PERBANDINGAN PEMAHAMAN KONSEP DAN KETERAMPILAN PENGGUNAAN KIT ANTARA PESERTA DIDIK XI IPA SMA NEGERI 1 BAJENG DAN SMA UHAMMADIYAH LIMBUNG
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbandingan pemahaman konsep antara peserta didik kelas XI IPA SMAN 1 Bajeng dan SMA Muhammadiyah Limbung , sekaligus untuk mengetahui terdapatnya perbandingan kerampilan penggunaan KIT antara peserta didik kelas XI IPA SMAN 1 Bajeng dan SMA Muhammadiyah Limbung. Penentuan sampel melalui teknik Matching sampling. Instrumen pengumpulan data pada penelitian ini berupa instrumen tes dan lembar observasi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan inferensial yaitu uji homogenitas dan uji t dua sampel. Berdasarkan hasil analisis data dengan menggunakan statistik deskriptif diperoleh rata-rata pemahaman konsep peserta didik kelas XI IPA SMAN 1 Bajeng berada pada kategori sangat baik dan pemahaman konsep peserta didik kelas XI IPA SMA Muhammadiyah Limbung berada pada kategori baik. Dan hasil analisis data dengan menggunakan statistik deskriptif diperoleh rata-rata keterampilan penggunaan KIT peserta didik kelas XI IPA SMAN 1 Bajeng berada pada kategori baik dan keterampilan penggunaan KIT peserta didik kelas XI IPA SMA Muhammadiyah Limbung berada pada kategori baik. Sedangkan hasil uji hipotesis yaitu thitung˃ ttabel sehingga terdapat perbedaan antara Pemahamana Konsep dan Keterampilan penggunaan KIT antara peserta didik kelas XI IPA SMAN 1 Bajeng dan SMA Muhammadiyah LimbungDownloads
References
Bloom, Benyamin S. et. al (A Commitee of College and University Examiners). (1975). Taxonomy of Educational Objectives. New York: David McKay Company, Inc.
Muhibbin, Syah. 2004. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Poesprodjo. 1987. Pendidik Dengan Cerdas. Jakarta: Pustaka Populer Obor.
Sudijono. Anas. 1996. Pengantar Eveluasi pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Sudjana. 1996. Metode Statistika. Bandung: Penerbit Tarsito.
Sugiyono. 2008. Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Sumantri, Permana M. 1999. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Depdikbud Dirjen Dikti.
Winkel,W.S. 1996. Psikologi Pengajaran. Jakarta: Grasindo.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.