PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN LEARNING RESOURCES BY DESIGN UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN MATERI PELAJARAN DAN KESADARAN SISWA DALAM BELAJAR FISIKA

  • Hijrana Hijrana
    (ID)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahuiseberapabesarpenguasaanmateripelajarandankesadaransiswadalambelajarfisikapokokbahasangetarandangelombangsebelummenggunakan media pembelajaran learning resources by design kelas VIII Madrasah Tsanawiyah (MTs) Negeri Model Makassar, dan untuk mengetahui apakah terdapat peningkatanpenguasaanmateripelajarandalambelajarfisikapokokbahasangetarandangelombangsetelahmenggunakan media pembelajaran learning resources by design  kelasVIII (MTs) Negeri  Model Makassar.Metode penelitian ini tergolong pre-experimental dengandesainpenelitian one group pre-tes-post-test dengansampelpeneitianiniadalahkelas VIII4 MTs Negeri Model Makassar yang berjumlah 40 orang.Penelitimenggunakaninstrumenpenelitianberupates, angketdanobservasi.Untukmemperoleh data penguasaanmaterisiswamenggunakantesdankesadaransiswadenganmenggunakanangketsertamenggunakanlembarobservasisebagaipendukungdalampenggunaan media pembelajaran yang penelitigunakan.Teknikanalisis data yang digunakanyaitustatistikdeskriptifdanstatistikkinferensialuntukujihipotesis.Berdasarkanhasilpenelitiandananalisis data denganmenggunakanstatistikdeskriptif, padasaat pre-test  untukpenguasaanmaterisebelummenggunakan media pembelajaran learning resources by design diperolehskor rata-rata 38 dengankategorikurang. Pada post-test diperoleh data penguassanmaterisetelahmenggunakan media pembelajaran learning resources by design diperolehskor rata-rata 67,25 dengan kategori baik, danuntukkesadaransiswasetelahmenggunakan media pembelajaran learning resources by design diperolehskor rata-rata 63,7. Dari hasilpengujianhipotesisdiperolehnilai t hitungsebesar 21,98. Jikadibandingkandengan t tabelsebesar 2,02makadapatdinyatakanbahwa 21,98 > 2,02. Hal inimenunjukkanbahwa  Hapadapenelitianiniditerima. Dari hasilinidapatdisimpulkanpenguasanmateripelajarandankesadaransiswadalambelajarfisikapokokbahasangetarandangelombangkelas VIII4 MTs Negeri Model Makassar mengalamipeningkatan.Hasil penelitian ini diharapkan dapat dijadikan referensi bagi mahasiswa untuk senantiasa mempertahankan atau meningkatkan penguasaanmateripelajarandankesadaransiswadalamdalamupayamemperkuatnilai-nilaisosialdandisiplin proses pembelajarandikelas.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, Suharsimi. Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta, 2006.

Arsyad, Azhar. Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Perseda, 2004.

Danim, Sudarwan. Perkembangan Peserta Didik. Bandung: Alfabeta, 2010.

Gassing, Qadir dan Wahyuddin Halim. Pedoman Penulisan Karya Tulis Ilmiah. Makassar: Alauddin Press, 2013.

http://yuni77.blogdetik.com/2014/02/27/pentingnya-penguasaan-materi-bagi-seorang-pengajar/. (14 September 2014)

Kariadinata, Rahayu dan Abdurrahmam, Maman. Dasar-dasar Statistik Pendidikan. Bandung: Pustaka Ceria, 2012.

Madrasah Tsanawiyah Negeri. Rapor Siswa. Makassar: MTsN Model Makassar, 2014.

Musfiqon. Pengembangan Media dan Sumber Pembelajaran. Jakarta: Prestasi Pustaka, 2012.

Riduwan. Belajar Mudah Penelitian. Bandung: Alfabeta, 2013.

Rebecca, Mary dkk. A Way Of Life, (diterjemahkan oleh Supratiknya). Yogyakarka: Kanisius, 1996.

Sudijono, Anas. Statistik Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2012.

Sanjaya, Wina. Starategi Pembelajaran Berorientasi Standar Pedidikan. Jakarta: Kencana, 2009.

Sugiyono. Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2013.

Sunardi dkk. Matematika SMA kelas XI Program Ilmu Pengetahuan Alam. Jakarta: PT Bumi Aksara, 2008.

Suryabrata, Sumadi. Metode Penelitian. Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2013.

Tawil, Muhammad. Buku Ajar Pengembangan Kurikulum Fisika. Makassar: UNM, 2013.

Uno, Hamzah B. Profesi Kependidikan. Jakarta: Bumi Aksara, 2007.

Usman, M. Basyiruddin Asnawir. Media Pembelajaran. Jakarta: Ciputat Press, 2002.

Yusuf , Syamsu. Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2009.

Published
2017-03-01
How to Cite
Hijrana, H. (2017). PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN LEARNING RESOURCES BY DESIGN UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN MATERI PELAJARAN DAN KESADARAN SISWA DALAM BELAJAR FISIKA. JPF (Jurnal Pendidikan Fisika) Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, 3(1), 22-26. https://doi.org/10.24252/jpf.v3i1.4094
Section
Volume 3 Nomor 1, 2015
Abstract viewed = 324 times