PERBANDINGAN SELF DISCLOSURE MELALUI MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION DENGAN THINK PAIR AND SHARE
Abstract
Penelitian ini termasuk penelitian eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya perbedaan self disclosure peserta didik yang menggunakan model pembelajaran group investigation dan think pair share pada kelas XI IPA SMA Negeri 1 Mangarabombang.Hasil analisis inferensial yang menggunakan uji t dengan rumus polled varians menunjukkan bahwa nilai t hitung lebih besar daripada nilai t table (2,991˃2,009) sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Artinya terdapat perbedaan yang signifikan antara self disclosure peserta didik yang menggunakan model pembelajaran think pair share dengan peserta didik yang menggunakan model pembelajaran group investigation di mana model pembelajaran group investigation memiliki dampak yang lebih besar dalam mempengaruhi keadaan self disclosure peserta didik kelas XI IPA SMA Negeri 1 Mangarabombang daripada model pembelajaran think pair share.Hal ini disebabkan oleh latar belakang kultur peserta didik yang erat dengan semangat kegotongroyongan..Downloads
References
Aunurrahman. 2012. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
Budyanta dan Ganiem. 2011. Teori Komunikasi Antarpribadi. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Devito, Joseph A. 2009. The Interpersonal Communication Book. New York: Pearson.
Janasz, et all. 2009. Interpersonal Skills in Organizations. Singapore: Mc Graw – Hill International Edition.
Mulyatiningsih, Endang. 2013. Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Purwanto, Ngalim. 2011. Psikologi Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Riduwan. 2009. Skala Pengukuran Variabel-variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2012. Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Trianto. 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.