PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KONTRUKTIVISME TERHADAP PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP FISIKA PADA MATERI PEMANASAN GLOBAL KELAS XI IA SMA NEGERI 4 BANDA ACEH

  • Musdar Musdar Universitas Serambi Mekkah
    (ID)
  • Muzakkir Muzakkir SMA Negeri 4 Banda Aceh
    (ID)

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk ingin mengetahui pengaruh model pembelajatan konstruktivisme terhadap peningkatan pemahaman konsep siswa dengan menggunakan metode penelitian kuantitatif serta sampel yang terdiri dari kelas eksperimen sebanyak 27 siswa serta untuk kelas kontrol sebanyak 27 siswa juga diperoleh hasil dengan nilai rata rata kelas sebesar 70,74 serta untuk kelas kontrol sebanyak 63,48 berdasarkan analisis data serta pembahasan maka diambil suatu kesepakatan bahwa model pembelajaran konstruktivisme dapat meningkatkan pemahaman konsep Fisika pada materi Pemanasan global

Kata kunci: Konstruktivisme, konsep fisika,


Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Musdar Musdar, Universitas Serambi Mekkah
Pendidikan Fisika Universitas Serambi Mekkah
Muzakkir Muzakkir, SMA Negeri 4 Banda Aceh
SMA Negeri 4 Banda Ace

References

Arikunto, S. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Edisi Revisi 6. Jakarta: Rineka Cipta.

Budiningsih, A. 2004. Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Rineka Cipta.

Dian, N. 2011. Penerapan Model Pembelajaran Kontruktivisme Dengan Menggunakan Virtual Laboratory. Jurnal penelitian pendidikan. Vol 5. No 3.

Fitriani, A. 2014. Pengaruh Model Pembelajaran Kontruktivisme Menggunakan Komputer Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pesawat Sederhana. Yogyakarta: Kanisius. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran. Vol 6. No 2

Hapsari, T, Rr. 2010. Penerapan Model Pembelajaran Kontruktivisme Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA. Jurnal Pendidikan Penabur. Vol 10. No 16.

Karli, H. 2003. Model-model Pembelajaran. Bandung: Bina Media Informasi.

Marlon, S. 2013. Penerapan Model Pembelajaran Kontruktivisme Untuk Meningkatkan Kemampuan Mengidentivikasi Karakteristik Inti Atom dan Radio Aktif Pada Pelajaran Fisika Inti di Kelas XII IPA 3 SMA Negeri 12 Medan. Jurnal Inpafi. Vol 3. No 2.

Sudjana, N. 2005. Strategi Pembelajaran.Edisi Revisi. Cetakan Keempat. Bandung: Falah Production.

Sudijono, A. 2012. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Sugiyono. 2011. Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif R dan D. Bandung: Alfabeta.

Syah, M. 2010. Pisikologi Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.

Suyitno, A. 2004. Dasar-dasar dan Proses Pembelajaran. Semarang: FMIPA UNNES.

Trianto. 2007. Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi konruktivistik. Jakarta: Prestasi Jakarta.

Widodo. 2015. Efektivitas Pembelajaran Kontruktivisme Terhadap Kemampuan Memecahkan Masalah Dalam Pembelajaran Fisika Siswa Kelas VIII SMP Kota Yogyak Karta: Jurnal Edokasi. Vol 1. No 3

Published
2019-09-07
How to Cite
Musdar, M., & Muzakkir, M. (2019). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KONTRUKTIVISME TERHADAP PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP FISIKA PADA MATERI PEMANASAN GLOBAL KELAS XI IA SMA NEGERI 4 BANDA ACEH. JPF (Jurnal Pendidikan Fisika) Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, 7(2), 122-126. https://doi.org/10.24252/jpf.v7i2.5227
Section
Articles
Abstract viewed = 419 times