PENGEMBANGAN HANDOUT INTERAKTIF BERBASIS CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) PADA POKOK BAHASAN LISTRIK DINAMIS
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik handout interaktif berbasis Contextual Teaching And Learning (CTL) pada pokok bahasan Listrik Dinamis untuk mahasiswa program studi pendidikan matematika Universitas Muhammadiyah Kupang yang dapat meningkatkan belajar mandiri fisika dasar dan untuk mengetahui respon mahasiswa terhadap handout interaktif. Jenis penelitian ini adalah pengembangan, yaitu pengembangan handout interaktif berbasis Contextual Teaching And Learning (CTL). Langkah-langkah pengembangan model 4-D (Four D Models), yaitu: tahap pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (develop), dan diseminasi (disseminate). Tahap define merupakan tahap awal dalam pengembangan materi didasarkan pada kurikulum dan kompetensi dasar. Pada tahap design dilakukan pengumpulan referensi dan penentuan format handout interaktif. Pada tahap develop dilakukan: perancangan handout interaktif; validasi handout interaktif oleh dosen ahli media dan dosen fisika; uji secara terbatas handout interaktif; dan merevisi handout interaktif setelah uji terbatas. Pada tahap disseminate dilakukan uji lapangan pada mahasiswa program studi pendidikan matematika Universitas Muhammadiyah Kupang. Hasil penelitian ini adalah melalui tahap pendefinisian, perencanaan, pengembangan, dan diseminasi diperoleh handout interaktif berbasis Contextual Teaching And Learning (CTL) yang dapat meningkatkan belajar mandiri fisika. Sedangkan tanggapan mahasiswa terhadap pembelajaran dengan handout interaktif berada pada kategori Baik (Nilai B) yaitu sebesar 3,2.
Downloads
References
Allonso & Finn. (1992). Dasar-dasar Fisika Universitas. Jakarta: Erlangga.
Asep Jihad. (2009). Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Pressindo.
Benny A Pribadi. (2009). Model Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Dian Rakyat.
Budi Purwanto. (2004). Fisika Dasar Teori dan Implikasinya. Solo: Tiga Serangkai.
Chairil. (2009). Media Handout. (http://chai-chairil.blogspot.com/2009/02/media-handout_22.html).
Collette, Alfred T. & Ciappetta, Eugene L. (1994). Science Instruction in the Middle and Secondary Schools. New York : Macmillan Publishing Company.
Nana Sudjana (2005). Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algesindo.
Sugiyono. (2007). Metode Penelitian Pendidikan (Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.
Sukardjo dan Lis Permana. (2009). Penilaian dan Evaluasi Hasil Pembelajaran IPA: Buku Pegangan Kuliah Mahasiswa Program Sarjana Prodi Pendidikan IPA. Penerbit: UNY.
Supriyadi. (2008). Kurikulum Sains dalam Proses Pembelajaran Sains. Yogyakarta: Pustaka Tempel.
Thiagarajan, S., Sammel, D.S., and Sammel, M. I., (1974). Instructional Development For Training Teachers of Exceptional Children. Leadership Training Institute/Special Education, Minnesota: University of Minnesota, Minneapolis.
Udin S Winatapura. (1993). Materi Pokok Strategi Belajar Mengajar IPA. Jakarta: Depdikbud.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.