PENGARUH ANTRA KEMAMPUAN MANAJEMEN WAKTU BELAJAR DAN KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS TERHADAP HASIL BELAJARFISIKA
Abstract
Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa baik manajemen waktu belajar peserta didik, kemampuan berfikir kritis, dan hasil belajar fisika peserta didik di SMA Negeri 5 Pasangkayu, sekaligus untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh manajemen waktu belajar dan kemampuan berfikir kritis terhadap hasil belajar fisika peserta didik di SMA Negeri 5 Pasangkayu. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 30 peserta didik yang diambil melalui pertimbangan tertentu. Instrumen pengumpulan data menggunakan lembar observasi dan angket dengan skala likert untuk menggambarkan data manajemen waktu belajar (X1) dan instrument test untuk kemampuan berfikir kritis (X2) selain itu instrument test yang digunakan untuk hasil belajar fisika (Y). Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis inferensial yaitu analisis regresi ganda dengan uji “t” dan uji “f”. Berdasarkan hasil analisis data dengan menggunakan statistik deskriptif untuk manajemen waktu belajar fisika di SMA Negeri 5 Pasangkayu diperoleh nilai rata-rata 76 dengan nilai terendah 56 dan 88 dari nilai ideal 100. Sehingga disimpulkan bahwa manajemen waktu belajar fisika di SMA Negeri 5 termasuk dalam kategori cukup. Kemampuan berfikir kritis peserta didik di SMA Negeri 5 Pasangkayu diperoleh nilai rata-rata 91 dengan nilai terendah 70 dan tertinggi 100 dari nilai ideal 100. Sehingga disimpulkan bahwa berfikir kritis peserta didik di SMA Negeri 5 Pasangkayu termasuk dalam kategori tinggi. Untuk hasil belajar fisika diperoleh nilai rata-rata 90 dengan nilai terendah 70 dan tertinggi 100. Sehingga disimpulkan bahwa hasil belajar fisika peserta didik di SMA Negeri 5 Pasangkayu termasuk dalam kategori tinggi. Hasil penelitian ini diharapkan dapat dijadikan referensi bagi sekolah untuk senantiasa mempertahankan atau meningkatkat hasil belajar dalam proses pembelajaran di kelas.
Downloads
References
Arikunto, Suharsimi. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan .Jakarta: Bumi Aksara. 2012.
Djamarah, Syaiful Bahri. Psikologi Belajar, Jakarta : PT Rineka Cipta,2011.
Fisher, Alec. Berpikir Kritis. Sebuah Pengantar. Jakarta: Erlangga. 2009.
Morissan. Psikologi Komunikasi. Bogor: Ghalia Indonesia. 2010.
Siswanto. Pengantar Manajemen. Jakarta: PT. Bumi Aksara. 2010.
Sudjana, Nana. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar.Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2010.
Sugiyono. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta. 2013.
Sugiyono. Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta. 2014.
Tawil, Muh. Efektivitas Pembelajaran Berbasis Simulasi Komputer Dalam Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kreatif Mahasiswa. Dipresentasikan pada Konfrensi UPI-UITM 2011 “Strengthening Research Collaboration on Education”. 2011.
Yusuf, Syamsu. Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada. 2012.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.