Analisis Berpikir Kreatif Siswa Menggunakan Metode Pembelajaran Project Based Learning
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat berpikir kreatif siswa kelas X.5 di SMA Negeri 1 Jember. Melalui pendekatan penelitian deskriptif dan menggunakan lembar kerja berbasis proyek sebagai instrumen pengumpulan data untuk menilai kelancaran, keluwesan, orisinalitas, dan elaborasi dalam berpikir kreatif siswa. Hasil penelitian menunjukkan variasi tingkat berpikir kreatif di antara siswa, yang dibagi ke dalam enam kelompok. Analisis lebih lanjut berdasarkan indikator berpikir kreatif mengungkapkan bahwa pada kelancaran, sebagian besar siswa menunjukkan tingkat kreativitas yang cukup dan kreatif. Pada keluwesan, kebanyakan siswa menunjukkan tingkat kreativitas yang baik, sementara pada orisinalitas dan elaborasi, siswa menunjukkan tingkat kreativitas yang sangat tinggi. Keterkaitan dari penelitian ini adalah pentingnya diferensiasi pembelajaran untuk menyesuaikan tingkat kreativitas siswa. Guru dapat mengembangkan strategi pembelajaran yang lebih sesuai dengan potensi kreatif masing-masing siswa, termasuk penggunaan metode pengajaran yang memperkenalkan keluwesan, penemuan ide orisinal, dan pengembangan kemampuan elaborasi. Sistem penilaian berbasis proyek juga dapat terus diperbaiki untuk mengukur aspek-aspek berpikir kreatif secara lebih komprehensif. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan sumbangan bagi pemahaman tentang kreativitas siswa di tingkat sekolah menengah atas dan membuka pintu bagi penelitian lebih lanjut dalam konteks berpikir kreatif.
##plugins.generic.usageStats.downloads##
Referensi
A. Malik, Y. Dirgantara, D. Mulhayatiah, and R. D. Agustina, “Analisis Hakikat , Peran , dan Implikasi Kegiatan Laboratorium,” Conference of workshop UIN Sunan Gunung Djati, no. October, pp. 1–12, 2020.
H. R. Dewi et al., “Increasing Creative Thinking Skills and Understanding of Physics Concepts Through Application of Stem-Based Inquiry,” Jppipa, vol. 4, no. 1, pp. 25–30, 2019.
N. Nurnaningsih, C. B. Hanum, W. Sopandi, and A. Sujana, “Keterampilan Berpikir Kritis dan Berpikir Kreatif Siswa Sekolah Dasar dalam Pembelajaran Berbasis RADEC,” Jurnal Basicedu, vol. 7, no. 1, pp. 872–879, 2023, doi: 10.31004/basicedu.v7i1.4773.
P. Rosenfeld, Creative Learning, vol. 22, no. 4. 1958. doi: 10.1080/00131725809339482.
N. A. Hagi and M. Mawardi, “Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa Sekolah Dasar,” Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, vol. 3, no. 2, pp. 463–471, 2021, doi: 10.31004/edukatif.v3i2.325.
S. C. Dilla, W. Hidayat, and E. E. Rohaeti, “Dilla, S. C., Hidayat, W., & Rohaeti, E. E. (2018). Faktor Gender dan Resiliensi dalam Pencapaian Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa SMA.Journal of Medives, 2(1),.pdf,” vol. 2, no. 1, pp. 129–136, 2018.
A. Acesta, “Analisis Kemampuan Higher Order Thingking Skills (HOTS) Siswa Materi IPA Di Sekolah Dasar,” Quagga: Jurnal Pendidikan dan Biologi, vol. 12, no. 2, p. 170, 2020, doi: 10.25134/quagga.v12i2.2831.
T. I. Perdana and H. Sugara, “Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Smk Negeri 1 Kedawung Dengan Menggunakan Model Problem Based Learning,” Literasi : Jurnal Bahasa dan Sastra Indonesia serta Pembelajarannya, vol. 4, no. 2, p. 102, 2020, doi: 10.25157/literasi.v4i2.4239.
R. Aisy and K. Kurniasari, “Hubungan Kemampuan Berfikir Kreatif dan Kemampuan Siswa dalam Membuat Soal Matematika,” MATHEdunesa Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, vol. 8, no. 2, pp. 196–200, 2019.
E. Mulyadi, “Penerapan Model Project Based Learning untuk Meningkatan Kinerja dan Prestasi Belajar Fisika Siswa SMK,” Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, vol. 22, no. 4, p. 385, 2016, doi: 10.21831/jptk.v22i4.7836.
L. Sari, T. Taufina, and F. Fachruddin, “Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) dengan Menggunakan Model PJBL di Sekolah Dasar,” Jurnal Basicedu, vol. 4, no. 4, pp. 813–820, 2020, doi: 10.31004/basicedu.v4i4.434.
Leony Sanga Lamsari, “Peningkatan Konsentrasi Belajar Mahasiswa Melalui Pemanfaatan Evaluasi Pembelajaran Quizizz Pada Mata Kuliah Kimia Fisika I,” Jurnal Dinamika Pendidikan, vol. 12, no. 1, pp. 29–39, 2019.
N. A. Wiratama, I. D. Fatimah, and E. Widiyati, “Meningkatkan Keterampilan Menulis Deskripsi Melalui Pendekatan Kontekstual pada Siswa Sekolah Dasar,” Jurnal Basicedu, vol. 6, no. 3, pp. 3428–3434, 2022, doi: 10.31004/basicedu.v6i3.2527.
M. R. Fadli, “Memahami desain metode penelitian kualitatif,” Humanika, vol. 21, no. 1, pp. 33–54, 2021, doi: 10.21831/hum.v21i1.38075.
U. Azzahra, F. Arsih, and H. Alberida, “Pengaruh Model Pembelajaran Project-Based Learning ( Pjbl ) Terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif Peserta Didik Pada Pembelajaran Biologi : Literature Review,” BIOCHEPHY: Journal of Science Education, vol. 3, no. 1, pp. 49–60, 2023.
##submission.copyrightStatement##
##submission.license.cc.by4.footer##