PENGEMBANGAN HANDOUT INTERAKTIF BERBASIS CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) PADA POKOK BAHASAN LISTRIK DINAMIS

  • Wahyu Dani Swari Universitas Muhammadiyah Kupang - UMK
    (ID)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik handout interaktif  berbasis Contextual Teaching And Learning (CTL) pada pokok bahasan Listrik Dinamis untuk mahasiswa program studi pendidikan matematika Universitas Muhammadiyah Kupang yang dapat meningkatkan belajar mandiri fisika dasar dan untuk mengetahui respon mahasiswa terhadap handout interaktif. Jenis penelitian ini adalah pengembangan, yaitu pengembangan handout  interaktif  berbasis Contextual Teaching And Learning (CTL). Langkah-langkah  pengembangan model 4-D (Four D Models), yaitu: tahap pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (develop), dan diseminasi (disseminate). Tahap define  merupakan tahap awal dalam pengembangan materi didasarkan pada kurikulum dan kompetensi dasar. Pada tahap design dilakukan pengumpulan referensi dan penentuan format handout interaktif. Pada tahap develop dilakukan: perancangan handout  interaktif;  validasi handout  interaktif oleh dosen ahli media dan dosen fisika; uji secara terbatas handout  interaktif; dan merevisi handout  interaktif setelah uji terbatas. Pada tahap disseminate dilakukan uji lapangan pada mahasiswa program studi pendidikan matematika Universitas Muhammadiyah Kupang. Hasil penelitian ini adalah melalui tahap pendefinisian, perencanaan, pengembangan, dan diseminasi diperoleh handout  interaktif berbasis Contextual Teaching And Learning (CTL) yang dapat meningkatkan belajar mandiri fisika. Sedangkan tanggapan mahasiswa terhadap pembelajaran dengan handout interaktif berada pada kategori Baik (Nilai B) yaitu sebesar 3,2.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Wahyu Dani Swari, Universitas Muhammadiyah Kupang - UMK

Universita MUhammadiyah Kupang

Jl. KH. Ahmad Dahlan, No. 17, Walikota, Kupang - NTT

References

Allonso & Finn. (1992). Dasar-dasar Fisika Universitas. Jakarta: Erlangga.

Asep Jihad. (2009). Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Pressindo.

Benny A Pribadi. (2009). Model Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Dian Rakyat.

Budi Purwanto. (2004). Fisika Dasar Teori dan Implikasinya. Solo: Tiga Serangkai.

Chairil. (2009). Media Handout. (http://chai-chairil.blogspot.com/2009/02/media-handout_22.html).

Collette, Alfred T. & Ciappetta, Eugene L. (1994). Science Instruction in the Middle and Secondary Schools. New York : Macmillan Publishing Company.

Nana Sudjana (2005). Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algesindo.

Sugiyono. (2007). Metode Penelitian Pendidikan (Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Sukardjo dan Lis Permana. (2009). Penilaian dan Evaluasi Hasil Pembelajaran IPA: Buku Pegangan Kuliah Mahasiswa Program Sarjana Prodi Pendidikan IPA. Penerbit: UNY.

Supriyadi. (2008). Kurikulum Sains dalam Proses Pembelajaran Sains. Yogyakarta: Pustaka Tempel.

Thiagarajan, S., Sammel, D.S., and Sammel, M. I., (1974). Instructional Development For Training Teachers of Exceptional Children. Leadership Training Institute/Special Education, Minnesota: University of Minnesota, Minneapolis.

Udin S Winatapura. (1993). Materi Pokok Strategi Belajar Mengajar IPA. Jakarta: Depdikbud.

Published
2018-02-25
How to Cite
Swari, W. D. (2018). PENGEMBANGAN HANDOUT INTERAKTIF BERBASIS CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) PADA POKOK BAHASAN LISTRIK DINAMIS. JPF (Jurnal Pendidikan Fisika) Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, 6(1), 1-7. https://doi.org/10.24252/jpf.v6i1.4389
Section
Volume 5 Nomor 2, 2017
Abstract viewed = 850 times