperoleh data penguassanmaterisetelahmenggunakan media pembelajaran learning resources by design diperolehskor rata-rata 67,25 dengan kategori baik, danuntukkesadaransiswasetelahmenggunakan media pembelajaran learning resources by design diperolehskor rata-rata 63,7. Dari hasilpengujianhipotesisdiperolehnilai t hitungsebesar 21,98. Jikadibandingkandengan t tabelsebesar 2,02makadapatdinyatakanbahwa 21,98 > 2,02. Hal inimenunjukkanbahwa Hapadapenelitianiniditerima. Dari hasilinidapatdisimpulkanpenguasanmateripelajarandankesadaransiswadalambelajarfisikapokokbahasangetarandangelombangkelas VIII4 MTs Negeri Model Makassar mengalamipeningkatan.Hasil penelitian ini diharapkan dapat dijadikan referensi bagi mahasiswa untuk senantiasa mempertahankan atau meningkatkan penguasaanmateripelajarandankesadaransiswadalamdalamupayamemperkuatnilai-nilaisosialdandisiplin proses pembelajarandikelas.Downloads
References
Arikunto, Suharsimi. Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta, 2006.
Arsyad, Azhar. Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Perseda, 2004.
Danim, Sudarwan. Perkembangan Peserta Didik. Bandung: Alfabeta, 2010.
Gassing, Qadir dan Wahyuddin Halim. Pedoman Penulisan Karya Tulis Ilmiah. Makassar: Alauddin Press, 2013.
http://yuni77.blogdetik.com/2014/02/27/pentingnya-penguasaan-materi-bagi-seorang-pengajar/. (14 September 2014)
Kariadinata, Rahayu dan Abdurrahmam, Maman. Dasar-dasar Statistik Pendidikan. Bandung: Pustaka Ceria, 2012.
Madrasah Tsanawiyah Negeri. Rapor Siswa. Makassar: MTsN Model Makassar, 2014.
Musfiqon. Pengembangan Media dan Sumber Pembelajaran. Jakarta: Prestasi Pustaka, 2012.
Riduwan. Belajar Mudah Penelitian. Bandung: Alfabeta, 2013.
Rebecca, Mary dkk. A Way Of Life, (diterjemahkan oleh Supratiknya). Yogyakarka: Kanisius, 1996.
Sudijono, Anas. Statistik Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2012.
Sanjaya, Wina. Starategi Pembelajaran Berorientasi Standar Pedidikan. Jakarta: Kencana, 2009.
Sugiyono. Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2013.
Sunardi dkk. Matematika SMA kelas XI Program Ilmu Pengetahuan Alam. Jakarta: PT Bumi Aksara, 2008.
Suryabrata, Sumadi. Metode Penelitian. Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2013.
Tawil, Muhammad. Buku Ajar Pengembangan Kurikulum Fisika. Makassar: UNM, 2013.
Uno, Hamzah B. Profesi Kependidikan. Jakarta: Bumi Aksara, 2007.
Usman, M. Basyiruddin Asnawir. Media Pembelajaran. Jakarta: Ciputat Press, 2002.
Yusuf , Syamsu. Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2009.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.